Hendra H

13 Maret 2024 14:57

Iklan

Iklan

Hendra H

13 Maret 2024 14:57

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan ekonomi kreatif

apa yang dimaksud dengan ekonomi kreatif


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

13 Maret 2024 23:30

Jawaban terverifikasi

<p>Ekonomi kreatif adalah jenis kegiatan ekonomi dimana pelakunya menggunakan kreativitas dan pengetahuan yang dimilikinya sebagai bahan baku utama pada proses produksi. Jadi, pada ekonomi kreatif sumber daya alam merupakan faktor pendukung dalam proses produksi, bukan sebagai bahan baku utamanya. Berikut adalah manfaat dari ekonomi kreatif:</p><ul><li><strong>&nbsp;Inovasi</strong>: karena kreativitas merupakan hal yang sangat dijunjung tinggi dalam ekonomi kreatif, maka hal ini akan mendorong terjadinya inovasi dan penemuan baru.</li><li><strong>Menciptkan lapangan pekerjaan baru</strong>: banyaknya lowongan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan ide-ide untuk mengembangkan suatu perusahaan bisa menyerap tenaga kerja baru. Selain itu, ekonomi kreatif juga memperbesar kemungkinan seseorang untuk melakukan wirausaha karena tidak memerlukan modal serumit dan sebesar ekonomi tradisional.</li><li><strong>Meningkatkan pertumbuhan ekonomi</strong>: dengan menurunnya tingkat pengangguran maka akan mengurangi tingkat kemiskinan. Hal ini akan meningkatkan daya beli dari masyarakat di suatu wilayah. Meningkatnya daya beli masyarakat ini akan membuat semua roda ekonomi di suatu wilayah menjadi lancar dan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional.</li></ul>

Ekonomi kreatif adalah jenis kegiatan ekonomi dimana pelakunya menggunakan kreativitas dan pengetahuan yang dimilikinya sebagai bahan baku utama pada proses produksi. Jadi, pada ekonomi kreatif sumber daya alam merupakan faktor pendukung dalam proses produksi, bukan sebagai bahan baku utamanya. Berikut adalah manfaat dari ekonomi kreatif:

  •  Inovasi: karena kreativitas merupakan hal yang sangat dijunjung tinggi dalam ekonomi kreatif, maka hal ini akan mendorong terjadinya inovasi dan penemuan baru.
  • Menciptkan lapangan pekerjaan baru: banyaknya lowongan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan ide-ide untuk mengembangkan suatu perusahaan bisa menyerap tenaga kerja baru. Selain itu, ekonomi kreatif juga memperbesar kemungkinan seseorang untuk melakukan wirausaha karena tidak memerlukan modal serumit dan sebesar ekonomi tradisional.
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi: dengan menurunnya tingkat pengangguran maka akan mengurangi tingkat kemiskinan. Hal ini akan meningkatkan daya beli dari masyarakat di suatu wilayah. Meningkatnya daya beli masyarakat ini akan membuat semua roda ekonomi di suatu wilayah menjadi lancar dan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Maret 2024 01:07

Jawaban terverifikasi

<p><br>Ekonomi kreatif merujuk pada sektor ekonomi yang didorong oleh kreativitas, inovasi, dan kegiatan intelektual. Ini melibatkan produksi dan distribusi barang dan jasa yang memiliki nilai tambah berdasarkan kekayaan intelektual, budaya, dan keterampilan kreatif. Sektor ekonomi kreatif meliputi berbagai industri, seperti seni dan budaya, desain, media, periklanan, mode, film, musik, arsitektur, permainan, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta pariwisata kreatif.</p><p>Ada beberapa ciri khas dari ekonomi kreatif:</p><p><strong>Inovasi dan Kreativitas:</strong> Ekonomi kreatif didorong oleh inovasi dan kreativitas. Ini melibatkan penciptaan produk dan layanan baru, pengembangan desain baru, dan penerapan ide-ide baru untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.</p><p><strong>Nilai tambah berbasis intelektual:</strong> Produk dan layanan dalam ekonomi kreatif sering kali didasarkan pada kekayaan intelektual, termasuk hak cipta, merek dagang, paten, dan desain industri. Ini memberikan nilai tambah yang signifikan dan membedakan produk atau layanan dari yang lain.</p><p><strong>Kolaborasi dan Jaringan:</strong> Ekonomi kreatif sering melibatkan kolaborasi antara individu, perusahaan, dan lembaga dalam berbagai sektor dan disiplin. Kolaborasi ini memungkinkan pertukaran ide, pengetahuan, dan sumber daya yang diperlukan untuk menghasilkan inovasi yang lebih baik.</p><p><strong>Membangun Budaya dan Identitas:</strong> Ekonomi kreatif membantu mempromosikan budaya lokal, warisan budaya, dan identitas nasional melalui seni, desain, dan produk kreatif lainnya. Hal ini dapat menghasilkan ekspresi budaya yang unik dan mendukung pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan.</p><p><strong>Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan:</strong> Ekonomi kreatif memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Ini menciptakan peluang bagi individu untuk mengembangkan bakat kreatif mereka dan menghasilkan pendapatan dari karya mereka.</p><p><br>&nbsp;</p>


Ekonomi kreatif merujuk pada sektor ekonomi yang didorong oleh kreativitas, inovasi, dan kegiatan intelektual. Ini melibatkan produksi dan distribusi barang dan jasa yang memiliki nilai tambah berdasarkan kekayaan intelektual, budaya, dan keterampilan kreatif. Sektor ekonomi kreatif meliputi berbagai industri, seperti seni dan budaya, desain, media, periklanan, mode, film, musik, arsitektur, permainan, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta pariwisata kreatif.

Ada beberapa ciri khas dari ekonomi kreatif:

Inovasi dan Kreativitas: Ekonomi kreatif didorong oleh inovasi dan kreativitas. Ini melibatkan penciptaan produk dan layanan baru, pengembangan desain baru, dan penerapan ide-ide baru untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Nilai tambah berbasis intelektual: Produk dan layanan dalam ekonomi kreatif sering kali didasarkan pada kekayaan intelektual, termasuk hak cipta, merek dagang, paten, dan desain industri. Ini memberikan nilai tambah yang signifikan dan membedakan produk atau layanan dari yang lain.

Kolaborasi dan Jaringan: Ekonomi kreatif sering melibatkan kolaborasi antara individu, perusahaan, dan lembaga dalam berbagai sektor dan disiplin. Kolaborasi ini memungkinkan pertukaran ide, pengetahuan, dan sumber daya yang diperlukan untuk menghasilkan inovasi yang lebih baik.

Membangun Budaya dan Identitas: Ekonomi kreatif membantu mempromosikan budaya lokal, warisan budaya, dan identitas nasional melalui seni, desain, dan produk kreatif lainnya. Hal ini dapat menghasilkan ekspresi budaya yang unik dan mendukung pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan.

Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan: Ekonomi kreatif memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Ini menciptakan peluang bagi individu untuk mengembangkan bakat kreatif mereka dan menghasilkan pendapatan dari karya mereka.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kepercayaan sebagian masyarakat bahwa banyak anak banyak rezeki, sekarang ini sudah tidak sesuai lagi karena dapat menimbulkan masalah sosial. Ilustrasi tersebut menggambarkan gejala sosial yang berkaitan dengan keinginan di masyarakat dan tingkat peledakan pertumbuhan penduduk di masyarakat. Hal yang mendasari gejala sosial tersebut menjadi sebuah masalah sosial adalah…. A. Pihak penentu masalah sosial B. Persepsi mengenai masalah sosial C. Masalah manifes dan masalah laten D. Perbedaan antara standar dan realitas E. Ukuran nilai dan norma Tolong bantu kak :")

9

0.0

Jawaban terverifikasi