Fira H

13 Maret 2024 09:23

Iklan

Iklan

Fira H

13 Maret 2024 09:23

Pertanyaan

Ada berapa sahabat Nabi Muhammad yang menjadi khalifah?, sebutkan!

Ada berapa sahabat Nabi Muhammad yang menjadi khalifah?, sebutkan!


19

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Miftahurrohmah M

13 Maret 2024 22:49

Jawaban terverifikasi

Berikut ini jumlah sahabat Nabi Muhammad SAW yang menjadi khalifah! 1.) Abu Bakar Ash-Shiddiq Nama Abu Bakar Ash-Shiddiq sudah tidak asing lagi dikenal sebagai nama sahabat Nabi Muhammaad SAW. Beliau adalah salah satu pemeluk Islam di awal. Nama Ash-Shiddiq sendiri adalah nama yang diberikan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah nama sahabat nabi yang menjadi Khulafaur Rasyidin atau mengganti posisi Nabi Muhammad SAW sebagai seorang pemimpin umat. 2.) Umar Bin Khattab Umar bin Khattab merupakan nama sahabat Nabi Muhammad SAW yang termasuk salah satu Khulafaur Rasyidin. Khulafaur Rasyidin adalah sebutan muslim Sunni untuk empat khalifah pertama yang memimpin Islam setelah Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah sahabat nabi yang menjadi Khulafaur Rasyidin atau mengganti posisi nabi sebagai seorang pemimpin. Umar bin Khattab memimpin pada tahun 634-644 M atau selama sepuluh tahun lamanya. 3.) Utsman Bin Affan Utsman bin Affan adalah nama sahabat nabi yang menjadi Khulafaur Rasyidin atau mengganti posisi nabi sebagai seorang pemimpin. Beliau memimpin umat Islam setelah Umar bin Khattab mulai dari 644-656 M. Di masa kekhalifaannya, ia berhasil menghimpun Al-Qur'an dalam satu mushaf dan menyebarkannya ke beberapa kota. Beliau juga mampu menyatukan Al-Qur'an dengan tujuh jenis huruf atau dialek, sehingga terhindar dari malapetaka dan fitnah perpecahan umat. Utsman bin Affan ini sebenarnya juga termasuk nama sahabat nabi yang kaya raya karena memiliki nilai kekayaan saat wafat sejumlah Rp 2.532.942.750.000. 4.) Ali bin Abi Thalib Ali bin Abi Thalib adalah sahabat nabi yang menjadi Khulafaur Rasyidin atau mengganti posisi nabi sebagai seorang pemimpin. Beliau merupakan penghafal Al-Qur'an dan termasuk di antara orang yang pertama kali mendapat hidayah Islam di usia belia. Ali terkenal zuhud, wara, dan dermawan. Beliau menganggap rendah dunia dan selalu beramal untuk keridhaan Allah SWT.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

14 Maret 2024 01:46

Jawaban terverifikasi

<p>Sahabat &nbsp;Nabi Muhammad yang menjadi khalifah adalah :</p><p>&nbsp;</p><p>1.<strong> Abu Bakar Ash Shiddiq</strong></p><p>Kekhalifahan Abu Bakar Ash-Shiddiq berlangsung selama 2 tahun 3 bulan. Ia adalah seorang khalifah pertama dan menjadi satu-satunya yang disebut sahabat nabi oleh Allah SWT dalam QS. At Taubah ayat 40.</p><p>&nbsp;</p><p>Selama kepemimpinannya, beliau berhasil melakukan konsolidasi, penertiban, dan pengamanan akibat dari munculnya kelompok yang tidak mau lagi tunduk pada ajaran Islam. Terutama semenjak wafatnya Rasulullah SAW yang dianggap mereka sebagai berakhirnya perjanjian yang dibuat bersama beliau.</p><p>&nbsp;</p><p>2. <strong>Umar bin Khattab</strong></p><p>Setelah Abu Bakar jatuh sakit, Umar bin Khattab turun tangan menggantikannya. Beliau terpilih melalui proses musyawarah Abu Bakar dengan pemuka para sahabat untuk menghindari perselisihan.</p><p>&nbsp;</p><p>Selama 10 tahun memimpin, Umar menjadi orang pertama yang digelari dengan Amir al-Mu'minin (pemimpin orang beriman). Beliau juga banyak memperluas wilayah daulah Islamiah dan berbagai program pembangunan.</p><p>&nbsp;</p><p>Umar bin Khattab juga kerap kali terjaga di malam dan siang hari untuk beribadah dan juga berpuasa demi hajat rakyatnya, seperti yang dikisahkan oleh Mu'awiyah bin Khudayj, jenderal dari suku Kindah.</p><p>&nbsp;</p><p>3. <strong>Utsman bin Affan</strong></p><p>Sebelum Umar wafat, beliau membentuk tim untuk bermusyawarah dalam memilih khalifah baru. Hingga terpilih Utsman bin Affan yang memimpin selama 12 tahun.</p><p>&nbsp;</p><p>Selama memimpin, Utsman yang lahir dari kalangan kaya raya, rela untuk membagikan rezekinya secara cuma-cuma untuk kebutuhan berperang atau pun khalayak luas. Ia juga banyak membangun kota, jalan, jembatan, masjid hingga memperluas masjid Rasulullah SAW di Madinah.</p><p>&nbsp;</p><p>4. <strong>Ali bin Abi Thalib</strong></p><p>Kepemimpinan Utsman melahirkan kelompok yang memberontak dirinya. Setelah beliau meninggal, para simpatisan tersebut mengangkat Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah selanjutnya.</p><p>&nbsp;</p><p>Melansir dari buku Kisah Hidup Ali Ibn Abi Thalib karya Mustafa Murrad, Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyatnya. Ia pun suka berkeliling sekadar untuk menantikan siapa pun yang menghampirinya guna meminta bantuan atau bertanya padanya.</p><p>&nbsp;</p><p>Selain itu, ia berjalan mengelilingi pasar untuk berdakwah sekaligus mengingatkan manusia untuk bertakwa kepada Allah SWT dan melakukan transaksi jual beli dengan baik.</p>

Sahabat  Nabi Muhammad yang menjadi khalifah adalah :

 

1. Abu Bakar Ash Shiddiq

Kekhalifahan Abu Bakar Ash-Shiddiq berlangsung selama 2 tahun 3 bulan. Ia adalah seorang khalifah pertama dan menjadi satu-satunya yang disebut sahabat nabi oleh Allah SWT dalam QS. At Taubah ayat 40.

 

Selama kepemimpinannya, beliau berhasil melakukan konsolidasi, penertiban, dan pengamanan akibat dari munculnya kelompok yang tidak mau lagi tunduk pada ajaran Islam. Terutama semenjak wafatnya Rasulullah SAW yang dianggap mereka sebagai berakhirnya perjanjian yang dibuat bersama beliau.

 

2. Umar bin Khattab

Setelah Abu Bakar jatuh sakit, Umar bin Khattab turun tangan menggantikannya. Beliau terpilih melalui proses musyawarah Abu Bakar dengan pemuka para sahabat untuk menghindari perselisihan.

 

Selama 10 tahun memimpin, Umar menjadi orang pertama yang digelari dengan Amir al-Mu'minin (pemimpin orang beriman). Beliau juga banyak memperluas wilayah daulah Islamiah dan berbagai program pembangunan.

 

Umar bin Khattab juga kerap kali terjaga di malam dan siang hari untuk beribadah dan juga berpuasa demi hajat rakyatnya, seperti yang dikisahkan oleh Mu'awiyah bin Khudayj, jenderal dari suku Kindah.

 

3. Utsman bin Affan

Sebelum Umar wafat, beliau membentuk tim untuk bermusyawarah dalam memilih khalifah baru. Hingga terpilih Utsman bin Affan yang memimpin selama 12 tahun.

 

Selama memimpin, Utsman yang lahir dari kalangan kaya raya, rela untuk membagikan rezekinya secara cuma-cuma untuk kebutuhan berperang atau pun khalayak luas. Ia juga banyak membangun kota, jalan, jembatan, masjid hingga memperluas masjid Rasulullah SAW di Madinah.

 

4. Ali bin Abi Thalib

Kepemimpinan Utsman melahirkan kelompok yang memberontak dirinya. Setelah beliau meninggal, para simpatisan tersebut mengangkat Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah selanjutnya.

 

Melansir dari buku Kisah Hidup Ali Ibn Abi Thalib karya Mustafa Murrad, Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyatnya. Ia pun suka berkeliling sekadar untuk menantikan siapa pun yang menghampirinya guna meminta bantuan atau bertanya padanya.

 

Selain itu, ia berjalan mengelilingi pasar untuk berdakwah sekaligus mengingatkan manusia untuk bertakwa kepada Allah SWT dan melakukan transaksi jual beli dengan baik.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan Pancasila

4

5.0

Jawaban terverifikasi