Annisa H

09 Oktober 2024 14:22

Iklan

Annisa H

09 Oktober 2024 14:22

Pertanyaan

28. 1. Penemuan baru 2. terjadinya pemberontakan 3. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain 4. Toleransi terhadap perilaku baru 5. Bertambah dan berkurangnya penduduk 6. Sistem lapisan sosial terbuka Pernyataan diatas yang merupakan faktor penyebab perubahan sosial budaya.... a. 1, 2 ,3 dan 4 b. 3, 4 ,5 dan 6 c. 1, 3, 5 dan 6 d. 1, 2 ,3 dan 5

28. 

1. Penemuan baru 2. terjadinya pemberontakan 3. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain 4. Toleransi terhadap perilaku baru 5. Bertambah dan berkurangnya penduduk 6. Sistem lapisan sosial terbuka Pernyataan diatas yang merupakan faktor penyebab perubahan sosial budaya....

 a. 1, 2 ,3 dan 4 

b. 3, 4 ,5 dan 6 

c. 1, 3, 5 dan 6

d. 1, 2 ,3 dan 5

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

06

:

06

:

25

Klaim

8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rendi R

Community

10 Oktober 2024 00:00

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;</p><p>Jawaban yang paling tepat untuk faktor penyebab perubahan sosial budaya dari pernyataan di atas adalah:</p><p><strong>c. 1, 3, 5, dan 6</strong></p><p>Penjelasan:</p><p><strong>1. Penemuan baru</strong>: Penemuan baru dalam teknologi atau bidang lainnya dapat menyebabkan perubahan dalam masyarakat, baik secara sosial maupun budaya.</p><p><strong>3. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain</strong>: Interaksi dengan budaya lain, seperti melalui perdagangan, migrasi, atau media, dapat mempengaruhi perubahan budaya dan sosial.</p><p><strong>5. Bertambah dan berkurangnya penduduk</strong>: Perubahan dalam jumlah penduduk (baik karena kelahiran, kematian, migrasi) dapat memengaruhi struktur sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat.</p><p><strong>6. Sistem lapisan sosial terbuka</strong>: Dalam masyarakat dengan lapisan sosial yang terbuka, perubahan status sosial lebih mudah terjadi, yang pada gilirannya dapat memengaruhi perubahan sosial dan budaya.</p><p>Sementara itu, <strong>2. Terjadinya pemberontakan</strong> lebih cenderung menjadi faktor yang mengganggu stabilitas sosial, bukan penyebab langsung perubahan sosial budaya secara bertahap, dan <strong>4. Toleransi terhadap perilaku baru</strong> adalah hasil dari perubahan, bukan penyebabnya.</p>

 

Jawaban yang paling tepat untuk faktor penyebab perubahan sosial budaya dari pernyataan di atas adalah:

c. 1, 3, 5, dan 6

Penjelasan:

1. Penemuan baru: Penemuan baru dalam teknologi atau bidang lainnya dapat menyebabkan perubahan dalam masyarakat, baik secara sosial maupun budaya.

3. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain: Interaksi dengan budaya lain, seperti melalui perdagangan, migrasi, atau media, dapat mempengaruhi perubahan budaya dan sosial.

5. Bertambah dan berkurangnya penduduk: Perubahan dalam jumlah penduduk (baik karena kelahiran, kematian, migrasi) dapat memengaruhi struktur sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat.

6. Sistem lapisan sosial terbuka: Dalam masyarakat dengan lapisan sosial yang terbuka, perubahan status sosial lebih mudah terjadi, yang pada gilirannya dapat memengaruhi perubahan sosial dan budaya.

Sementara itu, 2. Terjadinya pemberontakan lebih cenderung menjadi faktor yang mengganggu stabilitas sosial, bukan penyebab langsung perubahan sosial budaya secara bertahap, dan 4. Toleransi terhadap perilaku baru adalah hasil dari perubahan, bukan penyebabnya.


Iklan

Nanda R

Community

Dijawab 3 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah **D. 1, 2, 3 dan 5**.</p><p>Faktor-faktor penyebab perubahan sosial budaya meliputi penemuan baru (1), terjadinya pemberontakan (2), pengaruh kebudayaan masyarakat lain (3), dan bertambah atau berkurangnya penduduk (5).</p>

Jawaban yang benar adalah **D. 1, 2, 3 dan 5**.

Faktor-faktor penyebab perubahan sosial budaya meliputi penemuan baru (1), terjadinya pemberontakan (2), pengaruh kebudayaan masyarakat lain (3), dan bertambah atau berkurangnya penduduk (5).


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan