Nayla W

13 Maret 2024 11:41

Iklan

Iklan

Nayla W

13 Maret 2024 11:41

Pertanyaan

1. Sebutkan nama-nama spesies dari alga biru? 2. Sebutkan contoh dari filum Nemathelminthes dan Echinodermata! 3. Apa aturan yang digunakan dalam tata nama penulisan spesies? 4. Sebutkan struktur dari alga biru? 5. Sebutkan contoh dari gymnospermae dan angiospermae?


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Maret 2024 01:00

Jawaban terverifikasi

<p>1. Nama-nama spesies dari alga biru (Cyanobacteria) meliputi:</p><ul><li>Anabaena</li><li>Nostoc</li><li>Spirulina</li><li>Oscillatoria</li><li>Gloeocapsa</li></ul><p>&nbsp;</p><p>2. Contoh dari filum Nemathelminthes (cacing gelang) adalah cacing pita (Taenia solium). Contoh dari filum Echinodermata adalah bintang laut (Asterias) dan teripang (Holothuroidea).</p><p>&nbsp;</p><p>3. Aturan dalam tata nama penulisan spesies mengikuti nomenklatur binomial yang dikemukakan oleh Carolus Linnaeus. Nama spesies terdiri dari dua kata, yaitu nama genus dan nama spesifik (epithet spesifik), yang ditulis dalam huruf miring atau dicetak tebal. Contoh: Homosapiens (manusia bijaksana), Panthera leo (singa).</p><p>&nbsp;</p><p>4. Struktur dari alga biru (Cyanobacteria) meliputi:</p><ul><li>Sel prokariotik (tidak memiliki inti sel).</li><li>Memiliki pigmen fotosintetik seperti klorofil a, tetapi juga dapat mengandung pigmen tambahan seperti fikosianin yang memberikan warna biru-hijau.</li><li>Beberapa spesies dapat membentuk koloni yang disebut trichome.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>5. Contoh dari gymnospermae adalah pinus (Pinus sp.), sedangkan contoh dari angiospermae adalah bunga mawar (Rosa sp.) dan padi (Oryza sativa).</p>

1. Nama-nama spesies dari alga biru (Cyanobacteria) meliputi:

  • Anabaena
  • Nostoc
  • Spirulina
  • Oscillatoria
  • Gloeocapsa

 

2. Contoh dari filum Nemathelminthes (cacing gelang) adalah cacing pita (Taenia solium). Contoh dari filum Echinodermata adalah bintang laut (Asterias) dan teripang (Holothuroidea).

 

3. Aturan dalam tata nama penulisan spesies mengikuti nomenklatur binomial yang dikemukakan oleh Carolus Linnaeus. Nama spesies terdiri dari dua kata, yaitu nama genus dan nama spesifik (epithet spesifik), yang ditulis dalam huruf miring atau dicetak tebal. Contoh: Homosapiens (manusia bijaksana), Panthera leo (singa).

 

4. Struktur dari alga biru (Cyanobacteria) meliputi:

  • Sel prokariotik (tidak memiliki inti sel).
  • Memiliki pigmen fotosintetik seperti klorofil a, tetapi juga dapat mengandung pigmen tambahan seperti fikosianin yang memberikan warna biru-hijau.
  • Beberapa spesies dapat membentuk koloni yang disebut trichome.

 

5. Contoh dari gymnospermae adalah pinus (Pinus sp.), sedangkan contoh dari angiospermae adalah bunga mawar (Rosa sp.) dan padi (Oryza sativa).


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

16 Maret 2024 13:54

Jawaban terverifikasi

<ol><li>Nama-nama spesies dari alga biru (Cyanobacteria) termasuk <i>Anabaena</i>, <i>Nostoc</i>, <i>Spirulina</i>, <i>Gloeocapsa</i>, dan <i>Microcystis</i>.</li><li>Contoh dari filum Nemathelminthes adalah cacing-gelang (Ascaris lumbricoides). Contoh dari filum Echinodermata adalah bintang laut (Asterias rubens) dan sea urchin (Strongylocentrotus purpuratus).</li><li>Aturan yang digunakan dalam tata nama penulisan spesies adalah menggunakan sistem penamaan binomial, di mana setiap spesies diberi nama genus diikuti oleh nama spesifik. Contoh: <i>Homo sapiens</i> (manusia).</li><li>Struktur dari alga biru meliputi sel-sel prokariotik bersifat uniseluler atau berbentuk koloni, seringkali dengan pigmen biru-hijau (fikosianin) yang memberikan warna biru yang khas. Mereka juga dapat memiliki struktur tambahan seperti heterosista, sel akinet, dan sel heterosit.</li><li>Contoh dari Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) adalah pinus (Pinus spp.) dan cemara (Cupressus spp.). Contoh dari Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup) adalah padi (Oryza sativa), mawar (Rosa spp.), dan mangga (Mangifera indica).</li></ol><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

  1. Nama-nama spesies dari alga biru (Cyanobacteria) termasuk Anabaena, Nostoc, Spirulina, Gloeocapsa, dan Microcystis.
  2. Contoh dari filum Nemathelminthes adalah cacing-gelang (Ascaris lumbricoides). Contoh dari filum Echinodermata adalah bintang laut (Asterias rubens) dan sea urchin (Strongylocentrotus purpuratus).
  3. Aturan yang digunakan dalam tata nama penulisan spesies adalah menggunakan sistem penamaan binomial, di mana setiap spesies diberi nama genus diikuti oleh nama spesifik. Contoh: Homo sapiens (manusia).
  4. Struktur dari alga biru meliputi sel-sel prokariotik bersifat uniseluler atau berbentuk koloni, seringkali dengan pigmen biru-hijau (fikosianin) yang memberikan warna biru yang khas. Mereka juga dapat memiliki struktur tambahan seperti heterosista, sel akinet, dan sel heterosit.
  5. Contoh dari Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) adalah pinus (Pinus spp.) dan cemara (Cupressus spp.). Contoh dari Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup) adalah padi (Oryza sativa), mawar (Rosa spp.), dan mangga (Mangifera indica).

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jawaban yang jelas dan benar! 1. Menurut kamu lebih baik menggunakan karet alam ataukah karet sintetis bila ditinjau dari ketersediaan bahannya? 2. Menurut kamu, kombinasi bahan karet apakah yang bisa dipakai sehingga dapat menghasilkan bahan baru yang memiliki sifat lentur tetapi kuat? 3. Jelaskan sifat-sifat serat alami yang kamu ketahui! 4. Jelaskan sifat karet alami yang kamu ketahui! 5. Menurut kamu apa kelemahan keramik bila dibandingkan dengan plastik?

12

5.0

Jawaban terverifikasi