Zahra E

28 Januari 2024 14:51

Iklan

Iklan

Zahra E

28 Januari 2024 14:51

Pertanyaan

Apakah sebuah prosedur bisa dikatakan sebuah fungsi, atau sebaliknya? Jelaskan.


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 05:01

Jawaban terverifikasi

<p>Prosedur dan fungsi adalah dua konsep yang terkait dalam pemrograman, tetapi mereka memiliki perbedaan yang dapat dibedakan.</p><p><strong>Prosedur:</strong></p><ul><li>Prosedur biasanya merujuk pada serangkaian langkah atau tindakan yang dilakukan dalam urutan tertentu untuk mencapai suatu tujuan atau menyelesaikan suatu tugas.</li><li>Prosedur cenderung bersifat umum dan dapat digunakan di beberapa bagian dalam suatu program.</li><li>Prosedur tidak selalu mengembalikan nilai, dan fokus utamanya adalah pada eksekusi langkah-langkah tertentu.</li></ul><p><strong>Fungsi:</strong></p><ul><li>Fungsi, di sisi lain, adalah blok kode yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu dan mengembalikan nilai setelah selesai dieksekusi.</li><li>Fungsi memiliki input (parameter) dan output (nilai kembalian) yang ditentukan.</li><li>Fungsi dapat dipandang sebagai jenis khusus dari prosedur yang memberikan nilai kembali kepada pemanggilnya.</li></ul>

Prosedur dan fungsi adalah dua konsep yang terkait dalam pemrograman, tetapi mereka memiliki perbedaan yang dapat dibedakan.

Prosedur:

  • Prosedur biasanya merujuk pada serangkaian langkah atau tindakan yang dilakukan dalam urutan tertentu untuk mencapai suatu tujuan atau menyelesaikan suatu tugas.
  • Prosedur cenderung bersifat umum dan dapat digunakan di beberapa bagian dalam suatu program.
  • Prosedur tidak selalu mengembalikan nilai, dan fokus utamanya adalah pada eksekusi langkah-langkah tertentu.

Fungsi:

  • Fungsi, di sisi lain, adalah blok kode yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu dan mengembalikan nilai setelah selesai dieksekusi.
  • Fungsi memiliki input (parameter) dan output (nilai kembalian) yang ditentukan.
  • Fungsi dapat dipandang sebagai jenis khusus dari prosedur yang memberikan nilai kembali kepada pemanggilnya.

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

15 Februari 2024 01:56

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan ini berkaitan dengan konsep dasar dalam pemrograman, yaitu fungsi dan prosedur. Fungsi dan prosedur adalah dua konsep yang berbeda dalam pemrograman. Fungsi adalah blok kode yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu dan dapat mengembalikan nilai. Fungsi biasanya digunakan ketika sebuah operasi diharapkan untuk menghasilkan suatu nilai output. Sementara itu, prosedur adalah blok kode yang melakukan tugas tertentu tetapi tidak mengembalikan nilai. Prosedur biasanya digunakan untuk operasi yang tidak memerlukan nilai kembali, seperti mencetak ke layar atau melakukan perubahan pada variabel global. Penjelasan: 1. Fungsi dan prosedur keduanya adalah blok kode yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu. 2. Fungsi dapat mengembalikan nilai, sementara prosedur tidak. 3. Fungsi biasanya digunakan untuk operasi yang diharapkan menghasilkan output, sementara prosedur digunakan untuk operasi yang tidak memerlukan output. Kesimpulan: Sebuah prosedur tidak bisa dikatakan sebagai fungsi, dan sebaliknya. Keduanya memiliki peran dan penggunaan yang berbeda dalam pemrograman. Semoga penjelasan ini membantu Anda πŸ™‚


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan tentang menganalisis tetang konsep karakter holistik

0

0.0

Jawaban terverifikasi