Hendra H

15 Maret 2024 23:04

Iklan

Hendra H

15 Maret 2024 23:04

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan pemanasan global

apa yang dimaksud dengan pemanasan global

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

01

:

04

:

34

:

27

Klaim

23

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Salsabila M

Community

16 Maret 2024 00:25

Jawaban terverifikasi

<p>Pemanasan global merujuk pada peningkatan suhu rata-rata atmosfer Bumi dan lautan secara berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang. Penyebab utama pemanasan global adalah peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer, seperti karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dan lainnya. Gas-gas ini memperkuat efek rumah kaca alami, yang memungkinkan sinar matahari masuk ke atmosfer Bumi tetapi menghalangi sebagian besar panas yang dipancarkan oleh Bumi untuk kembali ke luar angkasa, sehingga mempertahankan suhu yang lebih tinggi di permukaan.</p><p>Aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, dan pertanian intensif, telah meningkatkan konsentrasi gas-gas rumah kaca tersebut secara signifikan sejak Revolusi Industri, yang menyebabkan pemanasan global menjadi masalah serius. Dampak dari pemanasan global termasuk perubahan iklim yang ekstrem, seperti peningkatan suhu rata-rata global, pencairan es kutub, kenaikan permukaan laut, perubahan pola cuaca yang ekstrem, dan gangguan terhadap ekosistem dan kehidupan makhluk hidup.</p><p>Upaya internasional dilakukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan memitigasi dampak pemanasan global, tetapi tantangan dalam mengatasi masalah ini tetap besar.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Pemanasan global merujuk pada peningkatan suhu rata-rata atmosfer Bumi dan lautan secara berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang. Penyebab utama pemanasan global adalah peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer, seperti karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dan lainnya. Gas-gas ini memperkuat efek rumah kaca alami, yang memungkinkan sinar matahari masuk ke atmosfer Bumi tetapi menghalangi sebagian besar panas yang dipancarkan oleh Bumi untuk kembali ke luar angkasa, sehingga mempertahankan suhu yang lebih tinggi di permukaan.

Aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, dan pertanian intensif, telah meningkatkan konsentrasi gas-gas rumah kaca tersebut secara signifikan sejak Revolusi Industri, yang menyebabkan pemanasan global menjadi masalah serius. Dampak dari pemanasan global termasuk perubahan iklim yang ekstrem, seperti peningkatan suhu rata-rata global, pencairan es kutub, kenaikan permukaan laut, perubahan pola cuaca yang ekstrem, dan gangguan terhadap ekosistem dan kehidupan makhluk hidup.

Upaya internasional dilakukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan memitigasi dampak pemanasan global, tetapi tantangan dalam mengatasi masalah ini tetap besar.

 

 

 


 


Iklan

Sumber W

Community

16 Maret 2024 00:37

Jawaban terverifikasi

<p><i><strong>Pemanasan global (global warming)</strong></i> adalah suatu bentuk ketidakseimbangan ekosistem di bumi akibat terjadinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di bumi.</p>

Pemanasan global (global warming) adalah suatu bentuk ketidakseimbangan ekosistem di bumi akibat terjadinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di bumi.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan