Dhias T

18 Juli 2024 01:50

Dhias T

18 Juli 2024 01:50

Pertanyaan

Apa ciri-ciri enzim yang ada di gambar tersebut? Jelaskan!

Apa ciri-ciri enzim yang ada di gambar tersebut? Jelaskan!

alt

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

23

:

28

:

24

Klaim

16

3

Jawaban terverifikasi

Nanda C

18 Juli 2024 02:07

Jawaban terverifikasi

<p>Ciri ciri wnzim antara lain&nbsp;</p><p>1. Bekerja secara spesifik ( mempengaruhi substrat tertentu)</p><p>2. Bekerja secara bolak balik atau reversible</p><p>3. Merupakan biokatalisator ( mempercepat reaksi tanpanikut beraksi )</p><p>Dari gambar diatas dapat ditunjukkan cara kerja enzim yakni lock and key / kunci dan gembok . Dimana bentuk enzim dan substrat dapat menyatu dan akan menghasilkan sebuah produk. &nbsp;</p><p>Ada beberapa kerja enzim selain lock and key yakni induced fit / sesuatu yang dapat menginduksu perubahan bentuk enzim atau yg dikenal dengan sisi aktif enzim.</p>

Ciri ciri wnzim antara lain 

1. Bekerja secara spesifik ( mempengaruhi substrat tertentu)

2. Bekerja secara bolak balik atau reversible

3. Merupakan biokatalisator ( mempercepat reaksi tanpanikut beraksi )

Dari gambar diatas dapat ditunjukkan cara kerja enzim yakni lock and key / kunci dan gembok . Dimana bentuk enzim dan substrat dapat menyatu dan akan menghasilkan sebuah produk.  

Ada beberapa kerja enzim selain lock and key yakni induced fit / sesuatu yang dapat menginduksu perubahan bentuk enzim atau yg dikenal dengan sisi aktif enzim.


S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

18 Juli 2024 10:40

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini. Pembahasan: Dari gambar tersebut, ciri-ciri enzim yang dapat diidentifikasi adalah: 1. Spesifisitas: Enzim memiliki lokasi aktif yang spesifik di mana substrat tertentu dapat berikatan. Hanya substrat yang sesuai dengan bentuk lokasi aktif enzim yang dapat berinteraksi. 2. Kompleks Enzim-Substrat: Ketika substrat berikatan dengan enzim, mereka membentuk kompleks enzim-substrat. Ini menunjukkan bahwa enzim bekerja dengan cara berinteraksi langsung dengan substrat. 3. Perubahan Bentuk Substrat: Dalam proses interaksi ini, enzim membantu melemahkan ikatan dalam substrat, yang kemudian mempermudah pembentukan produk. 4. Katalis: Enzim tidak berubah setelah reaksi dan dapat digunakan kembali untuk mengkatalisis reaksi serupa dengan substrat yang lain. Ini terlihat dari fakta bahwa enzim tetap utuh setelah produk terbentuk. 5. Aksi Spesifik: Enzim memiliki situs aktif yang spesifik, yang hanya dapat berinteraksi dengan substrat tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa enzim bekerja dengan mekanisme kunci dan gembok (lock and key mechanism). Gambar ini dengan jelas mengilustrasikan bagaimana enzim bekerja melalui pengikatan substrat pada situs aktif, pembentukan kompleks enzim-substrat, dan pembentukan produk akhir sambil membebaskan enzim untuk digunakan kembali.


Priska A

19 Juli 2024 02:37

<p>Enzim e coli</p><p>&nbsp;</p>

Enzim e coli

 


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan iklan

10

5.0

Jawaban terverifikasi