Hirzan H

11 Oktober 2021 00:23

Iklan

Iklan

Hirzan H

11 Oktober 2021 00:23

Pertanyaan

2. Pada rute terakhir out, kondisi kami sudah tidak optimal. Padahal jalan yang akan kami telusuri sungguh berat dengan resiko tinggi. Lorong gua menurun terjai dengan jarak 01 meter sampai 21 meter. Bukan cua licin, air yang tergenang juga mengalir dan jatoh mengikuti bentuk lorong gua. Kalau sampai terpeleset bisa berbahaya. Carilah kata yang tidak baku pada paragraf tersebut dan tuliskan bagaimana yang benar! ada yg tau ?


298

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

20 Oktober 2021 07:54

Jawaban terverifikasi

Hai Hirzan H. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah di dalam bahasa Indonesia dan dapat ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kata baku tidak dipengaruhi dengan dialek daerah, tidak dipengaruhi bahasa asing, dan bukan bahasa keseharian dalam ragam nonformal. Kata tidak baku adalah kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Contoh: lemari (bentuk baku) dan almari (tidak baku). Kalimat-kalimat pada kutipan teks di atas banyak menggunakan kata-kata tidak baku, yakni resiko, cuman, jatoh. Kata-kata ini baiknya diganti menjadi risiko, hanya, dan jatuh. Dengan demikian, kata yang tidak baku pada paragraf tersebut ialah resiko, cuman, dan jatoh.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Assalamu’alaikum Wr. Wb Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haq-Nya. Perhatikan kalimat berikut! Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini. Kalimat tersebut termasuk …. A. salam pembuka B. ucapan terima kasih C. pengenalan topik D. tema E. judul

513

0.0

Jawaban terverifikasi