Hendra H

10 Maret 2024 11:17

Iklan

Iklan

Hendra H

10 Maret 2024 11:17

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan kesultanan Mataram

apa yang dimaksud dengan kesultanan Mataram


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

10 Maret 2024 13:36

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Kerajaan Mataram</strong> Islam merupakan kerajaan yang didirikan oleh Panembahan Senopati atau Danang Sutawijaya pada akhir abad ke 16. Pusat pemerintahan Mataram Islam terletak di sekitar Yogyakarta dan sempat mengalami perpindahan ke Surakarta. Karena berdiri pada masa pemerintahan kolonial Belanda, Mataram Islam tidak luput dari konflik dan pengaruh Belanda. Pada masa penjajahan VOC, di Keraton terjadi campurtangan pihak VOC yang berakibat pada terpecahnya Mataram Islam menjadi dua yakni Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta pada tahun 1755.</p>

Kerajaan Mataram Islam merupakan kerajaan yang didirikan oleh Panembahan Senopati atau Danang Sutawijaya pada akhir abad ke 16. Pusat pemerintahan Mataram Islam terletak di sekitar Yogyakarta dan sempat mengalami perpindahan ke Surakarta. Karena berdiri pada masa pemerintahan kolonial Belanda, Mataram Islam tidak luput dari konflik dan pengaruh Belanda. Pada masa penjajahan VOC, di Keraton terjadi campurtangan pihak VOC yang berakibat pada terpecahnya Mataram Islam menjadi dua yakni Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta pada tahun 1755.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

10 Maret 2024 21:44

Jawaban terverifikasi

<p>Kesultanan Mataram adalah sebuah kerajaan Islam yang memiliki sejarah panjang di Pulau Jawa, Indonesia. Kesultanan ini terkenal sebagai salah satu kerajaan terbesar dan paling berpengaruh di pulau tersebut. Ada dua kesultanan Mataram yang signifikan, yaitu:</p><p><strong>Kesultanan Mataram Islam (Mataram Islam):</strong></p><ul><li>Kesultanan Mataram Islam pertama kali didirikan oleh Panembahan Senopati pada awal abad ke-17.</li><li>Kerajaan ini menggantikan Kesultanan Demak dan menjadi pusat kekuasaan Islam di Jawa Tengah.</li><li>Kesultanan Mataram mengalami puncak kejayaan di bawah pemerintahan Sultan Agung pada pertengahan abad ke-17.</li><li>Pusat kekuasaan kesultanan ini terletak di Kartasura, dan kemudian pindah ke Surakarta (Solo) dan Yogyakarta.</li></ul><p><strong>Kesultanan Mataram Ngayogyakarta (Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat):</strong></p><ul><li>Setelah terjadinya Perjanjian Giyanti pada tahun 1755, Kesultanan Mataram terbagi menjadi dua bagian: Kesultanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.</li><li>Kesultanan Yogyakarta yang dipimpin oleh Sultan Hamengkubuwono I dan keturunannya disebut juga sebagai Kesultanan Mataram Ngayogyakarta.</li><li>Yogyakarta menjadi pusat pemerintahan, dan kesultanan ini memainkan peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.</li></ul>

Kesultanan Mataram adalah sebuah kerajaan Islam yang memiliki sejarah panjang di Pulau Jawa, Indonesia. Kesultanan ini terkenal sebagai salah satu kerajaan terbesar dan paling berpengaruh di pulau tersebut. Ada dua kesultanan Mataram yang signifikan, yaitu:

Kesultanan Mataram Islam (Mataram Islam):

  • Kesultanan Mataram Islam pertama kali didirikan oleh Panembahan Senopati pada awal abad ke-17.
  • Kerajaan ini menggantikan Kesultanan Demak dan menjadi pusat kekuasaan Islam di Jawa Tengah.
  • Kesultanan Mataram mengalami puncak kejayaan di bawah pemerintahan Sultan Agung pada pertengahan abad ke-17.
  • Pusat kekuasaan kesultanan ini terletak di Kartasura, dan kemudian pindah ke Surakarta (Solo) dan Yogyakarta.

Kesultanan Mataram Ngayogyakarta (Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat):

  • Setelah terjadinya Perjanjian Giyanti pada tahun 1755, Kesultanan Mataram terbagi menjadi dua bagian: Kesultanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.
  • Kesultanan Yogyakarta yang dipimpin oleh Sultan Hamengkubuwono I dan keturunannya disebut juga sebagai Kesultanan Mataram Ngayogyakarta.
  • Yogyakarta menjadi pusat pemerintahan, dan kesultanan ini memainkan peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari hari yang menguntungkan dan merugikan minimal 2

0

0.0

Jawaban terverifikasi