Avelia D

20 Maret 2024 12:14

Iklan

Iklan

Avelia D

20 Maret 2024 12:14

Pertanyaan

Apa yang harus dilakukan oleh kita sebagai generasi penerus bangsa agar dapat memberdayakan masyarakat supaya bisa bersaing ditengah-tengah Globalisasi?


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Zazaa Z

21 Maret 2024 02:55

Jawaban terverifikasi

Sebagai generasi penerus bangsa, kita dapat melakukan beberapa langkah untuk memberdayakan masyarakat agar dapat bersaing di tengah globalisasi: 1.Pendidikan yang berkualitas: Memastikan akses pendidikan yang merata dan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat sehingga mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di pasar global. 2.Pengembangan keterampilan: Memberikan pelatihan dan pendidikan lanjutan dalam bidang-bidang yang relevan dengan tuntutan pasar global, seperti teknologi informasi, keterampilan digital, dan kewirausahaan. 3.Pemberdayaan ekonomi lokal: Mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah serta koperasi lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat secara keseluruhan dan mengurangi kesenjangan ekonomi. 4.Inovasi dan teknologi: Mendorong inovasi dan adopsi teknologi terbaru dalam berbagai sektor ekonomi untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi. 5.Penguatan infrastruktur: Memperbaiki infrastruktur dasar seperti transportasi, energi, dan telekomunikasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan aksesibilitas global. 6.Kesadaran akan tantangan global: Mengedukasi masyarakat tentang tantangan dan peluang yang terkait dengan globalisasi, serta pentingnya adaptasi dan kolaborasi dalam menghadapinya. Dengan langkah-langkah tersebut, kita dapat memberdayakan masyarakat untuk bersaing secara lebih efektif di era globalisasi dan memastikan pembangunan yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 05:00

Jawaban terverifikasi

<p>Sebagai generasi penerus bangsa, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk memberdayakan masyarakat agar bisa bersaing di tengah-tengah globalisasi:</p><p><strong>Pendidikan Berkualitas</strong>: Mendorong dan mendukung peningkatan akses dan kualitas pendidikan bagi semua lapisan masyarakat. Pendidikan yang berkualitas akan membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di era globalisasi.</p><p><strong>Pemberdayaan Ekonomi</strong>: Mendorong kewirausahaan dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Memberikan pelatihan, bantuan modal, dan akses pasar bagi pelaku usaha lokal untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar global.</p><p><strong>Pengembangan Infrastruktur</strong>: Mendukung pembangunan infrastruktur yang memadai, terutama di daerah-daerah terpencil atau kurang berkembang. Infrastruktur yang baik, seperti jaringan transportasi dan telekomunikasi yang modern, akan membantu meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas masyarakat terhadap pasar global.</p><p><strong>Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)</strong>: Mendorong penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pendidikan, bisnis, dan pemerintahan. Penggunaan TIK akan mempercepat akses terhadap informasi dan memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pasar global secara lebih efektif.</p><p><strong>Peningkatan Keterampilan dan Keahlian</strong>: Memberikan pelatihan dan pendidikan vokasional yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja global. Peningkatan keterampilan dan keahlian akan meningkatkan daya saing tenaga kerja lokal di pasar global.</p><p><strong>Peningkatan Kesadaran akan Lingkungan</strong>: Mendorong kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan pelestarian lingkungan. Mengembangkan praktik-praktik ekonomi dan produksi yang ramah lingkungan akan membantu masyarakat untuk tetap bersaing dalam jangka panjang di era globalisasi yang semakin berkelanjutan.</p><p><strong>Kolaborasi dan Kemitraan</strong>: Mendorong kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, dan lembaga internasional untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang muncul dalam era globalisasi.</p><p><br>&nbsp;</p>

Sebagai generasi penerus bangsa, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk memberdayakan masyarakat agar bisa bersaing di tengah-tengah globalisasi:

Pendidikan Berkualitas: Mendorong dan mendukung peningkatan akses dan kualitas pendidikan bagi semua lapisan masyarakat. Pendidikan yang berkualitas akan membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di era globalisasi.

Pemberdayaan Ekonomi: Mendorong kewirausahaan dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Memberikan pelatihan, bantuan modal, dan akses pasar bagi pelaku usaha lokal untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar global.

Pengembangan Infrastruktur: Mendukung pembangunan infrastruktur yang memadai, terutama di daerah-daerah terpencil atau kurang berkembang. Infrastruktur yang baik, seperti jaringan transportasi dan telekomunikasi yang modern, akan membantu meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas masyarakat terhadap pasar global.

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Mendorong penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pendidikan, bisnis, dan pemerintahan. Penggunaan TIK akan mempercepat akses terhadap informasi dan memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pasar global secara lebih efektif.

Peningkatan Keterampilan dan Keahlian: Memberikan pelatihan dan pendidikan vokasional yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja global. Peningkatan keterampilan dan keahlian akan meningkatkan daya saing tenaga kerja lokal di pasar global.

Peningkatan Kesadaran akan Lingkungan: Mendorong kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan pelestarian lingkungan. Mengembangkan praktik-praktik ekonomi dan produksi yang ramah lingkungan akan membantu masyarakat untuk tetap bersaing dalam jangka panjang di era globalisasi yang semakin berkelanjutan.

Kolaborasi dan Kemitraan: Mendorong kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, dan lembaga internasional untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang muncul dalam era globalisasi.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan apa maksud dari salah satu dampak positif konflik sosial dalam masyarakat sebagai berikut: mendorong perubahan dan dinamika sosial ke arah baru yang lebih terbuka dan demokratis

22

5.0

Jawaban terverifikasi