Dzakiyah R

11 Maret 2024 13:59

Iklan

Iklan

Dzakiyah R

11 Maret 2024 13:59

Pertanyaan

apa yang di maksud dengan paragraf deduktif ? dan apa contoh nya ?

apa yang di maksud dengan paragraf deduktif ? dan apa contoh nya ?


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Aura R

11 Maret 2024 16:09

Jawaban terverifikasi

<p>Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang <strong>kalimat utamanya terletak pada awal paragraf.&nbsp;</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Contoh:</strong></p><p><strong>Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia</strong>. Ada lebih dari 18.000 pulau di Indonesia, yang di antaranya sekitar 6.000 pulau yang berpenghuni. Sebagai negara kepulauan dengan wilayah terluas di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Hal ini memberi keuntungan yang besar bagi Indonesia dalam hal perdagangan ekonomi dunia.</p><p>&nbsp;</p><p>Paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif karena kalimat utamanya (inti pembahasan) berada di awal paragraf.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Sumber: https://www.ruangguru.com/blog/jenis-unsur-dan-syarat-paragraf#:~:text=Paragraf%20deduktif%20adalah%20jenis%20paragraf,akan%20berada%20setelah%20kalimat%20utama.</p>

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf. 

 

Contoh:

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Ada lebih dari 18.000 pulau di Indonesia, yang di antaranya sekitar 6.000 pulau yang berpenghuni. Sebagai negara kepulauan dengan wilayah terluas di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Hal ini memberi keuntungan yang besar bagi Indonesia dalam hal perdagangan ekonomi dunia.

 

Paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif karena kalimat utamanya (inti pembahasan) berada di awal paragraf. 

 

Sumber: https://www.ruangguru.com/blog/jenis-unsur-dan-syarat-paragraf#:~:text=Paragraf%20deduktif%20adalah%20jenis%20paragraf,akan%20berada%20setelah%20kalimat%20utama.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

12 Maret 2024 02:37

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Paragraf deduktif </strong>adalah jenis paragraf yang bermula dengan penjabaran tentang hal-hal umum kemudian menjurus ke hal khusus. Pada paragraf deduktif, letak kalimat utama berada di awal paragraf.</p><p>&nbsp;</p><p>Ciri-ciri jenis paragraf deduktif adalah sebagai berikut:</p><p>1.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Kalimat utama atau ide pokok ada pada kalimat pertama paragraf.</p><p>2.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Polanya umum-khusus-khusus-khusus.</p><p>3.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Kalimat utama diperinci dengan kalimat penjelas.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Contoh paragraf deduktif </strong>:</p><p>Kecelakaan akibat mengantuk masih sering terjadi. Tercatat, sepanjang tahun 2018, sudah 12 orang meninggal karena kecelakaan mobil, terutama di jalan tol. Mengendarai mobil saat mengantuk bisa menyebabkan kecelakaan beruntun yang berakibat merugikan banyak orang. Insiden kecelakaan karena mengantuk ini bisa terjadi kapan saja, baik siang maupun malam.</p>

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang bermula dengan penjabaran tentang hal-hal umum kemudian menjurus ke hal khusus. Pada paragraf deduktif, letak kalimat utama berada di awal paragraf.

 

Ciri-ciri jenis paragraf deduktif adalah sebagai berikut:

1.       Kalimat utama atau ide pokok ada pada kalimat pertama paragraf.

2.       Polanya umum-khusus-khusus-khusus.

3.       Kalimat utama diperinci dengan kalimat penjelas.

 

Contoh paragraf deduktif :

Kecelakaan akibat mengantuk masih sering terjadi. Tercatat, sepanjang tahun 2018, sudah 12 orang meninggal karena kecelakaan mobil, terutama di jalan tol. Mengendarai mobil saat mengantuk bisa menyebabkan kecelakaan beruntun yang berakibat merugikan banyak orang. Insiden kecelakaan karena mengantuk ini bisa terjadi kapan saja, baik siang maupun malam.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan menggambar

0

0.0

Jawaban terverifikasi