Manda P

25 April 2024 03:26

Iklan

Iklan

Manda P

25 April 2024 03:26

Pertanyaan

apa yang terjadi pada saat seseorang memegang benda panas namun bagian akson pada sel saraf tangannya mengalami kerusakan?

apa yang terjadi pada saat seseorang memegang benda panas namun bagian akson pada sel saraf tangannya mengalami kerusakan?


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Agnes D

25 April 2024 10:39

Jawaban terverifikasi

<p>jika bagian akson pada sel saraf tangannya mengalami kerusakan, proses pengiriman sinyal dari sensor panas ke otak bisa terganggu. Ini bisa mengakibatkan penurunan sensitivitas terhadap rasa panas, atau bahkan kehilangan sensasi panas sepenuhnya pada bagian yang terpengaruh. Selain itu, kerusakan akson juga bisa menyebabkan rasa sakit kronis atau gangguan sensorik lainnya pada area tersebut.</p>

jika bagian akson pada sel saraf tangannya mengalami kerusakan, proses pengiriman sinyal dari sensor panas ke otak bisa terganggu. Ini bisa mengakibatkan penurunan sensitivitas terhadap rasa panas, atau bahkan kehilangan sensasi panas sepenuhnya pada bagian yang terpengaruh. Selain itu, kerusakan akson juga bisa menyebabkan rasa sakit kronis atau gangguan sensorik lainnya pada area tersebut.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 April 2024 03:07

Jawaban terverifikasi

<p>Ketika seseorang memegang benda panas dan bagian akson pada sel saraf di tangannya mengalami kerusakan, hal tersebut dapat mengganggu transmisi sinyal dari saraf sensorik ke otak. Akson merupakan bagian dari neuron yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal listrik dari badan sel neuron ke terminal saraf atau ke neuron lainnya.</p><p>Kerusakan pada akson dapat mengganggu kemampuan neuron untuk mengirimkan sinyal dengan efisien. Dalam konteks memegang benda panas, jika akson pada saraf sensorik yang terhubung dengan kulit tangan mengalami kerusakan, maka saraf tersebut mungkin tidak lagi mampu mengirimkan sinyal yang memicu respons refleks tubuh untuk melepaskan benda panas atau menarik tangan dari sumber panas tersebut.</p><p>Selain itu, kerusakan pada akson juga dapat mengganggu persepsi nyeri. Saraf sensorik yang terganggu mungkin tidak mampu mengirimkan sinyal yang tepat ke otak untuk memberi tahu bahwa ada sensasi panas atau nyeri, yang dapat mengakibatkan kurangnya respons tubuh untuk menghindari atau merespons stimulus berbahaya.</p><p>Dalam kasus kerusakan saraf sensorik yang signifikan, dapat terjadi kehilangan sensasi atau penurunan sensitivitas terhadap suhu atau nyeri pada bagian tubuh yang terkena. Hal ini dapat berdampak pada kemampuan seseorang untuk merespons rangsangan berbahaya dan meningkatkan risiko cedera lebih lanjut.</p>

Ketika seseorang memegang benda panas dan bagian akson pada sel saraf di tangannya mengalami kerusakan, hal tersebut dapat mengganggu transmisi sinyal dari saraf sensorik ke otak. Akson merupakan bagian dari neuron yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal listrik dari badan sel neuron ke terminal saraf atau ke neuron lainnya.

Kerusakan pada akson dapat mengganggu kemampuan neuron untuk mengirimkan sinyal dengan efisien. Dalam konteks memegang benda panas, jika akson pada saraf sensorik yang terhubung dengan kulit tangan mengalami kerusakan, maka saraf tersebut mungkin tidak lagi mampu mengirimkan sinyal yang memicu respons refleks tubuh untuk melepaskan benda panas atau menarik tangan dari sumber panas tersebut.

Selain itu, kerusakan pada akson juga dapat mengganggu persepsi nyeri. Saraf sensorik yang terganggu mungkin tidak mampu mengirimkan sinyal yang tepat ke otak untuk memberi tahu bahwa ada sensasi panas atau nyeri, yang dapat mengakibatkan kurangnya respons tubuh untuk menghindari atau merespons stimulus berbahaya.

Dalam kasus kerusakan saraf sensorik yang signifikan, dapat terjadi kehilangan sensasi atau penurunan sensitivitas terhadap suhu atau nyeri pada bagian tubuh yang terkena. Hal ini dapat berdampak pada kemampuan seseorang untuk merespons rangsangan berbahaya dan meningkatkan risiko cedera lebih lanjut.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan apa yang bergabung pada tahap penggabungan di siklus lisogenik? mohon bantuannya untuk ujian besok ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

6

5.0

Jawaban terverifikasi