Fadia F

18 Mei 2024 13:41

Iklan

Fadia F

18 Mei 2024 13:41

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan komet

apa yang dimaksud dengan komet

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

02

:

18

:

38

:

51

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

19 Mei 2024 03:37

Jawaban terverifikasi

Komet adalah benda langit yang terdiri dari es, debu, dan partikel-partikel lain yang bergerak mengelilingi Matahari dalam lintasan elips yang sangat memanjang. Komet memiliki ciri-ciri yang khas, yaitu: 1. Inti Komet (Nukleus): - Inti komet terdiri dari es, debu, dan partikel-partikel lain yang membentuk benda padat. - Ukuran inti komet biasanya hanya beberapa kilometer saja. - Inti komet merupakan bagian terpenting dari komet, yang menentukan sifat-sifat komet. 2. Koma (Kepala Komet): - Koma adalah selubung gas dan debu yang mengelilingi inti komet. - Koma terbentuk ketika komet mendekati Matahari, sehingga es dan debu di inti komet menguap dan membentuk selubung. - Koma dapat mencapai ukuran ratusan ribu kilometer. - Koma memberikan penampakan yang khas pada komet, seperti kepala yang bercahaya. 3. Ekor Komet: - Ekor komet adalah aliran gas dan debu yang terbentuk dari koma dan tertiup oleh angin matahari. - Ekor komet selalu mengarah menjauhi Matahari karena didorong oleh tekanan radiasi matahari. - Ekor komet dapat mencapai panjang jutaan kilometer. - Ekor komet memberikan penampakan yang khas pada komet, seperti ekor yang menjulur. Komet bergerak mengelilingi Matahari dalam lintasan elips yang sangat memanjang. Saat mendekati Matahari, komet akan mengeluarkan koma dan ekor yang dapat dilihat dari Bumi. Setelah melewati titik terdekat dengan Matahari, komet akan kembali menjauh dan ekornya akan menghilang. Pengamatan terhadap komet dapat memberikan informasi penting tentang asal-usul dan evolusi tata surya. Contoh komet terkenal antara lain Komet Halley, Komet Hale-Bopp, dan Komet Neowise.


Iklan

Nanda R

Community

20 Mei 2024 01:09

Jawaban terverifikasi

<p>Komet adalah objek kecil di tata surya yang terdiri dari es, debu, dan material berbatu. Komet sering digambarkan sebagai "bola salju kotor" karena komposisinya yang mengandung campuran es (air dan gas beku) dan debu. Ketika mendekati Matahari, komet memanas dan mulai melepaskan gas dan debu, membentuk atmosfer tipis yang disebut koma serta ekor yang dapat membentang jutaan kilometer.</p>

Komet adalah objek kecil di tata surya yang terdiri dari es, debu, dan material berbatu. Komet sering digambarkan sebagai "bola salju kotor" karena komposisinya yang mengandung campuran es (air dan gas beku) dan debu. Ketika mendekati Matahari, komet memanas dan mulai melepaskan gas dan debu, membentuk atmosfer tipis yang disebut koma serta ekor yang dapat membentang jutaan kilometer.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan