Rahmatusifa A

13 Mei 2024 11:51

Iklan

Iklan

Rahmatusifa A

13 Mei 2024 11:51

Pertanyaan

Apakah perubahan wujud pada agar agar dan reaksi yang terjadi pada air accu berkaitan dengan reaksi redoks


7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Mei 2024 12:54

Jawaban terverifikasi

<p>Ya, perubahan wujud pada agar-agar dan reaksi yang terjadi pada air accu (air oksigen) dapat dikaitkan dengan reaksi redoks (reduksi-oksigen).</p><p>1. Perubahan Wujud pada Agar-Agar:<br>&nbsp; Ketika agar-agar dipanaskan, ia akan berubah dari keadaan padat menjadi cair. Proses ini adalah perubahan fisik yang disebut dengan melelehnya agar-agar. Ini adalah perubahan wujud dan tidak melibatkan perubahan kimia atau reaksi redoks.</p><p>2. Reaksi yang Terjadi pada Air Accu (Air Oksigen):<br>&nbsp; Air accu, atau air oksigen, terlibat dalam proses oksidasi dan reduksi. Ketika air accu bereaksi dengan zat lain, terjadi reaksi redoks di mana oksigen mengalami oksidasi (kehilangan elektron) dan zat lain mengalami reduksi (penambahan elektron).</p><p>&nbsp; Contohnya, dalam proses elektrolisis air, air accu dipecah menjadi hidrogen dan oksigen melalui reaksi redoks berikut:<br>&nbsp; 2H2O(l) → 2H2(g) + O2(g)</p><p>Dalam reaksi ini, air (H2O) dioksidasi menjadi oksigen (O2), sementara hidrogen (H2) direduksi menjadi gas hidrogen. Ini adalah contoh reaksi redoks di mana oksigen mengalami oksidasi dan hidrogen mengalami reduksi.</p><p>Jadi, sementara perubahan wujud pada agar-agar adalah perubahan fisik yang tidak melibatkan reaksi kimia, reaksi yang terjadi pada air accu (air oksigen) terkait dengan reaksi redoks di mana oksigen mengalami oksidasi.</p>

Ya, perubahan wujud pada agar-agar dan reaksi yang terjadi pada air accu (air oksigen) dapat dikaitkan dengan reaksi redoks (reduksi-oksigen).

1. Perubahan Wujud pada Agar-Agar:
  Ketika agar-agar dipanaskan, ia akan berubah dari keadaan padat menjadi cair. Proses ini adalah perubahan fisik yang disebut dengan melelehnya agar-agar. Ini adalah perubahan wujud dan tidak melibatkan perubahan kimia atau reaksi redoks.

2. Reaksi yang Terjadi pada Air Accu (Air Oksigen):
  Air accu, atau air oksigen, terlibat dalam proses oksidasi dan reduksi. Ketika air accu bereaksi dengan zat lain, terjadi reaksi redoks di mana oksigen mengalami oksidasi (kehilangan elektron) dan zat lain mengalami reduksi (penambahan elektron).

  Contohnya, dalam proses elektrolisis air, air accu dipecah menjadi hidrogen dan oksigen melalui reaksi redoks berikut:
  2H2O(l) → 2H2(g) + O2(g)

Dalam reaksi ini, air (H2O) dioksidasi menjadi oksigen (O2), sementara hidrogen (H2) direduksi menjadi gas hidrogen. Ini adalah contoh reaksi redoks di mana oksigen mengalami oksidasi dan hidrogen mengalami reduksi.

Jadi, sementara perubahan wujud pada agar-agar adalah perubahan fisik yang tidak melibatkan reaksi kimia, reaksi yang terjadi pada air accu (air oksigen) terkait dengan reaksi redoks di mana oksigen mengalami oksidasi.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perubahan muka Bumi yang terjadi karenatenaga endogen diikuti dengan gempa. Inilahsalah satu bukti adanya tenaga-tenaga dari dalam Bumi. Bahkan dalam aktivitas vulkanisme, frekuensiterjadinya gempa menjadi indikator tingkat keaktifan suatu gunung api. Hal tersebut terjadikarena A.Adanya gerakan ekplosif B.adanya intrusi magma C.adanya gerakan efusi D.proses ekstrusi magma

5

0.0

Jawaban terverifikasi