Fadia F

21 Mei 2024 02:19

Iklan

Iklan

Fadia F

21 Mei 2024 02:19

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan gempa tektonik

apa yang dimaksud dengan gempa tektonik


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Mei 2024 02:46

Jawaban terverifikasi

1. Definisi Gempa Tektonik: Gempa tektonik adalah gempa bumi yang terjadi akibat pergeseran atau pergerakan lempeng-lempeng bumi di permukaan Bumi. Ini biasanya disebabkan oleh tekanan dan ketegangan yang terbangun di antara lempeng-lempeng tersebut. 2. Penyebab Gempa Tektonik: Gempa tektonik terjadi ketika lempeng-lempeng bumi berinteraksi satu sama lain, baik melalui subduksi (di mana satu lempeng menyelam di bawah lempeng lain), penggabungan (di mana dua lempeng bertabrakan dan saling menekan), atau pemisahan (di mana dua lempeng bergerak menjauh satu sama lain). 3. Konsekuensi Gempa Tektonik: Konsekuensi gempa tektonik dapat mencakup kerusakan infrastruktur, kematian, luka fisik, dan gangguan lingkungan. Selain itu, gempa tektonik juga dapat menyebabkan fenomena alam seperti tsunami. 4. Pentingnya dalam Studi Geologi: Memahami gempa tektonik sangat penting dalam studi geologi karena ini membantu kita memahami proses yang terlibat dalam pembentukan gunung berapi, pegunungan, dan lembah. 5. Pentingnya dalam Kehidupan Sehari-hari: Pengetahuan tentang gempa tektonik penting untuk kehidupan sehari-hari karena membantu kita memahami risiko bencana alam dan bagaimana meresponsnya. 6. Hubungan dengan Teknologi: Pengetahuan tentang gempa tektonik membantu dalam pengembangan teknologi seperti pengeboran minyak bumi dan penambangan mineral, serta pemodelan komputer untuk mempelajari struktur Bumi.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

22 Mei 2024 06:19

Jawaban terverifikasi

<p>Gempa tektonik adalah jenis gempa bumi yang disebabkan oleh pergerakan atau interaksi antar lempeng tektonik di kerak bumi. Ini merupakan jenis gempa yang paling umum dan biasanya yang paling kuat serta merusak. Penyebab utama gempa tektonik adalah pelepasan energi yang terjadi ketika lempeng-lempeng tektonik yang bergerak relatif satu sama lain mengalami akumulasi stres hingga mencapai titik di mana energi tersebut dilepaskan dalam bentuk getaran atau gelombang seismik.</p>

Gempa tektonik adalah jenis gempa bumi yang disebabkan oleh pergerakan atau interaksi antar lempeng tektonik di kerak bumi. Ini merupakan jenis gempa yang paling umum dan biasanya yang paling kuat serta merusak. Penyebab utama gempa tektonik adalah pelepasan energi yang terjadi ketika lempeng-lempeng tektonik yang bergerak relatif satu sama lain mengalami akumulasi stres hingga mencapai titik di mana energi tersebut dilepaskan dalam bentuk getaran atau gelombang seismik.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

kantung Semar beradaptasi untuk bertahan hidup dengan cara..... dan adaptasi fisiologis

0

0.0

Jawaban terverifikasi