Nama S

14 Maret 2024 12:01

Iklan

Iklan

Nama S

14 Maret 2024 12:01

Pertanyaan

Apa yang anda pahami mengaenai Object?

Apa yang anda pahami mengaenai Object?


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

16 Maret 2024 00:36

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam pemrograman berorientasi objek (OOP), sebuah "object" (objek) adalah instance konkret dari sebuah class. Objek adalah entitas yang memiliki atribut (data) dan perilaku (metode) yang ditentukan oleh class yang digunakan untuk menciptakannya.</p><p>Beberapa konsep penting terkait dengan objek:</p><p><strong>Atribut</strong>: Objek memiliki atribut yang merepresentasikan karakteristik atau data yang dimilikinya. Atribut ini didefinisikan dalam class dan nilainya dapat berbeda antar objek. Misalnya, objek "mobil" mungkin memiliki atribut seperti "warna", "merek", atau "kecepatan".</p><p><strong>Metode</strong>: Objek memiliki metode yang merupakan fungsi atau perilaku yang dapat dilakukan oleh objek tersebut. Metode ini didefinisikan dalam class dan digunakan untuk melakukan operasi tertentu terhadap objek atau memanipulasi atributnya. Misalnya, objek "mobil" mungkin memiliki metode seperti "maju()", "mundur()", atau "berhenti()".</p><p><strong>Instance</strong>: Objek adalah instance konkret dari class yang diciptakan dalam memori komputer. Ketika objek dibuat, ia menjadi instance dari class yang digunakan untuk membuatnya, dan memperoleh semua atribut dan metode yang didefinisikan dalam class tersebut.</p><p><strong>Pewarisan</strong>: Objek dapat mewarisi atribut dan metode dari class lain melalui pewarisan. Ini berarti objek dapat memiliki semua atribut dan metode dari class induknya, serta atribut dan metode tambahan yang didefinisikan dalam classnya sendiri.</p><p><strong>Encapsulation</strong>: Objek menerapkan konsep encapsulation dengan menyembunyikan detail internalnya dan hanya menyediakan antarmuka yang terdefinisi dengan baik untuk berinteraksi dengan objek tersebut. Ini berarti bahwa pengguna objek tidak perlu mengetahui detail bagaimana objek diimplementasikan, tetapi hanya perlu tahu cara menggunakan metode yang disediakan.</p><p><br>&nbsp;</p>

Dalam pemrograman berorientasi objek (OOP), sebuah "object" (objek) adalah instance konkret dari sebuah class. Objek adalah entitas yang memiliki atribut (data) dan perilaku (metode) yang ditentukan oleh class yang digunakan untuk menciptakannya.

Beberapa konsep penting terkait dengan objek:

Atribut: Objek memiliki atribut yang merepresentasikan karakteristik atau data yang dimilikinya. Atribut ini didefinisikan dalam class dan nilainya dapat berbeda antar objek. Misalnya, objek "mobil" mungkin memiliki atribut seperti "warna", "merek", atau "kecepatan".

Metode: Objek memiliki metode yang merupakan fungsi atau perilaku yang dapat dilakukan oleh objek tersebut. Metode ini didefinisikan dalam class dan digunakan untuk melakukan operasi tertentu terhadap objek atau memanipulasi atributnya. Misalnya, objek "mobil" mungkin memiliki metode seperti "maju()", "mundur()", atau "berhenti()".

Instance: Objek adalah instance konkret dari class yang diciptakan dalam memori komputer. Ketika objek dibuat, ia menjadi instance dari class yang digunakan untuk membuatnya, dan memperoleh semua atribut dan metode yang didefinisikan dalam class tersebut.

Pewarisan: Objek dapat mewarisi atribut dan metode dari class lain melalui pewarisan. Ini berarti objek dapat memiliki semua atribut dan metode dari class induknya, serta atribut dan metode tambahan yang didefinisikan dalam classnya sendiri.

Encapsulation: Objek menerapkan konsep encapsulation dengan menyembunyikan detail internalnya dan hanya menyediakan antarmuka yang terdefinisi dengan baik untuk berinteraksi dengan objek tersebut. Ini berarti bahwa pengguna objek tidak perlu mengetahui detail bagaimana objek diimplementasikan, tetapi hanya perlu tahu cara menggunakan metode yang disediakan.


 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bu apa jawaban nya

14

0.0

Jawaban terverifikasi