Samuel W

28 Januari 2024 12:47

Iklan

Iklan

Samuel W

28 Januari 2024 12:47

Pertanyaan

1.dapatkah manusia hidup tanpa energi, jelaskan 2.mengapa energi fosil tidak dapat diperbarui dan merupakan energi yang dapat menyebabkan pencemaran udara 3.bagaimana proses perubahan energi angin menjadi energi listrik yang dimanfaatkan oleh negara belanda sebagai energi utama untuk menyedot air dari sungai ke laut 4.jelaskan mengapa air dan angin merupakan energi yang tidak pernah habis 5.apa yang dimaksud biodisel,dan apakah biodisel dapat dapat mencemarkan lingkungan 6.bagaimana proses perubahan energi cahaya atau matahari menjadi energi yang lain

1.dapatkah manusia hidup tanpa energi, jelaskan

2.mengapa energi fosil tidak dapat diperbarui dan merupakan energi yang dapat menyebabkan pencemaran udara

3.bagaimana proses perubahan energi angin menjadi energi listrik yang dimanfaatkan oleh negara belanda sebagai energi utama untuk menyedot air dari sungai ke laut

4.jelaskan mengapa air dan angin merupakan energi yang tidak pernah habis

5.apa yang dimaksud biodisel,dan apakah biodisel dapat dapat mencemarkan lingkungan

6.bagaimana proses perubahan energi cahaya atau matahari menjadi energi yang lain 


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

20 Februari 2024 15:05

Jawaban terverifikasi

<p><strong>1. Manusia dan Ketergantungan pada Energi:</strong> Manusia tidak dapat hidup tanpa energi. Energi diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh, termasuk proses metabolisme dan aktivitas fisik. Energi yang diperoleh manusia sebagian besar berasal dari makanan yang dikonsumsi, yang mengandung nutrisi yang kemudian diubah menjadi energi melalui proses metabolisme.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>2. Energi Fosil dan Pencemaran Udara:</strong></p><ul><li>Energi fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam terbentuk dalam waktu yang sangat lama dan tidak dapat diperbarui dalam skala waktu manusia. Ketika bahan bakar fosil dibakar untuk menghasilkan energi, ini menghasilkan emisi gas rumah kaca dan polutan udara, seperti karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (SO2), dan nitrogen oksida (NOx). Emisi ini dapat menyebabkan pencemaran udara dan perubahan iklim.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>3. Energi Angin untuk Penyedot Air di Belanda:</strong></p><ul><li>Di Belanda, energi angin dimanfaatkan melalui turbin angin untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik ini kemudian digunakan untuk mengoperasikan pompa air yang menyedot air dari sungai dan memompanya ke laut. Proses ini membantu mengatur tingkat air di sungai dan melindungi negara dari banjir.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>4. Air dan Angin sebagai Energi yang Tidak Pernah Habis:</strong></p><ul><li>Air dan angin termasuk dalam sumber energi terbarukan. Energi angin diperoleh dari pergerakan udara, sementara energi hidro termasuk dalam energi yang berasal dari aliran air. Proses siklus air dan dinamika atmosfer membuatnya menjadi sumber energi yang dapat diperbaharui secara alami.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>5. Biodiesel dan Dampak Lingkungan:</strong></p><ul><li>Biodiesel adalah bahan bakar yang dihasilkan dari sumber-sumber alami, seperti minyak nabati atau lemak hewani. Penggunaan biodiesel dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan bahan bakar fosil konvensional. Namun, produksi biodiesel dari tanaman dapat memiliki dampak lingkungan jika melibatkan deforestasi atau penggunaan lahan yang tidak berkelanjutan.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>6. Proses Konversi Energi Matahari:</strong></p><ul><li>Energi matahari dapat diubah menjadi berbagai bentuk energi melalui berbagai teknologi, termasuk panel surya fotovoltaik. Panel surya ini menangkap sinar matahari dan mengonversikannya menjadi energi listrik melalui efek fotovoltaik. Proses ini bersifat bersih dan berkelanjutan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polutan udara saat menghasilkan listrik.</li></ul>

1. Manusia dan Ketergantungan pada Energi: Manusia tidak dapat hidup tanpa energi. Energi diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh, termasuk proses metabolisme dan aktivitas fisik. Energi yang diperoleh manusia sebagian besar berasal dari makanan yang dikonsumsi, yang mengandung nutrisi yang kemudian diubah menjadi energi melalui proses metabolisme.

 

2. Energi Fosil dan Pencemaran Udara:

  • Energi fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam terbentuk dalam waktu yang sangat lama dan tidak dapat diperbarui dalam skala waktu manusia. Ketika bahan bakar fosil dibakar untuk menghasilkan energi, ini menghasilkan emisi gas rumah kaca dan polutan udara, seperti karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (SO2), dan nitrogen oksida (NOx). Emisi ini dapat menyebabkan pencemaran udara dan perubahan iklim.

 

3. Energi Angin untuk Penyedot Air di Belanda:

  • Di Belanda, energi angin dimanfaatkan melalui turbin angin untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik ini kemudian digunakan untuk mengoperasikan pompa air yang menyedot air dari sungai dan memompanya ke laut. Proses ini membantu mengatur tingkat air di sungai dan melindungi negara dari banjir.

 

4. Air dan Angin sebagai Energi yang Tidak Pernah Habis:

  • Air dan angin termasuk dalam sumber energi terbarukan. Energi angin diperoleh dari pergerakan udara, sementara energi hidro termasuk dalam energi yang berasal dari aliran air. Proses siklus air dan dinamika atmosfer membuatnya menjadi sumber energi yang dapat diperbaharui secara alami.

 

5. Biodiesel dan Dampak Lingkungan:

  • Biodiesel adalah bahan bakar yang dihasilkan dari sumber-sumber alami, seperti minyak nabati atau lemak hewani. Penggunaan biodiesel dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan bahan bakar fosil konvensional. Namun, produksi biodiesel dari tanaman dapat memiliki dampak lingkungan jika melibatkan deforestasi atau penggunaan lahan yang tidak berkelanjutan.

 

6. Proses Konversi Energi Matahari:

  • Energi matahari dapat diubah menjadi berbagai bentuk energi melalui berbagai teknologi, termasuk panel surya fotovoltaik. Panel surya ini menangkap sinar matahari dan mengonversikannya menjadi energi listrik melalui efek fotovoltaik. Proses ini bersifat bersih dan berkelanjutan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polutan udara saat menghasilkan listrik.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 April 2024 03:12

Jawaban terverifikasi

<ol><li>Manusia tidak dapat hidup tanpa energi. Energi diperlukan untuk menjalankan berbagai fungsi fisiologis dalam tubuh manusia, seperti pernapasan, pencernaan, gerakan otot, dan pemeliharaan suhu tubuh. Energi juga diperlukan untuk menjaga fungsi sistem saraf, termasuk fungsi otak dan sistem penglihatan. Tanpa energi, tubuh manusia tidak akan mampu bertahan hidup.</li><li>Energi fosil tidak dapat diperbarui karena proses pembentukannya memakan waktu yang sangat lama, jutaan tahun, dari sisa-sisa organisme yang telah mati dan terkubur dalam lapisan-lapisan tanah. Penggunaan energi fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, menyebabkan pencemaran udara karena pembakarannya menghasilkan emisi gas rumah kaca dan partikel-partikel polutan yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan manusia.</li><li>Proses perubahan energi angin menjadi energi listrik dimulai dengan penggunaan turbin angin yang dapat mengubah energi kinetik angin menjadi energi mekanik. Turbin angin tersebut terhubung ke generator listrik yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Di Belanda, energi angin dimanfaatkan untuk menyedot air dari sungai ke laut dengan menggunakan pompa angin, di mana energi listrik yang dihasilkan dari turbin angin digunakan untuk menggerakkan pompa-pompa tersebut.</li><li>Air dan angin merupakan energi yang tidak pernah habis karena keduanya adalah sumber energi yang terus-menerus diperbaharui oleh siklus alam. Proses penguapan air dari permukaan laut dan daratan, serta gerakan atmosfer yang disebabkan oleh perbedaan suhu dan tekanan udara, menjadikan angin dan air sebagai sumber energi yang tidak terbatas.</li><li>Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang diproduksi dari bahan-bahan organik, seperti minyak nabati atau lemak hewan. Meskipun biodiesel dianggap lebih ramah lingkungan daripada bahan bakar fosil karena menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah, tetapi proses produksi biodiesel juga dapat mencemarkan lingkungan jika tidak dilakukan dengan benar. Produksi biodiesel dapat menyebabkan deforestasi, perubahan penggunaan lahan, dan penggunaan air yang besar, serta limbah dan polusi air yang disebabkan oleh proses pemrosesan bahan baku.</li><li>Proses perubahan energi cahaya atau matahari menjadi energi yang lain, seperti energi listrik melalui panel surya, melibatkan penggunaan sel surya atau photovoltaic (PV) yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik melalui proses fotoelektrik. Ketika sinar matahari mengenai sel surya, elektron-elektron dalam sel tersebut dilepaskan, menciptakan arus listrik yang dapat digunakan untuk menggerakkan peralatan listrik. Proses ini merupakan contoh dari konversi langsung energi cahaya menjadi energi listrik.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

  1. Manusia tidak dapat hidup tanpa energi. Energi diperlukan untuk menjalankan berbagai fungsi fisiologis dalam tubuh manusia, seperti pernapasan, pencernaan, gerakan otot, dan pemeliharaan suhu tubuh. Energi juga diperlukan untuk menjaga fungsi sistem saraf, termasuk fungsi otak dan sistem penglihatan. Tanpa energi, tubuh manusia tidak akan mampu bertahan hidup.
  2. Energi fosil tidak dapat diperbarui karena proses pembentukannya memakan waktu yang sangat lama, jutaan tahun, dari sisa-sisa organisme yang telah mati dan terkubur dalam lapisan-lapisan tanah. Penggunaan energi fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, menyebabkan pencemaran udara karena pembakarannya menghasilkan emisi gas rumah kaca dan partikel-partikel polutan yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan manusia.
  3. Proses perubahan energi angin menjadi energi listrik dimulai dengan penggunaan turbin angin yang dapat mengubah energi kinetik angin menjadi energi mekanik. Turbin angin tersebut terhubung ke generator listrik yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Di Belanda, energi angin dimanfaatkan untuk menyedot air dari sungai ke laut dengan menggunakan pompa angin, di mana energi listrik yang dihasilkan dari turbin angin digunakan untuk menggerakkan pompa-pompa tersebut.
  4. Air dan angin merupakan energi yang tidak pernah habis karena keduanya adalah sumber energi yang terus-menerus diperbaharui oleh siklus alam. Proses penguapan air dari permukaan laut dan daratan, serta gerakan atmosfer yang disebabkan oleh perbedaan suhu dan tekanan udara, menjadikan angin dan air sebagai sumber energi yang tidak terbatas.
  5. Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang diproduksi dari bahan-bahan organik, seperti minyak nabati atau lemak hewan. Meskipun biodiesel dianggap lebih ramah lingkungan daripada bahan bakar fosil karena menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah, tetapi proses produksi biodiesel juga dapat mencemarkan lingkungan jika tidak dilakukan dengan benar. Produksi biodiesel dapat menyebabkan deforestasi, perubahan penggunaan lahan, dan penggunaan air yang besar, serta limbah dan polusi air yang disebabkan oleh proses pemrosesan bahan baku.
  6. Proses perubahan energi cahaya atau matahari menjadi energi yang lain, seperti energi listrik melalui panel surya, melibatkan penggunaan sel surya atau photovoltaic (PV) yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik melalui proses fotoelektrik. Ketika sinar matahari mengenai sel surya, elektron-elektron dalam sel tersebut dilepaskan, menciptakan arus listrik yang dapat digunakan untuk menggerakkan peralatan listrik. Proses ini merupakan contoh dari konversi langsung energi cahaya menjadi energi listrik.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Terdapat berbagai jenis sumber energi yang dapat dimanfaatkan saat ini. Sumber energi yang terbatas dan proses pergantian nya dalam kurun waktu yang lama sehingga pada akhirnya dapat habis adalah... A. Minyak bumi B. Gas alam C. Biogas D. Energi air E. Batu bara

14

0.0

Jawaban terverifikasi