Naylah Z

03 Juli 2024 10:05

Iklan

Iklan

Naylah Z

03 Juli 2024 10:05

Pertanyaan

apa perbedaan kalimat langsung dan tidak langsung

apa perbedaan kalimat langsung dan tidak langsung


39

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

03 Juli 2024 10:21

Jawaban terverifikasi

Perbedaan Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Kalimat Langsung * Menirukan apa yang diujarkan orang secara cermat. * Menggunakan tanda petik dua ("..."). * Intonasi pada bagian kutipan lebih tinggi. * Bisa berupa kalimat tanya, berita, atau perintah. Contoh: * "Saya ingin pergi ke taman," kata Budi. * Ani bertanya, "Kapan kamu pulang?" * Ibu menyuruh, "Tutup pintu!" Kalimat Tidak Langsung * Menyampaikan kembali ucapan orang lain tanpa mengutip keseluruhan kalimatnya. * Tidak menggunakan tanda petik dua ("..."). * Intonasi mendatar dan menurun pada akhir kalimat. * Menggunakan kata penghubung atau konjungsi. Contoh: * Budi mengatakan bahwa dia ingin pergi ke taman. * Ani menanyakan kapan saya pulang. * Ibu menyuruh saya menutup pintu. Ciri-ciri Kalimat Langsung * Menggunakan tanda petik dua ("...") * Intonasi pada bagian kutipan lebih tinggi * Bisa berupa kalimat tanya, berita, atau perintah Ciri-ciri Kalimat Tidak Langsung * Tidak menggunakan tanda petik dua ("...") * Intonasi mendatar dan menurun pada akhir kalimat * Menggunakan kata penghubung atau konjungsi Fungsi Kalimat Langsung * Menggambarkan ucapan orang secara langsung * Memberikan kesan hidup dan nyata * Memperjelas maksud pembicara Fungsi Kalimat Tidak Langsung * Menyampaikan informasi secara lebih ringkas * Menghindari pengulangan kata yang sama * Menghindari gaya bahasa yang monoton Kesimpulan Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung memiliki fungsi yang berbeda dalam bahasa Indonesia. Kalimat langsung digunakan untuk menggambarkan ucapan orang secara langsung, sedangkan kalimat tidak langsung digunakan untuk menyampaikan informasi secara lebih ringkas. Semoga penjelasan ini membantu!


Iklan

Iklan

Azqya S

03 Juli 2024 13:10

Jawaban terverifikasi

<p>Perbedaan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung yaitu</p><p>Kalimat langsung menggunakan tanda petik (") sedangkan kalimat tidak langsung tidak menggunakan tanda petik. Selain itu kalimat langsung biasanya disampaikan atau di ucapkan oleh seseorang sedangkan kalimat tidak langsung biasanya kondisi dimana menyampaikan kalimat yang diucapkan oleh orang lain.</p><p>&nbsp;</p>

Perbedaan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung yaitu

Kalimat langsung menggunakan tanda petik (") sedangkan kalimat tidak langsung tidak menggunakan tanda petik. Selain itu kalimat langsung biasanya disampaikan atau di ucapkan oleh seseorang sedangkan kalimat tidak langsung biasanya kondisi dimana menyampaikan kalimat yang diucapkan oleh orang lain.

 


Gefira A

Dijawab 4 hari yang lalu

Kalimat langsung adalah kalimat yang diucapkan secara langsung oleh seseorang saat menyampaikan suatu hal, sedangkan kalimat tidak langsung adalah kalimat yang berisi ungkapan yang disampaikan orang lain.

— Tampilkan 1 balasan lainnya
lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jika x=9 dan y=8, maka nilainya yaitu

5

5.0

Jawaban terverifikasi