Nefa A

02 Maret 2024 12:24

Iklan

Iklan

Nefa A

02 Maret 2024 12:24

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan pra diskusi,diskusi dan evaluasi hasil diskusi, dalam perencanaan pelaksanaan diskusi

apa yang dimaksud dengan pra diskusi,diskusi dan evaluasi hasil diskusi, dalam perencanaan pelaksanaan diskusi


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

02 Maret 2024 13:59

Jawaban terverifikasi

Pra diskusi merupakan tahap awal dalam perencanaan sebuah diskusi. Pada tahap ini, para pihak yang akan terlibat dalam diskusi menentukan beberapa hal seperti tujuan diskusi, tema yang akan dibahas, waktu, dan tempat pelaksanaan diskusi. Tujuan diskusi dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan tujuan dari setiap pihak yang terlibat. Tema yang dipilih harus relevan dengan tujuan diskusi dan menarik bagi peserta. Selain itu, pemilihan waktu dan tempat harus mempertimbangkan ketersediaan peserta serta kondisi logistik yang memadai. Diskusi sendiri adalah proses komunikasi yang melibatkan dua orang atau lebih untuk saling berbagi ide, pendapat, dan informasi. Diskusi dapat dilakukan secara langsung (face-to-face) maupun tidak langsung (melalui telepon, email, atau media sosial) dengan berbagai format seperti diskusi kelompok kecil, diskusi panel, atau diskusi kelompok besar. Sementara itu, evaluasi hasil diskusi merupakan proses penilaian terhadap apa yang telah dicapai selama diskusi. Evaluasi ini meliputi penilaian terhadap kualitas diskusi, efektivitas komunikasi, dan pencapaian tujuan diskusi. Kualitas diskusi dapat dinilai dari seberapa aktif peserta berpartisipasi, berbagi ide, dan mendengarkan pendapat orang lain. Efektivitas komunikasi dinilai dari seberapa baik peserta memahami dan menerima informasi yang disampaikan. Sedangkan pencapaian tujuan diskusi dapat dinilai dari sejauh mana peserta mencapai kesepakatan atau solusi terhadap masalah yang dibahas.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 06:19

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam perencanaan pelaksanaan diskusi, terdapat tiga tahap utama, yaitu pra diskusi, diskusi, dan evaluasi hasil diskusi.</p><p><strong>Pra Diskusi:</strong></p><ul><li><strong>Tujuan:</strong> Menetapkan tujuan atau hasil yang diharapkan dari diskusi. Apa yang ingin dicapai dengan melibatkan peserta dalam diskusi tersebut?</li><li><strong>Pemilihan Topik:</strong> Menentukan topik atau isu yang akan dibahas dalam diskusi. Topik ini harus relevan dengan tujuan pembelajaran atau pertemuan.</li><li><strong>Penyusunan Materi:</strong> Menyusun materi yang akan digunakan sebagai dasar diskusi. Ini dapat berupa bahan bacaan, pertanyaan panduan, atau materi presentasi.</li><li><strong>Persiapan Peserta:</strong> Memberikan informasi awal kepada peserta tentang topik diskusi, memotivasi mereka untuk berpartisipasi, dan memastikan pemahaman terkait dengan materi yang akan dibahas.</li></ul><p><strong>Diskusi:</strong></p><ul><li><strong>Fasilitasi Diskusi:</strong> Memimpin diskusi dengan memastikan peserta terlibat aktif, mendengarkan satu sama lain, dan mengembangkan gagasan bersama.</li><li><strong>Penggunaan Pertanyaan Panduan:</strong> Mengajukan pertanyaan yang merangsang pemikiran kritis, memotivasi peserta untuk berkontribusi, dan membimbing arah diskusi.</li><li><strong>Manajemen Waktu:</strong> Mengelola waktu diskusi dengan efisien agar semua aspek yang direncanakan dapat tercapai.</li><li><strong>Promosi Partisipasi:</strong> Mendorong partisipasi dari semua peserta, memastikan bahwa berbagai perspektif didengar, dan menghindari dominasi oleh satu atau beberapa peserta.</li></ul><p><strong>Evaluasi Hasil Diskusi:</strong></p><ul><li><strong>Evaluasi Proses:</strong> Mengevaluasi bagaimana proses diskusi berlangsung, termasuk sejauh mana peserta terlibat, berkomunikasi, dan mencapai tujuan diskusi.</li><li><strong>Evaluasi Hasil:</strong> Menilai apakah tujuan diskusi telah tercapai. Apakah peserta memahami topik dengan lebih baik? Apakah ide-ide baru muncul? Evaluasi ini dapat melibatkan umpan balik dari peserta, analisis materi yang dihasilkan, atau pemantauan terhadap perubahan sikap atau pengetahuan.</li></ul>

Dalam perencanaan pelaksanaan diskusi, terdapat tiga tahap utama, yaitu pra diskusi, diskusi, dan evaluasi hasil diskusi.

Pra Diskusi:

  • Tujuan: Menetapkan tujuan atau hasil yang diharapkan dari diskusi. Apa yang ingin dicapai dengan melibatkan peserta dalam diskusi tersebut?
  • Pemilihan Topik: Menentukan topik atau isu yang akan dibahas dalam diskusi. Topik ini harus relevan dengan tujuan pembelajaran atau pertemuan.
  • Penyusunan Materi: Menyusun materi yang akan digunakan sebagai dasar diskusi. Ini dapat berupa bahan bacaan, pertanyaan panduan, atau materi presentasi.
  • Persiapan Peserta: Memberikan informasi awal kepada peserta tentang topik diskusi, memotivasi mereka untuk berpartisipasi, dan memastikan pemahaman terkait dengan materi yang akan dibahas.

Diskusi:

  • Fasilitasi Diskusi: Memimpin diskusi dengan memastikan peserta terlibat aktif, mendengarkan satu sama lain, dan mengembangkan gagasan bersama.
  • Penggunaan Pertanyaan Panduan: Mengajukan pertanyaan yang merangsang pemikiran kritis, memotivasi peserta untuk berkontribusi, dan membimbing arah diskusi.
  • Manajemen Waktu: Mengelola waktu diskusi dengan efisien agar semua aspek yang direncanakan dapat tercapai.
  • Promosi Partisipasi: Mendorong partisipasi dari semua peserta, memastikan bahwa berbagai perspektif didengar, dan menghindari dominasi oleh satu atau beberapa peserta.

Evaluasi Hasil Diskusi:

  • Evaluasi Proses: Mengevaluasi bagaimana proses diskusi berlangsung, termasuk sejauh mana peserta terlibat, berkomunikasi, dan mencapai tujuan diskusi.
  • Evaluasi Hasil: Menilai apakah tujuan diskusi telah tercapai. Apakah peserta memahami topik dengan lebih baik? Apakah ide-ide baru muncul? Evaluasi ini dapat melibatkan umpan balik dari peserta, analisis materi yang dihasilkan, atau pemantauan terhadap perubahan sikap atau pengetahuan.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan magnet

0

0.0

Jawaban terverifikasi