Hilya H

28 Juni 2024 14:16

Iklan

Iklan

Hilya H

28 Juni 2024 14:16

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan batuan beku dalam?


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

29 Juni 2024 00:26

Jawaban terverifikasi

<p>Batuan beku dalam, atau batuan plutonik, adalah jenis batuan beku yang terbentuk dari pendinginan dan kristalisasi magma jauh di bawah permukaan bumi. Karena proses pendinginan terjadi secara lambat, mineral dalam batuan beku dalam memiliki waktu untuk membentuk kristal-kristal besar yang dapat terlihat dengan mata telanjang.</p><p>Contoh batuan beku dalam termasuk:</p><ul><li><strong>Granit:</strong> Batuan beku bertekstur kasar yang sering digunakan sebagai bahan bangunan.</li><li><strong>Diorit:</strong> Batuan dengan komposisi mineral antara granit dan gabro.</li><li><strong>Gabro:</strong> Batuan gelap dan berat yang sering ditemukan di dasar kerak samudra.</li></ul><p>Ciri utama batuan beku dalam adalah teksturnya yang kasar karena ukuran kristalnya yang besar, berbeda dengan batuan beku luar (ekstrusif) yang terbentuk dari lava yang mendingin cepat di permukaan bumi dan memiliki tekstur yang lebih halus.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Batuan beku dalam, atau batuan plutonik, adalah jenis batuan beku yang terbentuk dari pendinginan dan kristalisasi magma jauh di bawah permukaan bumi. Karena proses pendinginan terjadi secara lambat, mineral dalam batuan beku dalam memiliki waktu untuk membentuk kristal-kristal besar yang dapat terlihat dengan mata telanjang.

Contoh batuan beku dalam termasuk:

  • Granit: Batuan beku bertekstur kasar yang sering digunakan sebagai bahan bangunan.
  • Diorit: Batuan dengan komposisi mineral antara granit dan gabro.
  • Gabro: Batuan gelap dan berat yang sering ditemukan di dasar kerak samudra.

Ciri utama batuan beku dalam adalah teksturnya yang kasar karena ukuran kristalnya yang besar, berbeda dengan batuan beku luar (ekstrusif) yang terbentuk dari lava yang mendingin cepat di permukaan bumi dan memiliki tekstur yang lebih halus.

 

 


Fitri N

29 Juni 2024 15:41

menyapu

Iklan

Iklan

Dela A

Community

28 Juni 2024 14:18

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah batuan beku dalam (plutonik) merupakan batuan batuan yang terbentuk dari magma yang membeku secara perlahan-lahan di bawah permukaan bumi sehingga magma tidak mencapai permukaan bumi. Batuan beku dalam memiliki ciri berbutir kasar, contohnya granit dan gabro.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah batuan beku dalam (plutonik) merupakan batuan batuan yang terbentuk dari magma yang membeku secara perlahan-lahan di bawah permukaan bumi sehingga magma tidak mencapai permukaan bumi. Batuan beku dalam memiliki ciri berbutir kasar, contohnya granit dan gabro.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

hubungan antar ruang yang berinteraksi

3

5.0

Jawaban terverifikasi