Era E

04 Februari 2024 14:34

Iklan

Era E

04 Februari 2024 14:34

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan bakteri

apa yang dimaksud dengan bakteri

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

04

:

44

:

54

Klaim

12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Adliani A

05 Februari 2024 04:27

Jawaban terverifikasi

<p>Bakteri adalah mikroorganisme yang tergolong dalam domain Prokaryota, yang berarti mereka tidak memiliki inti sel yang terbungkus membran atau organel-organel berinti lainnya. Bakteri bisa ditemukan hampir di mana-mana, mulai dari tanah, air, udara, hingga di dalam dan pada organisme hidup lainnya, termasuk manusia. Mereka bisa hidup di lingkungan yang sangat beragam, dari yang sangat panas hingga sangat dingin, dan dari yang sangat asam hingga sangat basa.</p><p>Bakteri memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi, tapi umumnya sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Bentuk umum bakteri meliputi bulat (kokus), batang (basil), spiral (spirochetes), dan bentuk lain yang lebih kompleks. Mereka bereproduksi dengan cara pembelahan sel yang sangat cepat, yang memungkinkan populasi bakteri bertambah dengan sangat cepat di bawah kondisi yang mendukung.</p><p>Meskipun sering kali dianggap sebagai penyebab penyakit, banyak bakteri yang memiliki peran penting dan bermanfaat bagi kehidupan di Bumi, termasuk manusia. Misalnya, bakteri di dalam usus membantu pencernaan dan sintesis beberapa vitamin. Bakteri juga digunakan dalam produksi makanan dan minuman fermentasi, seperti yogurt dan keju, serta dalam bidang bioteknologi dan pengolahan limbah untuk menguraikan bahan organik.</p><p>Namun, ada juga bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tanaman. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada manusia termasuk tuberkulosis, pneumonia, kolera, dan penyakit Lyme, antara lain. Antibiotik adalah kelas obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, tetapi penggunaan antibiotik yang tidak tepat dan berlebihan telah menyebabkan munculnya resistensi antibiotik, yang merupakan masalah kesehatan global saat ini.</p>

Bakteri adalah mikroorganisme yang tergolong dalam domain Prokaryota, yang berarti mereka tidak memiliki inti sel yang terbungkus membran atau organel-organel berinti lainnya. Bakteri bisa ditemukan hampir di mana-mana, mulai dari tanah, air, udara, hingga di dalam dan pada organisme hidup lainnya, termasuk manusia. Mereka bisa hidup di lingkungan yang sangat beragam, dari yang sangat panas hingga sangat dingin, dan dari yang sangat asam hingga sangat basa.

Bakteri memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi, tapi umumnya sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Bentuk umum bakteri meliputi bulat (kokus), batang (basil), spiral (spirochetes), dan bentuk lain yang lebih kompleks. Mereka bereproduksi dengan cara pembelahan sel yang sangat cepat, yang memungkinkan populasi bakteri bertambah dengan sangat cepat di bawah kondisi yang mendukung.

Meskipun sering kali dianggap sebagai penyebab penyakit, banyak bakteri yang memiliki peran penting dan bermanfaat bagi kehidupan di Bumi, termasuk manusia. Misalnya, bakteri di dalam usus membantu pencernaan dan sintesis beberapa vitamin. Bakteri juga digunakan dalam produksi makanan dan minuman fermentasi, seperti yogurt dan keju, serta dalam bidang bioteknologi dan pengolahan limbah untuk menguraikan bahan organik.

Namun, ada juga bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tanaman. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada manusia termasuk tuberkulosis, pneumonia, kolera, dan penyakit Lyme, antara lain. Antibiotik adalah kelas obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, tetapi penggunaan antibiotik yang tidak tepat dan berlebihan telah menyebabkan munculnya resistensi antibiotik, yang merupakan masalah kesehatan global saat ini.


Iklan

Sumber W

Community

05 Februari 2024 07:26

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Bakteri </strong>merupakan organisme yang memiliki sel tunggal, tidak memiliki membran inti sel (bersifat prokariotik), serta memiliki ukuran mikroskopik artinya diperlukan mikroskop untuk bisa melihatnya.</p>

Bakteri merupakan organisme yang memiliki sel tunggal, tidak memiliki membran inti sel (bersifat prokariotik), serta memiliki ukuran mikroskopik artinya diperlukan mikroskop untuk bisa melihatnya.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan