Gianti R

25 Februari 2024 13:58

Iklan

Iklan

Gianti R

25 Februari 2024 13:58

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan senyawa aromatik, berikan 2 buah contohnya


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nico V

26 Februari 2024 02:36

Jawaban terverifikasi

<p>Senyawa aromatik adalah senyawa organik yang memiliki struktur cincin karbon yang khas, yang dikenal sebagai cincin aromatik. Cincin aromatik terdiri dari atom-atom karbon yang terhubung dalam rangkaian siklik yang stabil dan memiliki delokalisasi elektron di sepanjang cincin. Karakteristik utama dari senyawa aromatik adalah adanya ikatan rangkap konjugasi yang membentuk sistem pi elektron yang stabil.</p><p>&nbsp;</p><p>Ada 2 contoh senyawa aromatik meliputi:</p><p>1. Benzene (C6H6): Benzene adalah senyawa aromatik yang paling sederhana dan paling terkenal. Strukturnya terdiri dari cincin heksagonal yang memiliki tiga ikatan rangkap konjungsi. Benzene banyak digunakan sebagai bahan baku dalam industri kimia dan merupakan bagian integral dari berbagai produk seperti pelarut, plastik, dan obat-obatan.</p><p>2. Toluen (C7H8): Toluen, juga dikenal sebagai metilbenzena, adalah senyawa aromatik yang memiliki gugus metil (-CH3) yang terikat pada cincin benzene. Toluen digunakan secara luas sebagai pelarut dalam industri cat, bahan kimia, dan sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai senyawa kimia lainnya.</p>

Senyawa aromatik adalah senyawa organik yang memiliki struktur cincin karbon yang khas, yang dikenal sebagai cincin aromatik. Cincin aromatik terdiri dari atom-atom karbon yang terhubung dalam rangkaian siklik yang stabil dan memiliki delokalisasi elektron di sepanjang cincin. Karakteristik utama dari senyawa aromatik adalah adanya ikatan rangkap konjugasi yang membentuk sistem pi elektron yang stabil.

 

Ada 2 contoh senyawa aromatik meliputi:

1. Benzene (C6H6): Benzene adalah senyawa aromatik yang paling sederhana dan paling terkenal. Strukturnya terdiri dari cincin heksagonal yang memiliki tiga ikatan rangkap konjungsi. Benzene banyak digunakan sebagai bahan baku dalam industri kimia dan merupakan bagian integral dari berbagai produk seperti pelarut, plastik, dan obat-obatan.

2. Toluen (C7H8): Toluen, juga dikenal sebagai metilbenzena, adalah senyawa aromatik yang memiliki gugus metil (-CH3) yang terikat pada cincin benzene. Toluen digunakan secara luas sebagai pelarut dalam industri cat, bahan kimia, dan sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai senyawa kimia lainnya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan gurindam

0

0.0

Jawaban terverifikasi