I'M M

18 April 2024 09:58

Iklan

Iklan

I'M M

18 April 2024 09:58

Pertanyaan

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jawaban yang jelas dan benar! 1. Mengapa humus menyebabkan tanah menjadi subur? 2. Apakah yang dimaksud pelapukan fisika? 3. Sebutkan peranan tanah bagi keberlangsungan kehidupan! 4. Prinsip apakah yang dimanfaatkan organisme tanah agar gangguan pada tanah dapat terkendali? 5. Bagaimanakah peranan organisme tanah dalam membersihkan polutan?

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jawaban yang jelas dan benar! 

1. Mengapa humus menyebabkan tanah menjadi subur?

2. Apakah yang dimaksud pelapukan fisika? 

3. Sebutkan peranan tanah bagi keberlangsungan kehidupan! 

4. Prinsip apakah yang dimanfaatkan organisme tanah agar gangguan pada tanah dapat terkendali? 

5. Bagaimanakah peranan organisme tanah dalam membersihkan polutan? 


15

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

18 April 2024 12:45

Jawaban terverifikasi

<p>1. Humus merupakan jenis soil berkarakteristik sangat subur serta memiliki tekstur gembur. Inilah yang membuat humus sangat banyak dimanfaatkan di bidang pertanian. Humus sendiri merupakan salah satu dari jenis tanah yang terbentuk karena proses pelapukan dedaunan serta bagian pohon lainnya seperti batang pohon.</p><p>Humus memiliki kontribusi terbesar terhadap kebertahanan dan kesuburan tanah. Humus merupakan sumber makanan bagi tanaman dan akan berperan baik bagi pembentukan dan menjaga struktur tanah. Senyawa humus juga berperan dengan sangat <strong>memuaskan terutama dalam pengikatan bahan kimia toksik dalam tanah dan air.</strong></p><p><strong>2. </strong>Pelapukan fisika atau pelapukan mekanik merupakan pelapukan yang disebabkan oleh proses fisika. Pada proses ini batuan akan mengalami perubahan fisik baik bentuk maupun ukurannya. Pelapukan ini di sebut juga pelapukan mekanik sebab prosesnya berlangsung secara mekanik. biasanya disebabkan oleh suhu ataupun iklim.</p><p>3. Tanah merupakan rumah bagi berbagai makhluk hidup. Tanah menyediakan sumber makanan, unsur hara, energi, oksigen, dan air.<strong>Tanah</strong> menjadi ladang subur yang memberikan nutrisi esensial <strong>bagi</strong> tanaman tumbuh dan berkembang. Kandungan unsur hara seperti nitrogen, fosfor, dan kalium menjadi kunci vital <strong>bagi</strong> pertumbuhan tanaman.</p><p>4. Secara alami, organisme tanah memanfaatkan prinsip <strong>pengendalian biologis</strong>, sehingga organisme yang mengganggu tanah dapat terkendali dan dapat diurai.&nbsp;</p><p>5.Mikroorganisme tanah mampu berperan sebagai agen biologis pembersih polutan di dalam tanah. Beberapa bakteri mempunyai kemampuan untuk mengurai pestisida dan herbisida sehingga mencegah timbunan bahan-bahan kimia tersebut di dalam tanah ataupun bertugas untuk mengurai bahan atau zat kimia tersebut.</p><p>&nbsp;</p><p>semoga membantu ⭐</p><p>&nbsp;</p>

1. Humus merupakan jenis soil berkarakteristik sangat subur serta memiliki tekstur gembur. Inilah yang membuat humus sangat banyak dimanfaatkan di bidang pertanian. Humus sendiri merupakan salah satu dari jenis tanah yang terbentuk karena proses pelapukan dedaunan serta bagian pohon lainnya seperti batang pohon.

Humus memiliki kontribusi terbesar terhadap kebertahanan dan kesuburan tanah. Humus merupakan sumber makanan bagi tanaman dan akan berperan baik bagi pembentukan dan menjaga struktur tanah. Senyawa humus juga berperan dengan sangat memuaskan terutama dalam pengikatan bahan kimia toksik dalam tanah dan air.

2. Pelapukan fisika atau pelapukan mekanik merupakan pelapukan yang disebabkan oleh proses fisika. Pada proses ini batuan akan mengalami perubahan fisik baik bentuk maupun ukurannya. Pelapukan ini di sebut juga pelapukan mekanik sebab prosesnya berlangsung secara mekanik. biasanya disebabkan oleh suhu ataupun iklim.

3. Tanah merupakan rumah bagi berbagai makhluk hidup. Tanah menyediakan sumber makanan, unsur hara, energi, oksigen, dan air.Tanah menjadi ladang subur yang memberikan nutrisi esensial bagi tanaman tumbuh dan berkembang. Kandungan unsur hara seperti nitrogen, fosfor, dan kalium menjadi kunci vital bagi pertumbuhan tanaman.

4. Secara alami, organisme tanah memanfaatkan prinsip pengendalian biologis, sehingga organisme yang mengganggu tanah dapat terkendali dan dapat diurai. 

5.Mikroorganisme tanah mampu berperan sebagai agen biologis pembersih polutan di dalam tanah. Beberapa bakteri mempunyai kemampuan untuk mengurai pestisida dan herbisida sehingga mencegah timbunan bahan-bahan kimia tersebut di dalam tanah ataupun bertugas untuk mengurai bahan atau zat kimia tersebut.

 

semoga membantu ⭐

 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 April 2024 10:13

Jawaban terverifikasi

<ol><li>Humus menyebabkan tanah menjadi subur karena humus mengandung banyak bahan organik yang terdekomposisi, seperti sisa-sisa tumbuhan dan mikroorganisme mati. Bahan organik ini meningkatkan kandungan bahan organik dalam tanah, meningkatkan kemampuan tanah untuk menyimpan air dan nutrisi, serta meningkatkan struktur tanah dan aktivitas mikroba yang penting untuk pertumbuhan tanaman.</li><li>Pelapukan fisika adalah proses penguraihan batuan oleh faktor fisik seperti perubahan suhu, pengaruh air, angin, atau gletser tanpa adanya perubahan komposisi kimia batuan tersebut. Contohnya adalah retakan batuan karena perubahan suhu, pengikisan oleh air, dan abrasi oleh angin.</li><li>Peranan tanah bagi keberlangsungan kehidupan sangat penting. Tanah menyediakan tempat tinggal bagi berbagai organisme, menyediakan nutrisi bagi tanaman, menyaring air, dan menyimpan air serta karbon. Selain itu, tanah juga berperan dalam siklus nutrisi dan menjaga keseimbangan ekosistem.</li><li>Organisme tanah memanfaatkan prinsip pertanian organik, di mana penggunaan pupuk organik dan teknik penanaman tertentu membantu meningkatkan kesehatan tanah secara alami. Dengan meningkatkan kesuburan tanah dan keberagaman hayati, organisme tanah dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem dan mengendalikan gangguan pada tanah.</li><li>Organisme tanah memiliki kemampuan untuk membersihkan polutan melalui proses bioremediasi. Bakteri, fungi, dan cacing tanah dapat memecah atau mengubah zat-zat polutan menjadi bentuk yang kurang berbahaya atau tidak berbahaya. Mereka juga dapat menyerap polutan melalui proses biosorpsi, menjadikan polutan terikat dalam struktur organisme tanah sehingga tidak mencemari lingkungan.</li></ol>

  1. Humus menyebabkan tanah menjadi subur karena humus mengandung banyak bahan organik yang terdekomposisi, seperti sisa-sisa tumbuhan dan mikroorganisme mati. Bahan organik ini meningkatkan kandungan bahan organik dalam tanah, meningkatkan kemampuan tanah untuk menyimpan air dan nutrisi, serta meningkatkan struktur tanah dan aktivitas mikroba yang penting untuk pertumbuhan tanaman.
  2. Pelapukan fisika adalah proses penguraihan batuan oleh faktor fisik seperti perubahan suhu, pengaruh air, angin, atau gletser tanpa adanya perubahan komposisi kimia batuan tersebut. Contohnya adalah retakan batuan karena perubahan suhu, pengikisan oleh air, dan abrasi oleh angin.
  3. Peranan tanah bagi keberlangsungan kehidupan sangat penting. Tanah menyediakan tempat tinggal bagi berbagai organisme, menyediakan nutrisi bagi tanaman, menyaring air, dan menyimpan air serta karbon. Selain itu, tanah juga berperan dalam siklus nutrisi dan menjaga keseimbangan ekosistem.
  4. Organisme tanah memanfaatkan prinsip pertanian organik, di mana penggunaan pupuk organik dan teknik penanaman tertentu membantu meningkatkan kesehatan tanah secara alami. Dengan meningkatkan kesuburan tanah dan keberagaman hayati, organisme tanah dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem dan mengendalikan gangguan pada tanah.
  5. Organisme tanah memiliki kemampuan untuk membersihkan polutan melalui proses bioremediasi. Bakteri, fungi, dan cacing tanah dapat memecah atau mengubah zat-zat polutan menjadi bentuk yang kurang berbahaya atau tidak berbahaya. Mereka juga dapat menyerap polutan melalui proses biosorpsi, menjadikan polutan terikat dalam struktur organisme tanah sehingga tidak mencemari lingkungan.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jawaban yang jelas dan benar! 1. Menurut kamu lebih baik menggunakan karet alam ataukah karet sintetis bila ditinjau dari ketersediaan bahannya? 2. Menurut kamu, kombinasi bahan karet apakah yang bisa dipakai sehingga dapat menghasilkan bahan baru yang memiliki sifat lentur tetapi kuat? 3. Jelaskan sifat-sifat serat alami yang kamu ketahui! 4. Jelaskan sifat karet alami yang kamu ketahui! 5. Menurut kamu apa kelemahan keramik bila dibandingkan dengan plastik?

11

5.0

Jawaban terverifikasi