Nabillah A

13 Agustus 2024 03:02

Iklan

Nabillah A

13 Agustus 2024 03:02

Pertanyaan

apakah suatu unsur jika di reaksikan akan menghasilkan zat sisa dan zat sisa tersebut hanya satu unsur?

apakah suatu unsur jika di reaksikan akan menghasilkan zat sisa dan zat sisa tersebut hanya satu unsur?

 

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

17

:

15

:

05

Klaim

23

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

13 Agustus 2024 07:14

Jawaban terverifikasi

Penjelasan: Pertanyaan ini menanyakan tentang sifat dasar unsur dan bagaimana unsur bereaksi dalam reaksi kimia. Untuk menjawabnya, kita perlu memahami definisi unsur dan bagaimana unsur bereaksi. Unsur adalah zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Unsur tersusun atas atom-atom yang memiliki jumlah proton yang sama dalam inti atomnya. Contoh unsur adalah hidrogen (H), oksigen (O), dan karbon (C). Dalam reaksi kimia, unsur-unsur dapat bereaksi satu sama lain untuk membentuk senyawa baru. Senyawa adalah zat yang tersusun atas dua atau lebih unsur yang terikat secara kimia. Misalnya, air (H₂O) adalah senyawa yang tersusun atas unsur hidrogen dan oksigen. Ketika suatu unsur bereaksi, atom-atom unsur tersebut akan bergabung dengan atom-atom unsur lain untuk membentuk senyawa baru. Namun, atom-atom unsur tersebut tidak akan berubah menjadi atom-atom unsur lain. Artinya, zat sisa yang dihasilkan dari reaksi kimia tersebut akan tetap mengandung atom-atom unsur yang sama dengan unsur awal. Sebagai contoh, jika kita mereaksikan unsur hidrogen (H₂) dengan unsur oksigen (O₂), maka akan dihasilkan air (H₂O). Dalam reaksi ini, atom-atom hidrogen dan oksigen bergabung untuk membentuk molekul air. Namun, atom-atom hidrogen dan oksigen tetap menjadi atom-atom hidrogen dan oksigen. Tidak ada atom hidrogen yang berubah menjadi atom oksigen atau sebaliknya. Jadi, jawabannya adalah ya, suatu unsur jika direaksikan akan menghasilkan zat sisa yang hanya terdiri dari satu unsur. Hal ini karena unsur merupakan zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Atom-atom unsur tersebut hanya akan bergabung dengan atom-atom unsur lain untuk membentuk senyawa baru, tetapi tidak akan berubah menjadi atom-atom unsur lain.


Iklan

BimBim B

13 Agustus 2024 15:12

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam reaksi kimia, suatu unsur dapat bereaksi dan menghasilkan zat sisa yang berupa satu atau lebih unsur.</p><p>&nbsp;</p><p>Contoh: Jika unsur magnesium (Mg) direaksikan dengan oksigen (O₂), hasilnya adalah magnesium oksida (MgO). Di sini, zat sisa utama adalah magnesium oksida yang merupakan senyawa dan bukan lagi unsur tunggal. Namun, jika reaksi pembakaran tidak sempurna atau ada dekomposisi lanjutan, magnesium oksida dapat terurai menjadi magnesium (unsur tunggal) dan oksigen (unsur tunggal). Dalam kondisi tertentu, bisa saja hanya satu unsur yang tersisa.</p>

Dalam reaksi kimia, suatu unsur dapat bereaksi dan menghasilkan zat sisa yang berupa satu atau lebih unsur.

 

Contoh: Jika unsur magnesium (Mg) direaksikan dengan oksigen (O₂), hasilnya adalah magnesium oksida (MgO). Di sini, zat sisa utama adalah magnesium oksida yang merupakan senyawa dan bukan lagi unsur tunggal. Namun, jika reaksi pembakaran tidak sempurna atau ada dekomposisi lanjutan, magnesium oksida dapat terurai menjadi magnesium (unsur tunggal) dan oksigen (unsur tunggal). Dalam kondisi tertentu, bisa saja hanya satu unsur yang tersisa.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan