Fadia F

21 Mei 2024 14:35

Iklan

Iklan

Fadia F

21 Mei 2024 14:35

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan bank sentral

apa yang dimaksud dengan bank sentral


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Mei 2024 14:40

Jawaban terverifikasi

Bank Sentral adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi sistem keuangan di suatu negara. Artinya, Bank Sentral juga bertanggung jawab agar keuangan suatu negara tetap stabil.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

22 Mei 2024 06:09

Jawaban terverifikasi

<p>Bank sentral adalah lembaga keuangan yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter suatu negara. Fungsi utama bank sentral meliputi:</p><ol><li><strong>Mengatur dan mengawasi peredaran uang:</strong> Bank sentral mengontrol jumlah uang yang beredar di ekonomi untuk menjaga stabilitas harga dan inflasi.</li><li><strong>Mengatur suku bunga:</strong> Bank sentral menetapkan suku bunga acuan yang mempengaruhi tingkat bunga di seluruh perekonomian.</li><li><strong>Menjaga stabilitas keuangan:</strong> Bank sentral berperan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan, termasuk mengawasi bank-bank komersial dan institusi keuangan lainnya.</li><li><strong>Penerbitan mata uang:</strong> Bank sentral memiliki wewenang untuk mencetak dan mengedarkan uang kertas dan koin.</li><li><strong>Manajemen cadangan devisa:</strong> Bank sentral mengelola cadangan devisa negara untuk mendukung stabilitas mata uang dan kebijakan ekonomi.</li></ol>

Bank sentral adalah lembaga keuangan yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter suatu negara. Fungsi utama bank sentral meliputi:

  1. Mengatur dan mengawasi peredaran uang: Bank sentral mengontrol jumlah uang yang beredar di ekonomi untuk menjaga stabilitas harga dan inflasi.
  2. Mengatur suku bunga: Bank sentral menetapkan suku bunga acuan yang mempengaruhi tingkat bunga di seluruh perekonomian.
  3. Menjaga stabilitas keuangan: Bank sentral berperan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan, termasuk mengawasi bank-bank komersial dan institusi keuangan lainnya.
  4. Penerbitan mata uang: Bank sentral memiliki wewenang untuk mencetak dan mengedarkan uang kertas dan koin.
  5. Manajemen cadangan devisa: Bank sentral mengelola cadangan devisa negara untuk mendukung stabilitas mata uang dan kebijakan ekonomi.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Andi mengayuh sepeda dengan besar energi mekaniknya adalah 400 J dengan massa sepeda tersebut adalah 2 kg dan mengalami jalanan menurun setinggi 10 m. Maka berapakah besar energi kinetik ketika andi bersepeda?

13

0.0

Jawaban terverifikasi