Hendra H

10 Maret 2024 11:13

Iklan

Iklan

Hendra H

10 Maret 2024 11:13

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan kerajaan tarumanegara

apa yang dimaksud dengan kerajaan tarumanegara


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

10 Maret 2024 21:51

Jawaban terverifikasi

<p>Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan kuno yang pernah berdiri di wilayah yang sekarang menjadi bagian dari Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat. Kerajaan ini diyakini telah ada pada abad ke-5 hingga abad ke-7 Masehi dan diperkirakan merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara.</p><p>Beberapa informasi tentang Kerajaan Tarumanegara didapat dari beberapa sumber sejarah dan inskripsi, termasuk Prasasti Ciaruteun yang ditemukan di daerah Bogor, Jawa Barat. Prasasti tersebut mencatat beberapa nama raja dan menggambarkan kegiatan keagamaan pada masa pemerintahan raja-raja Tarumanegara.</p>

Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan kuno yang pernah berdiri di wilayah yang sekarang menjadi bagian dari Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat. Kerajaan ini diyakini telah ada pada abad ke-5 hingga abad ke-7 Masehi dan diperkirakan merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara.

Beberapa informasi tentang Kerajaan Tarumanegara didapat dari beberapa sumber sejarah dan inskripsi, termasuk Prasasti Ciaruteun yang ditemukan di daerah Bogor, Jawa Barat. Prasasti tersebut mencatat beberapa nama raja dan menggambarkan kegiatan keagamaan pada masa pemerintahan raja-raja Tarumanegara.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

11 Maret 2024 06:17

Jawaban terverifikasi

<p>Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan kuno yang pernah berdiri di wilayah yang sekarang menjadi bagian dari Indonesia. Berikut adalah penjelasan singkat tentang Kerajaan Tarumanegara:</p><p><strong>Lokasi dan Periode:</strong> Kerajaan Tarumanegara terletak di wilayah barat Pulau Jawa, terutama di sekitar Sungai Citarum. Kerajaan ini diyakini berdiri pada abad ke-5 hingga abad ke-7 Masehi.</p><p><strong>Pusat Pemerintahan:</strong> Pusat pemerintahan Tarumanegara kemungkinan berada di sekitar wilayah yang sekarang dikenal sebagai Bogor. Beberapa peninggalan sejarah, seperti prasasti dan arca, memberikan petunjuk tentang eksistensi dan keberadaan kerajaan ini.</p><p><strong>Agama:</strong> Tarumanegara diperkirakan menjadi salah satu kerajaan di Indonesia yang memeluk agama Hindu. Hal ini dapat dilihat dari temuan prasasti-prasasti yang menggunakan huruf Pallawa dan memberikan gambaran tentang keberadaan agama Hindu pada masa itu.</p><p><strong>Pentingnya Sungai Tarum:</strong> Sungai Tarum memiliki peran penting dalam keberlangsungan Kerajaan Tarumanegara, baik dari segi perekonomian maupun transportasi. Sungai ini menjadi jalur perdagangan dan transportasi utama bagi kerajaan ini.</p><p><strong>Peninggalan Arkeologis:</strong> Peninggalan arkeologis seperti prasasti dan arca menjadi saksi bisu keberadaan Kerajaan Tarumanegara. Prasasti-prasasti tersebut memberikan informasi mengenai kegiatan pemerintahan, budaya, dan agama yang dianut oleh masyarakat pada masa itu.</p>

Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan kuno yang pernah berdiri di wilayah yang sekarang menjadi bagian dari Indonesia. Berikut adalah penjelasan singkat tentang Kerajaan Tarumanegara:

Lokasi dan Periode: Kerajaan Tarumanegara terletak di wilayah barat Pulau Jawa, terutama di sekitar Sungai Citarum. Kerajaan ini diyakini berdiri pada abad ke-5 hingga abad ke-7 Masehi.

Pusat Pemerintahan: Pusat pemerintahan Tarumanegara kemungkinan berada di sekitar wilayah yang sekarang dikenal sebagai Bogor. Beberapa peninggalan sejarah, seperti prasasti dan arca, memberikan petunjuk tentang eksistensi dan keberadaan kerajaan ini.

Agama: Tarumanegara diperkirakan menjadi salah satu kerajaan di Indonesia yang memeluk agama Hindu. Hal ini dapat dilihat dari temuan prasasti-prasasti yang menggunakan huruf Pallawa dan memberikan gambaran tentang keberadaan agama Hindu pada masa itu.

Pentingnya Sungai Tarum: Sungai Tarum memiliki peran penting dalam keberlangsungan Kerajaan Tarumanegara, baik dari segi perekonomian maupun transportasi. Sungai ini menjadi jalur perdagangan dan transportasi utama bagi kerajaan ini.

Peninggalan Arkeologis: Peninggalan arkeologis seperti prasasti dan arca menjadi saksi bisu keberadaan Kerajaan Tarumanegara. Prasasti-prasasti tersebut memberikan informasi mengenai kegiatan pemerintahan, budaya, dan agama yang dianut oleh masyarakat pada masa itu.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada rangkaian listrik arus bolak balik, keadaan resonansi terjadi jika nilai impedansi rangkaian sama dengan nilai hambatan murninya. SEBAB Pada keadaan resonansi, nilai reaktansi induktif sama besarnya dengan nilai reaktansi kapasitif. Kedua pernyataan di atas A. benar dan berhubungan B. benar tetapi tidak berhubungan C. hanya satu yang benar D. tidak benar

0

5.0

Jawaban terverifikasi