Sanjaya S

08 November 2021 19:50

Iklan

Sanjaya S

08 November 2021 19:50

Pertanyaan

Bangsa Indonesia tidak menerima begitu saja pengaruh budaya India. Hal itu tampak dari bukti bukti berikut ini, kecuali... A. tergambarnya suasana alam Indonesia dalam relief candi Borobudur B. masuknya cerita local dalam lakon pewayangan C. adanya stupa sebagai ciri candi Budha D. sistem aturan kasta tidak berkembang dalam kehidupan masyarakat Hindu Indonesia E. digunakannya pola punden berundak undak dalam bangunan candi

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

18

:

53

:

50

Klaim

1

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

12 November 2021 06:41

Jawaban terverifikasi

Halo Sanjaya S Jadi, jawaban yang tepat adalah C. Pembahsannya: Budaya India masuk secara pesat ke wilayah Indonesia seiring dengan masuknya ajaran agama Hindu dan Buddha. Pengaruh dalam bidang budaya ini dapat dilihat dari banyaknya kata serapan bahasa Sansekerta di bahasa-bahasa di Indonesia, peninggalan sejarah berarsitektur pengaruh India, dan upacara keagamaan. Namun, saat pengaruh ini masuk, rakyat Indonesia jaman dahulu tidak serta merta menerima begitu saja pengaruh ini, melainkan menyaringnya dan mengadaptasinya sehingga menjadi kebudayaan yang khas dan memiliki ciri sendiri. Dalam penyaringan atau filtrasi budaya, pengaruh yang dianggap cocok akan diterima, sementara pengaruh yang tidak cocok akan ditolak. Sementara dalam adaptasi, pengaruh dari India akan dirubah dan dipengaruhi oleh budaya asli Indonesia. Contoh dari adaptasi ini adalah penggunaan punden berundak untuk candi agama Hindu dan Buddha, seperti di Candi Sukuh dan Candi Borobudur. Punden berundak adalah bentuk arsitektur khas Indonesia, dan candi di atas menggunakan bentuk ini, sekaligus juga memakai arsitektur Indonesia, seperti ukiran dan tema pahatan yang diambil dari cerita agama Hindu dan Buddha. Semoga bisa membantu ya : )


Iklan

Ruth A

09 November 2021 01:00

Jawaban terverifikasi

Hai Sanjaya aku bantu jawab ya Budaya India masuk secara pesat ke wilayah Indonesia seiring dengan masuknya ajaran agama Hindu dan Buddha.Pengaruh dalam bidang budaya ini dapat dilihat dari banyaknya kata serapan bahasa sangsekerta bahasa Indonesia peninggalan sejarah berarsitektur pengaruh India dan upacara keagamaan.Namun, saat pengaruh ini masuk, rakyat Indonesia zaman dahulu tidak serta merta menerima begitu saja pengaruh ini mainkan menyaringnya dan adaptasinya sehingga menjadi kebudayaan yang khas dan memiliki ciri sendiri. Dalam penyaringan atau filtrasi budaya pengaruh yang dianggap cocok akan diterima, sementara pengaruh yang tidak cocok akan ditolak.Sementara dalam adaptasi, pengaruh dari India akan dirubah dan dipengaruhi oleh budaya asli Indonesia.Contoh dari adaptasi ini adalah penggunaan punden berundak untuk Candi agama Hindu dan Budha, seperti di Candi Sukuh dan Candi Borobudur.Punden berundak adalah bentuk arsitektur khas Indonesia, benjolan di atas menggunakan bentuk ini, sekaligus juga memakai arsitektur Indonesia, seperti ukiran dan tema pahatan yang diambil dari cerita agama Hindu dan Buddha. Jadi jawaban yang tepat adalah C.Adanya stupa sebagai ciri candi Budha.


Rika N

09 November 2021 15:47

hallo Sanjaya S, kakak bantu jawab ya.. Bangsa Indonesia tidak menerima begitu saja pengaruh budaya India. Hal itu tampak dari bukti bukti berikut ini, kecuali... jawabannya adalah D sistem aturan kasta tidak berkembang dalam kehidupan masyarakat Hindu Indonesia. Nenek moyang bangsa Indonesia tidak begitu saja menerima semua pengaruh dari bangsa India, namun nenek moyang kita justru memadukannya dengan kebudayaan asli yang sudah ada di Nusantara. Dalam disiplin ilmu sosiologi dikenal dengan istilah "akulturasi"(perpaduan dua kebudayaan atau lebih tanpa mnghilangkan kebudayaan aslinya). bukti perpaduan kebudayaan tanpa meninggalkan kebudayaan asli Nusatara antara lain : 1. Tergambarnya suasana alam Indonesia dalam relief candi Borobudur 2. Masuknya cerita lokal dalam lakon pewayangan 3.Adanya stupa sebagai ciri candi Budha 4. Digunakannya pola punden berundak undak dalam bangunan candi 5. Kepercayaan Hindu-Budha yang dipadukan dengan kepercayaan awal nenek moyang bangsa Indonesia (Animisme, Dinamisme, dan Totemisme) sehingga kita selalu penerus dari bangsa Indonesia juga harus meniru sikap nenek moyang terdahulu agar tidak menerima sepenuhnya pengaruh yang datang dari negara lain tapi mengambil yang baiknya saja kemudian dipadukan dengan kebudayaan asli Indonesia. dengan demikian, dari penjelasan di atas, dapat diambil jawaban yang tepat adalah D sistem aturan kasta tidak berkembang dalam kehidupan masyarakat Hindu Indonesia. semoga membantu ya.. :)


Jufri T

15 Juni 2023 00:58

Terjadinya akulturasi antara kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan Indiaadalah karena kebudayaan India yang masuk ke Indonesia tidak diterima begitusaja oleh bangsa Indonesia, hal ini disebabkan..... (3 Poin)


Jufri T

15 Juni 2023 00:59

Terjadinya akulturasi antara kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan Indiaadalah karena kebudayaan India yang masuk ke Indonesia tidak diterima begitusaja oleh bangsa Indonesia, hal ini disebabkan..... (3 Poin)


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan