Jabbar V

10 Juli 2024 11:12

Iklan

Jabbar V

10 Juli 2024 11:12

Pertanyaan

Aplikasi Ruangguru merupakan bimbingan belajar secara online dan bisa diakses kapan saja. Namun di sekolah pendidikan Indonesia, guru tidak menerapkan apk Ruangguru untuk keperluan siswa. Padahal Aplikasi Ruangguru memiliki fitur lengkap, seperti materi belajar di video dan quiz soal pilihan ganda. Bahkan kalau mau bayar, harganya kurang dari Rp 600.000/tahun. Cara memanfaatkan yang baik dan benar : [1] Guru tetap menjelaskan materi seperti biasa. (Di papan tulis) [2] Usahakan Guru jangan langsung tanya ke siswa. Karena siswa sendiri belum tahu tentang materi baru. Kecuali siswa sudah paham. [3] Siswa yang belum paham, bisa membuka apk Ruangguru, untuk melihat materi yang sesuai dengan penjelasan guru di sekolah. [4] Kadang guru akan membuat sebuah quiz berdasarkan materi yang sudah dibahas tadi. Agar siswa bisa lebih memahami dan siap untuk ujian akhir semester nanti. (Ujian berlaku pada kenaikan kelas saja) [5] Apk Ruangguru gak hanya siswa saja. Tetapi guru pun bisa melihat kembali video materi RG sesuai gelar guru masing-masing. [6] Dengan Apk Ruangguru, PR sekolah ini akan semakin jarang diberikan dan memiliki luang waktu untuk bersosialisasi bersama siswa lain. (PR hanya berlaku : Bahasa Indonesia, MTK, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris) Berdasarkan cerita diatas, apa saja : 1) penyebab guru tidak tersentuh dengan aplikasi Ruangguru? 2) kesimpulannya dan apa yang dirasakan oleh siswa & gurunya? Silakan dijawab.

Aplikasi Ruangguru merupakan bimbingan belajar secara online dan bisa diakses kapan saja. Namun di sekolah pendidikan Indonesia, guru tidak menerapkan apk Ruangguru untuk keperluan siswa. Padahal Aplikasi Ruangguru memiliki fitur lengkap, seperti materi belajar di video dan quiz soal pilihan ganda. Bahkan kalau mau bayar, harganya kurang dari Rp 600.000/tahun.

Cara memanfaatkan yang baik dan benar :

[1] Guru tetap menjelaskan materi seperti biasa. (Di papan tulis) 

[2] Usahakan Guru jangan langsung tanya ke siswa. Karena siswa sendiri belum tahu tentang materi baru. Kecuali siswa sudah paham. 

[3] Siswa yang belum paham, bisa membuka apk Ruangguru, untuk melihat materi yang sesuai dengan penjelasan guru di sekolah.

[4] Kadang guru akan membuat sebuah quiz berdasarkan materi yang sudah dibahas tadi. Agar siswa bisa lebih memahami dan siap untuk ujian akhir semester nanti. (Ujian berlaku pada kenaikan kelas saja) 

[5] Apk Ruangguru gak hanya siswa saja. Tetapi guru pun bisa melihat kembali video materi RG sesuai gelar guru masing-masing. 

[6] Dengan Apk Ruangguru, PR sekolah ini akan semakin jarang diberikan dan memiliki luang waktu untuk bersosialisasi bersama siswa lain. (PR hanya berlaku : Bahasa Indonesia, MTK, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris)

 

Berdasarkan cerita diatas, apa saja : 

1) penyebab guru tidak tersentuh dengan aplikasi Ruangguru? 

2) kesimpulannya dan apa yang dirasakan oleh siswa & gurunya?

 

Silakan dijawab. 

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

10

:

38

:

48

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Natasya S

11 Juli 2024 11:30

Jawaban terverifikasi

<p>Izin jawab ya kak, sebelumnya ini saya mengatakan sebagai sudut pandang sebagai siswa dan sebatas dari informasi yang saya ketahui saja.&nbsp;<br>&nbsp;</p><p>mengapa guru tidak tersentuh dengan aplikasi ruang guru?</p><p>&nbsp;</p><p>Masih banyak guru yang bisa dibilang kolot (mereka masih memakai cara mengajat tipe lama yang informasinya berbasis dari buku paket yang disediakan sekolah, atau ppt lama atau sekedar materi dari google.)&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Yang kedua, setiap sekolah mempunyai tuntutan materi yang berbeda-beda. Bisa jadi materi yang diajarkan sekolah A lebih banyak dari sekolah B, atau materi yang sudah dipelajari oleh sekolah B di semester 1 masih akan dipelajari sekolah A di semester 2&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Yang ketiga, tidak semua siswa mampu kak (ini saya liat dari teman-teman saya sendiri) terkadang untuk uang jajan dan makan sehari-hari masih sangat ngepres, istilahnya (uang yang didapat sekarang habis untuk biaya hidup sekarang) meskipun bagi saya ataupun anda murah, tapi bagi beberapa orang, uang kurang dari 600rb itu sangat sulit didapatkan.&nbsp;<br>&nbsp;</p><p>Mungkin kalau dari kendalanya saya hanya bisa menjawab seperti itu sesuai kapasitas informasi saya yang masih awam (mungkin nanti bisa dikoreksi lagi.)&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>- Pengaruh Ruangguru bagi saya, jujur sangat membantu karena visual audionya sangat interaktif. Sehingga bisa belajar lebih mendetail dan bisa mengakses lebih dahulu materi yang belum diajarkan. Untuk saya sendiri biasanya aplikasi ruangguru sangat membantu &nbsp;untuk melatih dan mereview pelajaran di sekolah. (Namun saya perlu mencatat materi-materi yang penting agar tidak cepat lupa, masih butuh kertas untuk mengingat.)&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Mungkin itu saja jawaban dari saya, semoga bisa sedikit membantu 🙏🏻</p><p>&nbsp;</p>

Izin jawab ya kak, sebelumnya ini saya mengatakan sebagai sudut pandang sebagai siswa dan sebatas dari informasi yang saya ketahui saja. 
 

mengapa guru tidak tersentuh dengan aplikasi ruang guru?

 

Masih banyak guru yang bisa dibilang kolot (mereka masih memakai cara mengajat tipe lama yang informasinya berbasis dari buku paket yang disediakan sekolah, atau ppt lama atau sekedar materi dari google.) 

 

Yang kedua, setiap sekolah mempunyai tuntutan materi yang berbeda-beda. Bisa jadi materi yang diajarkan sekolah A lebih banyak dari sekolah B, atau materi yang sudah dipelajari oleh sekolah B di semester 1 masih akan dipelajari sekolah A di semester 2 

 

Yang ketiga, tidak semua siswa mampu kak (ini saya liat dari teman-teman saya sendiri) terkadang untuk uang jajan dan makan sehari-hari masih sangat ngepres, istilahnya (uang yang didapat sekarang habis untuk biaya hidup sekarang) meskipun bagi saya ataupun anda murah, tapi bagi beberapa orang, uang kurang dari 600rb itu sangat sulit didapatkan. 
 

Mungkin kalau dari kendalanya saya hanya bisa menjawab seperti itu sesuai kapasitas informasi saya yang masih awam (mungkin nanti bisa dikoreksi lagi.) 

 

- Pengaruh Ruangguru bagi saya, jujur sangat membantu karena visual audionya sangat interaktif. Sehingga bisa belajar lebih mendetail dan bisa mengakses lebih dahulu materi yang belum diajarkan. Untuk saya sendiri biasanya aplikasi ruangguru sangat membantu  untuk melatih dan mereview pelajaran di sekolah. (Namun saya perlu mencatat materi-materi yang penting agar tidak cepat lupa, masih butuh kertas untuk mengingat.) 

 

Mungkin itu saja jawaban dari saya, semoga bisa sedikit membantu 🙏🏻

 


Athayah A

27 Juli 2024 03:34

nznhsk

Iklan

Prast P

12 Juli 2024 17:25

Jawaban terverifikasi

<p>1) Penyebab guru tidak tersentuh dengan ruang guri karena perbedaan kultur mengajar di suatu daerah</p><p>Semisal daerah yg sangat susah sinyal, seperti di pedalamanw atau daerah yang sangat jauh dari ibukota provinsi tidak akan bisa mengakses ruang guru dengan mudah, ditambah lagi koneksi jaringan yang putus nyambung putus nyambung</p><p>Ada juga karena perbedaan prinsip peraturan yang diberlakukan di suatu daerah</p><p>Ada yang lebih mengutamakan praktek daripada teori, ada juga yang mementingkan teori daripada praktek, ada juga yang mementingkan kedua duanya tapi tidak pernah latihan soal. Hal itu membuat guru sangat fleksibel terhadap materi yang akan diajarkan</p><p>Lalu ada juga karena harga 600 ribu tidak semua orang mampu, apalagi jika diwajibkan membayar untuk aplikasi ruang guru maka akan terjadi demo dari para wali murid karena paksaan untuk menggunakan aplikasi ruang guru yang berbayar</p><p>&nbsp;</p><p>2.) Hal yang dirasakan oleh siswa dan murid tentu saja tergantung dari aspek kehidupan sehari²nya</p><p>Jika seseorang hidup di lingkungan kota, pelajaran olahraga mau tidak mau hanya memiliki tempat terbatas, tidak terbuka hijau seperti di pedasaan, hal ini juga berbanding terbalik dibandingkan dengan ruang terbuka hijau seperti di daerah daerah terpencil tapi sangat kekurangan sinyal, maka siswa akan sulit mengakses jaringan media sosial dan aplikasi yang dapat membantu mutu pendidikan siswa</p>

1) Penyebab guru tidak tersentuh dengan ruang guri karena perbedaan kultur mengajar di suatu daerah

Semisal daerah yg sangat susah sinyal, seperti di pedalamanw atau daerah yang sangat jauh dari ibukota provinsi tidak akan bisa mengakses ruang guru dengan mudah, ditambah lagi koneksi jaringan yang putus nyambung putus nyambung

Ada juga karena perbedaan prinsip peraturan yang diberlakukan di suatu daerah

Ada yang lebih mengutamakan praktek daripada teori, ada juga yang mementingkan teori daripada praktek, ada juga yang mementingkan kedua duanya tapi tidak pernah latihan soal. Hal itu membuat guru sangat fleksibel terhadap materi yang akan diajarkan

Lalu ada juga karena harga 600 ribu tidak semua orang mampu, apalagi jika diwajibkan membayar untuk aplikasi ruang guru maka akan terjadi demo dari para wali murid karena paksaan untuk menggunakan aplikasi ruang guru yang berbayar

 

2.) Hal yang dirasakan oleh siswa dan murid tentu saja tergantung dari aspek kehidupan sehari²nya

Jika seseorang hidup di lingkungan kota, pelajaran olahraga mau tidak mau hanya memiliki tempat terbatas, tidak terbuka hijau seperti di pedasaan, hal ini juga berbanding terbalik dibandingkan dengan ruang terbuka hijau seperti di daerah daerah terpencil tapi sangat kekurangan sinyal, maka siswa akan sulit mengakses jaringan media sosial dan aplikasi yang dapat membantu mutu pendidikan siswa


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Makna sila kedua Pancasila dalam perlakuan terhadap warga negara di dalam mengeluarkan pendapat berdasarkan Pasal 28 UUD NRI Tahun 1945 adalah a. siapa saja yang tinggal di Indonesia dapat mengeluarkan pendapat sesuai prosedur yang benar b. setiap orang yang memiliki domisill di Indonesia dapat mengeluarkan pendapat sesuai prosedur yang berlaku c. warga negara dapat menyampaikan pendapatnya di mana dan kapan pun untuk mengubah kebijakan dengan prosedur yang benar d. warga negara hanya boleh mengeluarkan pendapatnya di mana dan kapan pun jika sesuai dengan prosedur musyawarah e. warga negara dapat mengungkapkan seluruh pendapatnya sesuai

26

5.0

Jawaban terverifikasi

Kondisi kehidupan bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan belum stabil. Dibawah ini adalah penyabab ketidakstabilan kehidupan politik pada masa awal kemerdekaan, kecuali... A. Pertentangan antar partai B. Gangguan dari Belanda yang ingin berkuasa kembali C. Munculnya kesulitan ekonomi dan keuangan D. Terjadinya bentrokan antar etnis E. Munculnya gangguan keamanan dalam negeri 2. Pada tanggal 3 November 1945 diterbitkan maklumat pemerintah mengenai pendirian partai partai politik. Sebelum adanya maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945, Indonesia merencanakan satu partai tunggal yaitu... A. Masyumi D. PNI B. PKI E. NU C. PSI 3. Terbentuknya Kabinet Sjahrir tanggal 14 November 1945 merupakan suatu bentuk penyelewengan pertama pemerintah RI terhadap UUD 1945. Sejak tanggal 14 November 1945 Indonesia menganut sistem pemerintahan... A. Presidensial B. Liberalisme C. Parlementer D. Terpimpin E. Aristokrasi 4. Berdirinya partai partai politik telah mendorong Sutan Sjahrir yang berasal dari partai Sosialis untuk menghidupkan bentuk pemerintahan dengan cabinet parlementer. Hal ini dilakukan dengan alasan... A. agar perjuangan bangsa Indonesia mendapat dukungan dari negara negara barat B. mengikuti arus perpolitikan Indonesia yang mulai berkembang C. sesuai dengan perkembangan ideology di Indonesia D. sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 E. permintaan dari Presiden Soekarno. 5. Pada masa awal kemerdekaan, system pemerintahan berubah dari presidensial menjadi parlementer. Salah satu alasan dan pertimbangan perubahan system pemerintahan dari presidensial ke parlementer pada awal kemerdekaan adalah... A. Demokrasi bisa segera ditegakkan secara benar B. Parlementer sangat cocok untuk bangsa Indonesia C. Presidensial tidak sesuai dengan Indonesia yang multi etnis. D. Presidensial terlalu sulit untuk diterapkan dalam pemerintahan E. Mempermudah perundingan dengan Belanda 6. Sampai dengan awal tahun 1946, keadaan ibu kota Jakarta semakin kacau. Pemerintah terus didesak dan diteror oleh pemerintah asing.Pada saat ibukota dipindahkan ke Yogyakarta, Perdana Menteri Sjahrir masih berkedudukan di Jakarta untuk... A. menghadapi terror Belanda B. menjalankan roda pemerintahan dari pusat C. menghimpun kekuatan menghadapi Belanda D. menciptakan pemerintahan tandingan E. mengadakan hubungan dengan luar negeri 7. Kondisi kehidupan ekonomi bangsa Indonesia pada awal kemerdekaan tidak stabil. Keadaan ekonomi pada awal kemerdekaan mengalami kekacauan, salah satu factor penyebab antara lain... A. Adanya Blokade ekonomi oleh Belanda B. Rakyat Indonesia hanya mengandalkan pendapatan dalam pertanian . C. Banyaknya investor asing yang mengintervensi perekonomian Indonesia D. Rendahnya sumber daya manusia Indonesia dalam perekonomian E. Sering terjadi konflik horizontal dalam negeri Indonesia 8. Kondisi kehidupan ekonomi pada masa awal kemerdekaan tidak stabil karena terjadi inflasi. Terjadinya inflasi pada masa awal kemerdekaan disebabkan oleh... A. Indonesia belum memiliki mata uang yang sah B. Tentara Jepang masih menguasai sebagian besar sector ekonomi C. Terjadinya pertempuran pertempuran diberbagai daerah. D. Peredaran mata uang Jepang yang belum terkendali E. Munculnya perusahaan perusahaan asing milik Belanda 9. Indonesia harus dapat mengatasi permasalahan ekonomi yang dihadapi pada masa awal kemerdekaan. Salah satu upaya bangsa Indonesia dalam melakukan perbaikan ekonomi pada awal kemerdekaan dilakukan dengan cara ... A. Menaikkan pajak dan bea Cukai B. Meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan untuk diekspor C. Mengeluarkan mata uang sendiri (ORI) D. Mengisi kas pemerintah yang kosong E. Mengedarkan uang secara besar besaran. 10. Salah satu penyebab kacaunya kondisi perekonomian Indonesia pada masa awal kemerdekaan karena kas negara kosong. Upaya pemerintah Republik Indonesia mengisi kas negara yang kosong pada awal Kemerdekaan adalah ... A. Menasionalisasi De Javasche Bank B. Membuat kebijakan Gunting Syafruddin C. Mendevaluasi mata uang rupiah D. Sistim ekonomi Gerakan Benteng E. Menyelenggarakan pinjaman Nasional

202

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sahabat yang Tergadai Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di bangku sekolah yang sama, bahkan berbagi mimpi untuk bisa terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau sekadar mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan nyaman, penuh dengan canda tawa dan rasa kekeluargaan. Maya adalah teman yang selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi. Namun, suatu hari segalanya berubah. Ayah Maya, yang sebelumnya memiliki usaha sukses, mengalami kebangkrutan. Usahanya gulung tikar setelah dihadapkan pada masalah keuangan yang tak terduga. Keluarga Maya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru yang biasa mereka beli bersama di awal tahun ajaran. Kini, pakaian Maya tampak kusam, dan sepatu yang dia kenakan mulai berlubang di ujungnya. Pada awalnya, Rina tetap berteman dengan Maya seperti biasa. Mereka masih bertemu di sekolah, dan Rina sesekali mengundang Maya ke rumahnya. Namun, Rina mulai mendengar bisik-bisik dari teman-teman lainnya. "Kenapa masih berteman dengan Maya? Keluarganya sudah jatuh miskin. Nanti kamu jadi terlihat seperti dia." Salah seorang teman di kelas berkata dengan nada mengejek. Bisikan-bisikan itu semakin keras, bahkan beberapa di antaranya terang-terangan menertawakan Maya di depan Rina. Rina merasa tersudut. Di satu sisi, dia merasa bersalah kepada Maya, sahabatnya sejak kecil, yang tidak pernah memintanya apa-apa kecuali persahabatan tulus. Namun di sisi lain, dia merasa takut dijauhi oleh teman-teman lain yang mulai memandang rendah Maya. Rina mulai menjaga jarak. Suatu sore, Maya mendatangi Rina. "Kenapa kamu menjauh? Aku merindukanmu, Rina," Maya bertanya dengan mata yang penuh harap, mencoba mencari jawaban atas perubahan sikap sahabatnya. Rina menghindari tatapan Maya, menunduk dan berpura-pura sibuk dengan bukunya. "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya." Maya terdiam. Hatinya hancur. Dia tahu apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia berharap itu tidak benar. Namun, kenyataannya terlalu menyakitkan untuk diabaikan. Sejak itu Maya tak pernah lagi mengajak Rina berbicara. Mereka masih bertemu di sekolah, tetapi Maya belajar untuk menahan diri dari rasa sakit ditinggalkan. Waktu berlalu, dan pertemanan mereka tergerus oleh jarak yang diciptakan Rina. Suatu hari, sekolah mengadakan reuni kecil bagi siswa-siswa angkatan mereka. Maya, yang sekarang telah menemukan jalan hidupnya sendiri, datang dengan percaya diri. Dia tak lagi terjebak dalam bayang-bayang masa lalu. Rina melihat Maya dari jauh, merasa tertampar oleh keberadaan sahabatnya yang dulu. Maya telah tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan sukses, meski tanpa dirinya. Rina mendekat dengan perasaan bersalah. "Maya... maafkan aku." Maya menatapnya, senyumnya tenang. "Rina, aku sudah memaafkanmu sejak lama. Aku hanya belajar bahwa tidak semua hal bisa kita pertahankan, bahkan persahabatan. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa. Yang penting, kita tetap berdiri dan melanjutkan hidup." Rina menahan air matanya. Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia telah kehilangan lebih dari sekadar seorang sahabat. Dia telah kehilangan kesempatan untuk setia pada seseorang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Tapi, waktu tak bisa diputar kembali. Rina hanya bisa menerima kenyataan bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi. Maya pun berbalik dan melangkah pergi, meninggalkan Rina dalam kesunyian yang menyesakkan. Ubahlah cerpen tersebut menjadi sebuah adegan 1, adegan 2, adegan 3, dan adegan 4

85

0.0

Jawaban terverifikasi

Kerusakan Situs Gunung Padang Akibat Gempa Cianjur Kepala Berita: Gunung Padang yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat, mengalami kerusakan. Gunung Padang turut terdampak gempa bumi. Tubuh Berita: Dilansir detikJabar, Sabtu (26/11/2022), Koordinator Juru Pelihara Situs Gunung Padang, Nanang Sukmana, menjelaskan kerusakan Gunung Padang di bagian tourist information center (TIC), plafon TIC roboh akibat gempa. "Jadi yang rusak kantor TIC, itu pun hanya plafonnya yang jatuh. Kalau situs utamanya aman, tidak ada kerusakan apa pun," ucap Nanang, Sabtu (26/11/2022). Menurutnya, aktivitas wisata di Gunung Padang saat ini masih berjalan. Wisatawan dari luar daerah pun masih banyak yang berdatangan untuk melihat kemegahan struktur bangunan peninggalan leluhur itu. "Yang berkunjung masih banyak, terutama rombongan pelajar. Tapi tidak sebanyak sebelumnya, karena Cianjur masih berduka pascagempa," jelasnya. Ekor Berita: Gunung Padang merupakan situs megalitikum yang dibangun pada 5200 sebelum Masehi (SM). Situs dengan luas 291.800 meter persegi itu berlokasi di Kampung Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Gunung Padang juga ternyata mengarah ke Gunung Gede Pangrango di sebelah utara. Bahkan perhitungan arahnya sangat tepat, di mana Gunung Gede sebenarnya tidak persis berada di nol derajat arah utara, dan Gunung Padang sengaja dirahakan sesuai garis lurus dengan Gunung Gede Pangrango. Situs Gunung Padang dibuat menggunakan bebatuan kekar kolom (coloumnar joint) dengan bentuk persegi lima memanjang disusun dan bukan terbentuk secara alami. Carilah ciri kebahasaan dalam teks berita tersebut!!

32

0.0

Jawaban terverifikasi