Era E

13 Februari 2024 16:12

Iklan

Iklan

Era E

13 Februari 2024 16:12

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan keunggulan komparatif

apa yang dimaksud dengan keunggulan komparatif


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 22:00

Jawaban terverifikasi

<p>Keunggulan komparatif merujuk pada konsep ekonomi yang menggambarkan situasi di mana suatu negara atau individu dapat memproduksi suatu barang atau layanan dengan biaya oportuninya lebih rendah dibandingkan dengan negara atau individu lain. Prinsip ini mendorong spesialisasi produksi dan perdagangan internasional, sehingga setiap pihak dapat memanfaatkan kelebihan biaya yang dimilikinya untuk meningkatkan efisiensi dan output ekonominya.</p>

Keunggulan komparatif merujuk pada konsep ekonomi yang menggambarkan situasi di mana suatu negara atau individu dapat memproduksi suatu barang atau layanan dengan biaya oportuninya lebih rendah dibandingkan dengan negara atau individu lain. Prinsip ini mendorong spesialisasi produksi dan perdagangan internasional, sehingga setiap pihak dapat memanfaatkan kelebihan biaya yang dimilikinya untuk meningkatkan efisiensi dan output ekonominya.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

13 Februari 2024 22:09

Jawaban terverifikasi

<p>Keunggulan komparatif adalah salah satu teori dalam perdagangan internasional yang menyatakan bahwa barang yang memiliki nilai kegunaan pasti juga memiliki nilai penukaran. Dalam teori ini, penukaran barang berlaku selama barang yang ditukar masih dapat digunakan. Teori ini dicetuskan oleh David Ricardo.</p><p>&nbsp;</p><p>Teori keunggulan komparatif ini juga menyatakan bahwa keunggulan komparatif dapat diciptakan oleh suatu negara melalui kerja keras dalam melakukan penguasaan teknologi Melalui perdagangan bebas, maka negara yang memanfaatkan teknologi akan lebih diuntungkan dalam persaingan mancanegara dibandingkan dengan negara yang hanya mengandalkan sumber daya alam saja.</p>

Keunggulan komparatif adalah salah satu teori dalam perdagangan internasional yang menyatakan bahwa barang yang memiliki nilai kegunaan pasti juga memiliki nilai penukaran. Dalam teori ini, penukaran barang berlaku selama barang yang ditukar masih dapat digunakan. Teori ini dicetuskan oleh David Ricardo.

 

Teori keunggulan komparatif ini juga menyatakan bahwa keunggulan komparatif dapat diciptakan oleh suatu negara melalui kerja keras dalam melakukan penguasaan teknologi Melalui perdagangan bebas, maka negara yang memanfaatkan teknologi akan lebih diuntungkan dalam persaingan mancanegara dibandingkan dengan negara yang hanya mengandalkan sumber daya alam saja.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari hari yang menguntungkan dan merugikan minimal 2

0

0.0

Jawaban terverifikasi