Fadia F

22 Mei 2024 01:26

Iklan

Iklan

Fadia F

22 Mei 2024 01:26

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan molekul

apa yang dimaksud dengan molekul


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Mei 2024 03:43

Jawaban terverifikasi

Molekul adalah bagian terkecil dari senyawa yang tersusun dari gabungan dua atau lebih atom. Molekul terbagi menjadi dua yaitu molekul senyawa dan molekul unsur. Perbedaan molekul senyawa dan molekul unsur adalah unsur-unsur yang menyusunnya.


Iklan

Iklan

Celine G

22 Mei 2024 04:39

Jawaban terverifikasi

<p>Molekul adalah unit dasar dari materi yang terdiri dari dua atau lebih atom yang terikat bersama melalui ikatan kimia. Atom dalam molekul dapat berasal dari unsur kimia yang sama atau berbeda. Ketika atom-atom ini terikat bersama, mereka membentuk struktur yang lebih besar yang memiliki sifat-sifat unik yang berbeda dari atom-individu tersebut.</p><p>Beberapa karakteristik molekul yang perlu diperhatikan:</p><p><strong>Komposisi</strong>: Molekul terdiri dari dua atau lebih atom yang bisa sama atau berbeda.</p><p><strong>Ikatan Kimia</strong>: Atom-atom dalam molekul terikat bersama oleh ikatan kimia. Ikatan ini dapat berupa ikatan kovalen, ikatan ion, atau ikatan lainnya, tergantung pada sifat atom yang membentuk molekul.</p><p><strong>Struktur</strong>: Molekul memiliki struktur tiga dimensi yang dapat memiliki bentuk dan orientasi yang berbeda. Struktur ini memengaruhi sifat-sifat fisik dan kimia molekul tersebut.</p><p><strong>Sifat-sifat</strong>: Molekul memiliki sifat-sifat unik yang ditentukan oleh atom-atom yang membentuknya dan cara atom-atom ini terikat bersama. Sifat-sifat ini mencakup titik didih, titik leleh, keelektronegatifan, dan banyak lagi.</p><p>Molekul memiliki peran yang sangat penting dalam kimia dan biologi. Mereka membentuk dasar bagi segala macam materi, dari gas dan cairan hingga padatan. Molekul juga membentuk bahan kimia yang terlibat dalam reaksi kimia, dan membentuk struktur dasar bagi bahan-bahan seperti protein, karbohidrat, dan asam nukleat dalam organisme hidup.</p><p>Dengan demikian, molekul merupakan entitas fundamental dalam pemahaman tentang sifat dan perilaku materi di alam semesta ini.</p>

Molekul adalah unit dasar dari materi yang terdiri dari dua atau lebih atom yang terikat bersama melalui ikatan kimia. Atom dalam molekul dapat berasal dari unsur kimia yang sama atau berbeda. Ketika atom-atom ini terikat bersama, mereka membentuk struktur yang lebih besar yang memiliki sifat-sifat unik yang berbeda dari atom-individu tersebut.

Beberapa karakteristik molekul yang perlu diperhatikan:

Komposisi: Molekul terdiri dari dua atau lebih atom yang bisa sama atau berbeda.

Ikatan Kimia: Atom-atom dalam molekul terikat bersama oleh ikatan kimia. Ikatan ini dapat berupa ikatan kovalen, ikatan ion, atau ikatan lainnya, tergantung pada sifat atom yang membentuk molekul.

Struktur: Molekul memiliki struktur tiga dimensi yang dapat memiliki bentuk dan orientasi yang berbeda. Struktur ini memengaruhi sifat-sifat fisik dan kimia molekul tersebut.

Sifat-sifat: Molekul memiliki sifat-sifat unik yang ditentukan oleh atom-atom yang membentuknya dan cara atom-atom ini terikat bersama. Sifat-sifat ini mencakup titik didih, titik leleh, keelektronegatifan, dan banyak lagi.

Molekul memiliki peran yang sangat penting dalam kimia dan biologi. Mereka membentuk dasar bagi segala macam materi, dari gas dan cairan hingga padatan. Molekul juga membentuk bahan kimia yang terlibat dalam reaksi kimia, dan membentuk struktur dasar bagi bahan-bahan seperti protein, karbohidrat, dan asam nukleat dalam organisme hidup.

Dengan demikian, molekul merupakan entitas fundamental dalam pemahaman tentang sifat dan perilaku materi di alam semesta ini.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

kelompok jasad renik yang menggunakan nutrisi dalam bentuk padat disebut.... A. Holofitik B. Holozoik C. Autotroph D. Saprofit

0

0.0

Jawaban terverifikasi