Bais N

26 Februari 2024 10:37

Iklan

Iklan

Bais N

26 Februari 2024 10:37

Pertanyaan

Ada yang bisa? 1/3, 1/2, 3/5, 2/3, jika dilanjutkan dengan dua suku maka bilangan itu

Ada yang bisa?

1/3, 1/2, 3/5, 2/3, jika dilanjutkan dengan dua suku maka bilangan itu


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

27 Februari 2024 04:27

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah 1 dan 7/6</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan :</p><p>1/3, &nbsp;1/2, &nbsp;3/5, &nbsp;2/3, ....</p><p>a = 1/3&nbsp;</p><p>b = 1/2 - 1/3 = 3/6 - 2/6 = 1/6</p><p>U<sub>n</sub> = a + (n - 1)b</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; = 1/3 &nbsp;+ (n - 1).1/6</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; = 1/3 + n/6 - 1/6</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; = 2/6 + n/6 - 1/6</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; = n/6 + 1/6</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; = 1/6(n + 1)</p><p>Rumus suku ke-n :</p><p><strong>U<sub>n</sub> = 1/6(n + 1)</strong></p><p>&nbsp;</p><p>Dua suku berikutnya yaitu suku ke-5 dan ke-6 :</p><p>n = 5</p><p>U<sub>5</sub> = 1/6(5 + 1)</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; = 1/6(6)</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; = 1</p><p>&nbsp;</p><p>n = 6</p><p>U<sub>6</sub> = 1/6(6 + 1)</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; = 1/6(7)</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; = 7/6</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi dua suku berikutnya adalah 1 dan 7/6</p>

Jawaban yang tepat adalah 1 dan 7/6

 

Pembahasan :

1/3,  1/2,  3/5,  2/3, ....

a = 1/3 

b = 1/2 - 1/3 = 3/6 - 2/6 = 1/6

Un = a + (n - 1)b

      = 1/3  + (n - 1).1/6

      = 1/3 + n/6 - 1/6

      = 2/6 + n/6 - 1/6

      = n/6 + 1/6

      = 1/6(n + 1)

Rumus suku ke-n :

Un = 1/6(n + 1)

 

Dua suku berikutnya yaitu suku ke-5 dan ke-6 :

n = 5

U5 = 1/6(5 + 1)

      = 1/6(6)

      = 1

 

n = 6

U6 = 1/6(6 + 1)

      = 1/6(7)

      = 7/6

 

Jadi dua suku berikutnya adalah 1 dan 7/6


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

28 Februari 2024 11:08

Barisan yang diberikan adalah \(1/3, 1/2, 3/5, 2/3\). Jika kita perhatikan, setiap suku memiliki dua bagian yang merupakan pecahan. Jika dilanjutkan dengan dua suku berikutnya, pola tersebut dapat diidentifikasi dengan mengamati perbandingan antara pembilang dan penyebut pada setiap suku. Jadi, kita bisa melanjutkan pola dengan menambahkan dua suku berikutnya: \[ \frac{1}{3}, \frac{1}{2}, \frac{3}{5}, \frac{2}{3}, \frac{?}{?}, \frac{?}{?} \] Jika kita perhatikan, dapat diidentifikasi bahwa pembilang dan penyebut berurutan bertambah satu. Sehingga, kita dapat melanjutkan pola sebagai berikut: \[ \frac{1}{3}, \frac{1}{2}, \frac{3}{5}, \frac{2}{3}, \frac{3}{4}, \frac{4}{5} \] Jadi, dua suku berikutnya dalam pola tersebut adalah \(\frac{3}{4}\) dan \(\frac{4}{5}\).


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

tolong ya 🙏 1. untuk membahas sebuah kerja sama kita perlu mengadakan .... 2. memperoleh kesepakatan untuk bekerja sama harus dijalankan oleh .... 3. gagasan pendukung dalam sebuah teks dapat kita temukan dalam setiap ....

10

5.0

Jawaban terverifikasi

Ali Audah lahir pada 14 Juli 1924 di Bondowos Jawa derita. Ayahnya meningga Jawa Timur. Sejak kecil, ia terbiasa hidu berumur tujuh tahun. Ali hanya menikma pendidikan formal sampai kelas dua sekola dasar. Meskipun demikian, ia mempunya kemauan belajar yang sangat tinggi. Ali mencoba belajar sendiri atau bersama teman-teman sepermainannya. Ia belajar menulis dengan mencoret-coret tanah sambil bermain gundu. Ia juga belajar membaca dan koran bekas pembungkus kue, majalah bekas serta buku-buku pelajaran dan bacaan anak- anak milik teman sepermainannya. Setelah dewasa, barulah Ali berkesempatan mengikuti kursus. Ali Audah menguasai sejumlah bahasa asing, seperti Arab, Inggris, Prancis, Jerman, dan Belanda. Berkat perkenalannya dengan Moh. Dimyati seorang wartawan dan sastrawan, Ali mendapat dorongan untuk belajar menulis. Tidal disangka, Ali ternyata berbakat di bidang itu bidang pendidikan. Sejak tahun 1952 Ali mulai bekerja sebaga wartawan lepas di berbagai harian. Ali beker sebagai penerjemah. Kemudian Ali bekerja di bidang pendidikan. Semangat kemauan belajar Ali yang cukup tinggi dan bakat yang dimiliki Ali dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita semua. Keterbatasan kemampuan untuk bersekolah tidak menghalangi Ali untuk tetap bisa belajar membaca dan menulis. Semoga kita semua dapat meniru semangat Ali Audah. Penggunaan adjektiva berdasarkan teks biografi tersebut terdapat pada kalimat.. A. Ali sudah lahir pada 14 Juli 1924 di Bondowoso, Jawa Timur. b. Sejak kecil, ia terbiasa hidup menderita. C. Ibunya meninggal ketika ia berumur tujuh tahun. d. Ali hanya menikmati pendidikan formal sampai kelas dua sekolah dasar. E. Meskipun demikian, ia mempunyai kemauan belajar yang sangat tinggi

6

5.0

Jawaban terverifikasi