Sunshine F

12 Juni 2024 06:57

Iklan

Iklan

Sunshine F

12 Juni 2024 06:57

Pertanyaan

Di dalam suatu proses pengendapan air laut diperoleh 87 gram Mg(OH) 2 (Mr Mg(OH) 2 = 58) kemudian direaksikan dengan larutan HCI 4 M sebanyak 1 liter. Tentukan Benar atau Salah pada pernyataan dibawah ini terkait data dibawah ini! A. Semua Magnesium Hidroksida habis menjadi magnesium klorida dan kelebihan larutan asam klorida. B. Semua asam klorida habis bereaksi dan tersisa padatan Magnesium Hidroksida. C. Magnesium Hidroksida dan asam klorida keduanya tepat habis bereaksi membentuk Magnesium Klorida. D. Magnesium Hidroksida dan asam klorida keduanya tidak habis bereaksi membentuk Magnesium Klorida. E. Hanya sebagian Magnesium hidroksida yang membentuk Magnesium Klorida karena volume larutan asam klorida tidak cukup.

Di dalam suatu proses pengendapan air laut diperoleh 87 gram Mg(OH)2 (Mr Mg(OH)2

= 58) kemudian direaksikan dengan larutan HCI 4 M sebanyak 1 liter.

 

Tentukan Benar atau Salah pada pernyataan dibawah ini terkait data dibawah ini!

A. Semua Magnesium Hidroksida habis menjadi magnesium klorida dan kelebihan larutan asam klorida.

B. Semua asam klorida habis bereaksi dan tersisa padatan Magnesium Hidroksida.

C. Magnesium Hidroksida dan asam klorida keduanya tepat habis bereaksi membentuk Magnesium Klorida.

D. Magnesium Hidroksida dan asam klorida keduanya tidak habis bereaksi membentuk Magnesium Klorida. 

E. Hanya sebagian Magnesium hidroksida yang membentuk Magnesium Klorida karena volume larutan asam klorida tidak cukup.


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kesya N

14 Juni 2024 12:19

Jawaban terverifikasi

<p>jawaban &nbsp;yang paling tepat adalah C</p><p>&nbsp;</p><p>penjelasannya:&nbsp;</p><p>•Jumlah mol Mg(OH)2 : 87 gram / 58 g/mol = 1.5 mol</p><p>•Jumlah mol HCl : 1 liter * 4 mol/liter = 4 mol</p><p>•Perbandingan mol : Mg(OH)2 : HCl = 1.5:4 =3:8</p><p>•stoikiometri:</p><p>° Reaksi Mg(OH)2 dan HCl membutuhkan perbandingan mol 1:2</p><p>° Dalam kasus ini, perbandingan mol Mg(OH)2 DAN HCl adalah 3:8, yang berarti Mg(OH)2 dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan yang dibutuhkan secara stoikiometri.</p><p>&nbsp;</p><p>•kesimpulannya:&nbsp;</p><p>° Asam klorida (HCl) cukup untuk mereaksikan semua magnesium hidroksida (Mg(OH)2).</p><p>° Terjadi reaksi stoikiometri lengkap, menghasilkan magnesium hidroksida (Mg(OH)2) dan air (H2O)</p><p>°tidak ada sisa Mg(OH)2 atau HCl.</p><p>&nbsp;</p><p>oleh karena itu, pernyataan C adalah yang paling tepat</p>

jawaban  yang paling tepat adalah C

 

penjelasannya: 

•Jumlah mol Mg(OH)2 : 87 gram / 58 g/mol = 1.5 mol

•Jumlah mol HCl : 1 liter * 4 mol/liter = 4 mol

•Perbandingan mol : Mg(OH)2 : HCl = 1.5:4 =3:8

•stoikiometri:

° Reaksi Mg(OH)2 dan HCl membutuhkan perbandingan mol 1:2

° Dalam kasus ini, perbandingan mol Mg(OH)2 DAN HCl adalah 3:8, yang berarti Mg(OH)2 dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan yang dibutuhkan secara stoikiometri.

 

•kesimpulannya: 

° Asam klorida (HCl) cukup untuk mereaksikan semua magnesium hidroksida (Mg(OH)2).

° Terjadi reaksi stoikiometri lengkap, menghasilkan magnesium hidroksida (Mg(OH)2) dan air (H2O)

°tidak ada sisa Mg(OH)2 atau HCl.

 

oleh karena itu, pernyataan C adalah yang paling tepat


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

18 Juni 2024 12:43

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah C, yaitu Magnesium Hidroksida dan asam klorida keduanya tepat habis bereaksi membentuk Magnesium Klorida. Alasannya adalah sebagai berikut: * Jumlah Magnesium Hidroksida yang direaksikan: * Mol Mg(OH)2 = 87 g / 58 g/mol = 1.5 mol * Jumlah Asam Klorida yang direaksikan: * Mol HCl = 1 L * 4 M = 4 mol * Perbandingan mol: * Mg(OH)2 : HCl = 1.5 mol : 4 mol = 3 : 8 * Reaksi kimia yang terjadi: * Mg(OH)2 + 2HCl → MgCl2 + 2H2O * Stoikiometri: * Dari reaksi kimia di atas, terlihat bahwa 1 mol Mg(OH)2 bereaksi dengan 2 mol HCl. * Dalam kasus ini, terdapat 1.5 mol Mg(OH)2 dan 4 mol HCl. * Karena perbandingan mol Mg(OH)2 dan HCl adalah 3 : 8, maka 1.5 mol Mg(OH)2 akan bereaksi dengan semua 4 mol HCl. * Kesimpulan: * Magnesium Hidroksida dan asam klorida keduanya tepat habis bereaksi membentuk Magnesium Klorida. Jawaban A, B, D, dan E salah karena alasan berikut: * Jawaban A: * Jawaban ini salah karena tidak memperhitungkan semua Asam Klorida yang direaksikan. * Dalam kasus ini, terdapat 4 mol Asam Klorida, dan semua Asam Klorida ini akan bereaksi dengan Magnesium Hidroksida. * Jawaban B: * Jawaban ini salah karena tidak memperhitungkan semua Magnesium Hidroksida yang direaksikan. * Dalam kasus ini, terdapat 1.5 mol Magnesium Hidroksida, dan semua Magnesium Hidroksida ini akan bereaksi dengan Asam Klorida. * Jawaban D: * Jawaban ini salah karena tidak memperhitungkan stoikiometri reaksi kimia. * Dalam reaksi kimia Mg(OH)2 dan HCl, 1 mol Mg(OH)2 bereaksi dengan 2 mol HCl. * Dalam kasus ini, terdapat 1.5 mol Mg(OH)2 dan 4 mol HCl. * Karena perbandingan mol Mg(OH)2 dan HCl adalah 3 : 8, maka 1.5 mol Mg(OH)2 akan bereaksi dengan semua 4 mol HCl. * Jawaban E: * Jawaban ini salah karena tidak memperhitungkan semua Asam Klorida yang direaksikan. * Dalam kasus ini, terdapat 4 mol Asam Klorida, dan semua Asam Klorida ini akan bereaksi dengan Magnesium Hidroksida. Semoga penjelasan ini membantu!


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Logam magnesium (Mg) direaksikan dengan asam klorida 0,1M menurut persamaan reaksi berikut. Mg(s) + HCI(aq) ----&gt; MgCI2(aq) + H2(g) (belum setara) Jika HCI yang direaksikan volume 20 ML maka a. berapa gram Mg yang dibutuhkan agar habis bereaksi b. berapa kemolaran larutan MgCI2 yang terbentuk?

50

4.5

Jawaban terverifikasi