Fadia F

21 Mei 2024 02:20

Iklan

Iklan

Fadia F

21 Mei 2024 02:20

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan hidrosfer

apa yang dimaksud dengan hidrosfer


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Mei 2024 02:43

Jawaban terverifikasi

1. Definisi Hidrosfer: - Hidrosfer adalah lapisan Bumi yang terdiri dari air dalam bentuk cair, padat, dan gas, serta komponen air lainnya seperti es, awan, dan uap air. 2. Komponen Hidrosfer: a) Lautan: Air laut yang mencakup sekitar 71% permukaan Bumi. b) Danau-Danau: Air tawar yang berada di permukaan daratan. c) Air Tanah: Air yang tersimpan di dalam pori-pori tanah. d) Es dan Salju: Air dalam bentuk padat di kutung berapi. 3. Peranan Hidrosfer: - Mendukung kehidupan dengan menyediakan air minum, irigasi, dan kebutuhan hidup lainnya. - Membentuk iklim dan cuaca melalui siklus air. - Memberikan habitat bagi berbagai spesies biota. 4. Siklus Air: a) Evaporasi: Penguapan air dari permukaan Bumi menjadi uap air. b) Kondensasi: Uap air naik ke atmosfer dan membentuk awan. c) Presipitasi: Air jatuh ke permukaan Bumi sebagai hujan, salju, atau hujan es. d) Runoff: Air mengalir di permukaan atau menggenang sebagai sungai atau danau. 5. Pengelolaan Sumber Daya Air: - Penggunaan sumber daya air harus dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan ketersediaannya bagi generasi mendatang. - Konservasi sumber daya air melalui pengurangan pemborosan dan penggunaan teknologi efisien. 6. Isu-isu Lingkungan yang Terkait dengan Hidrosfer: a) Pemanasan Global: Perubahan iklim yang menyebabkan peningkatan suhu rata-rata Bumi. b) Perubahan Iklim: Perubahan pola cuaca yang dapat mempengaruhi ketersediaan sumber daya air.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

22 Mei 2024 06:16

Jawaban terverifikasi

<p>Hidrosfer adalah lapisan air yang menyelimuti permukaan bumi, mencakup semua bentuk air baik dalam keadaan cair, padat, maupun gas. Komponen utama hidrosfer meliputi:</p><ol><li><strong>Lautan dan Samudra:</strong> Menutupi sekitar 71% dari permukaan bumi dan mengandung sekitar 97% dari total air di bumi.</li><li><strong>Air Tawar:</strong> Termasuk sungai, danau, waduk, dan air tanah.</li><li><strong>Gletser dan Es:</strong> Menyimpan sebagian besar air tawar dalam bentuk padat.</li><li><strong>Atmosfer:</strong> Mengandung air dalam bentuk uap air yang berkontribusi pada siklus hidrologi.</li><li><strong>Air di Biosfer:</strong> Meliputi air yang ada dalam makhluk hidup.</li></ol>

Hidrosfer adalah lapisan air yang menyelimuti permukaan bumi, mencakup semua bentuk air baik dalam keadaan cair, padat, maupun gas. Komponen utama hidrosfer meliputi:

  1. Lautan dan Samudra: Menutupi sekitar 71% dari permukaan bumi dan mengandung sekitar 97% dari total air di bumi.
  2. Air Tawar: Termasuk sungai, danau, waduk, dan air tanah.
  3. Gletser dan Es: Menyimpan sebagian besar air tawar dalam bentuk padat.
  4. Atmosfer: Mengandung air dalam bentuk uap air yang berkontribusi pada siklus hidrologi.
  5. Air di Biosfer: Meliputi air yang ada dalam makhluk hidup.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pertanyaan ada di gambar

0

0.0

Jawaban terverifikasi