Fadia F

20 Mei 2024 14:02

Iklan

Iklan

Fadia F

20 Mei 2024 14:02

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan kerajaan Singasari

apa yang dimaksud dengan kerajaan Singasari


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

20 Mei 2024 14:22

Jawaban terverifikasi

<p>Kerajaan Singasari adalah sebuah kerajaan Hindu Buddha di Jawa Timur yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 M. Lokasi kerajaan ini sekarang diperkirakan di daerah Singasari, Malang. Kerajaan Singasari hanya sempat bertahan 70 tahun sebelum mengalami keruntuhan.</p><p>Kehidupan Budaya Kerajaan Singosari<br><br>Selain peninggalan prasasti, ada pula patung dan juga candi yang ditemukan diseluruh wilayah Kerajaan Singosari. Adapun peninggalan yang cukup terkenal dari Kerajaan Singosari yaitu Candi Singosari, Candi Jago, dan Candi Kidal.</p>

Kerajaan Singasari adalah sebuah kerajaan Hindu Buddha di Jawa Timur yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 M. Lokasi kerajaan ini sekarang diperkirakan di daerah Singasari, Malang. Kerajaan Singasari hanya sempat bertahan 70 tahun sebelum mengalami keruntuhan.

Kehidupan Budaya Kerajaan Singosari

Selain peninggalan prasasti, ada pula patung dan juga candi yang ditemukan diseluruh wilayah Kerajaan Singosari. Adapun peninggalan yang cukup terkenal dari Kerajaan Singosari yaitu Candi Singosari, Candi Jago, dan Candi Kidal.

alt

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

20 Mei 2024 15:01

Jawaban terverifikasi

1. **Pengenalan Kerajaan Singasari:** Kerajaan Singasari adalah salah satu kerajaan kuno yang bermuncul di pulau Jawa, Indonesia, pada abad ke-11 Masehi. Ia merupakan penerus dari Kerajaan Kediri dan berlokasi di sebelah timur Jawa. 2. **Asal Usul dan Lokasi:** Terletak di sebelah timur Jawa, dengan ibu kota utama bernama Singasari (sekarang dikenal sebagai Kota Lamongan). Wilayah kerajaan ini mencakup sebagian besar Jawa Timur dan sebagian kecil dari Jawa Tengah. 3. **Pemerintahan dan Penguasa:** Kerajaan Singasari diperintah oleh raja yang memiliki otoritas absolut. Penguasa-penguasa ini sering kali digambarkan sebagai dewa atau tokoh mitologis, menunjukkan pengaruh kuat agama Hindu-Buddha pada budaya kerajaan. 4. **Ekonomi dan Budaya:** Ekonomi Singasari didasari oleh pertanian, perdagangan, dan pengerahan sumber daya alam seperti emas dan perak. Budayanya dipengaruhi oleh agama Hindu-Buddha, dengan peninggalan arkeologis seperti candi-candi yang menggambarkan arsitektur dan seni masa itu. 5. **Perkembangan dan Kemunduran:** Puncak kejayaannya terjadi pada abad ke-11 Masehi, tetapi kemunduran dimulai setelah abad ke-13 Masehi karena tekanan dari kerajaan-kerajaan tetangga serta perubahan politik regional. 6. **Warisan Sejarah:** Meskipun telah mengalami kemunduran, warisan sejarah Kerajaan Singasari masih dapat dilihat melalui peninggalannya dalam bentuk situs-situs arkeologis seperti Candi Ceto dan Candi Sambisari. Dengan demikian, Kerajaan Singasari merupakan salah satu kerajaan kuno di pulau Jawa yang meninggalkan jejak penting dalam sejarah Indonesia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

diketahui sebuah persegi kelilingnya adalah 108cm. berapakah luas persegi tersebut?

9

5.0

Jawaban terverifikasi