Meysa M

13 Mei 2024 13:04

Iklan

Iklan

Meysa M

13 Mei 2024 13:04

Pertanyaan

Ada 63 spesies tanaman kuno di relief Candi Borobudur. Relief candi juga menggambarkan potret masyarakat saat itu sedang meracik jamu. Selain itu, relief perahu kuno di Candi Borobudur (perahu layar cadik) membuktikan nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut. Terdapat sepuluh relief yang memuat gambar perahu kuno, dengan model yang berbeda-beda." Rangkaian informasi tersebut menunjukkan bahwa.... A. Masyarakat Mataram Kuno gemar meminum jamu. B. Jalur Rempah telah dikenal sejak era Mataram Kuno. C. Masyarakat Mataram Kuno sangat menghargai seni lukis. D. Masyarakat Mataram Kuno telah mengenal pengobatan tradisional. E. Masyarakat Mataram Kuno sangat mencintai alam dan lingkungan.

Ada 63 spesies tanaman kuno di relief Candi Borobudur. Relief candi juga menggambarkan potret masyarakat saat itu sedang meracik jamu. Selain itu, relief perahu kuno di Candi Borobudur (perahu layar cadik) membuktikan nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut. Terdapat sepuluh relief yang memuat gambar perahu kuno, dengan model yang berbeda-beda."

Rangkaian informasi tersebut menunjukkan bahwa....

A. Masyarakat Mataram Kuno gemar meminum jamu.

B. Jalur Rempah telah dikenal sejak era Mataram Kuno.

C. Masyarakat Mataram Kuno sangat menghargai seni lukis.

D. Masyarakat Mataram Kuno telah mengenal pengobatan tradisional.

E. Masyarakat Mataram Kuno sangat mencintai alam dan lingkungan.


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Mei 2024 00:32

Jawaban terverifikasi

<p>Rangkaian informasi yang disampaikan menunjukkan bahwa:</p><p>D. **Masyarakat Mataram Kuno telah mengenal pengobatan tradisional.**</p><p>Penjelasan:</p><p>Informasi yang diberikan menyebutkan bahwa relief Candi Borobudur menggambarkan masyarakat yang sedang meracik jamu, yang menunjukkan praktik pengobatan tradisional. Sementara itu, informasi tentang 63 spesies tanaman kuno juga mendukung pemahaman bahwa masyarakat saat itu mengenal berbagai jenis tanaman yang kemungkinan digunakan dalam pengobatan. Hal ini memberikan bukti bahwa masyarakat Mataram Kuno sudah memiliki pengetahuan tentang pengobatan tradisional.</p>

Rangkaian informasi yang disampaikan menunjukkan bahwa:

D. **Masyarakat Mataram Kuno telah mengenal pengobatan tradisional.**

Penjelasan:

Informasi yang diberikan menyebutkan bahwa relief Candi Borobudur menggambarkan masyarakat yang sedang meracik jamu, yang menunjukkan praktik pengobatan tradisional. Sementara itu, informasi tentang 63 spesies tanaman kuno juga mendukung pemahaman bahwa masyarakat saat itu mengenal berbagai jenis tanaman yang kemungkinan digunakan dalam pengobatan. Hal ini memberikan bukti bahwa masyarakat Mataram Kuno sudah memiliki pengetahuan tentang pengobatan tradisional.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Mei 2024 03:52

Jawaban terverifikasi

7. "Ada 63 spesies tanaman kuno di relief Candi Borobudur. Relief candi juga menggambarkan potret masyarakat saat itu sedang meracik jamu. Selain itu, relief perahu kuno di Candi Borobudur (perahu layar cadik) membuktikan nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut. Terdapat sepuluh relief yang memuat gambar perahu kuno, dengan model yang berbeda-beda." Rangkaian informasi tersebut menunjukkan bahwa.... D. Masyarakat Mataram Kuno telah mengenal pengobatan tradisional. Penjelasan: Dalam rangkaian informasi tersebut, dijelaskan bahwa relief Candi Borobudur menggambarkan masyarakat saat itu sedang meracik jamu. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Mataram Kuno telah mengenal pengobatan tradisional.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bangsa Indonesia tidak menerima begitu saja pengaruh budaya India. Hal itu tampak dari bukti bukti berikut ini, kecuali... A. tergambarnya suasana alam Indonesia dalam relief candi Borobudur B. masuknya cerita local dalam lakon pewayangan C. adanya stupa sebagai ciri candi Budha D. sistem aturan kasta tidak berkembang dalam kehidupan masyarakat Hindu Indonesia E. digunakannya pola punden berundak undak dalam bangunan candi

221

5.0

Jawaban terverifikasi