Jabbar V

14 Juli 2024 14:32

Iklan

Jabbar V

14 Juli 2024 14:32

Pertanyaan

1) Apa yang dimaksud dengan soal pilihan ganda? Berikan contoh jika perlu dan cantumkan tingkat kesulitannya! 2) Setiap soal pilihan ganda ada tiga tipe yaitu LOTS, MOTS, dan HOTS. Tiga tipe ini terbagi lagi menjadi 10 tingkat kesulitan : LOTS = Very Easy, Easy & Some What Easy. MOTS = Some What Medium & Normal/Medium. HOTS = Some What Hard, Hard, Very Hard, Extremely hard, & Nearly Impossible. Apa menurut kalian sesuai tingkat kesulitan dalam soal pilihan ganda? Tuliskan level tingkat kesulitan berdasarkan urutan soal PG nomor 1-40! (Jika ada) 3) Di buku pelajaran sekolah belum ada cantum tingkat kesulitan di soal pilihan ganda. Bahkan soal MTK gak ada cantum tingkat kesulitan. Banyak siswa yang sampai sulit untuk jawab. karena hampir semua soal di SMP-SMA terasa sulit. Ditambah lagi kalau lagi ujian akhir tahun, semua soal ini beneran memakan banyak pikiran. Kalau kalian berpikir soal bervariasi, apa jadinya kalau semua soal disesuaikan dengan cara yang lebih bervarias, dan ada yang dirasakan oleh siswa tersebut? ​

1) Apa yang dimaksud dengan soal pilihan ganda? Berikan contoh jika perlu dan cantumkan tingkat kesulitannya! 


2) Setiap soal pilihan ganda ada tiga tipe yaitu LOTS, MOTS, dan HOTS. Tiga tipe ini terbagi lagi menjadi 10 tingkat kesulitan :
LOTS = Very Easy, Easy & Some What Easy. 
MOTS = Some What Medium & Normal/Medium.
HOTS = Some What Hard, Hard, Very Hard, Extremely hard, & Nearly Impossible. 
Apa menurut kalian sesuai tingkat kesulitan dalam soal pilihan ganda? 

Tuliskan level tingkat kesulitan berdasarkan urutan soal PG nomor 1-40! (Jika ada) 


3) Di buku pelajaran sekolah belum ada cantum tingkat kesulitan di soal pilihan ganda. Bahkan soal MTK gak ada cantum tingkat kesulitan. Banyak siswa yang sampai sulit untuk jawab. karena hampir semua soal di SMP-SMA terasa sulit. Ditambah lagi kalau lagi ujian akhir tahun, semua soal ini beneran memakan banyak pikiran. Kalau kalian berpikir soal bervariasi, apa jadinya kalau semua soal disesuaikan dengan cara yang lebih bervarias, dan ada yang dirasakan oleh siswa tersebut? ​

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

23

:

51

:

33

Klaim

9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Muhamad H

15 Juli 2024 18:31

Jawaban terverifikasi

<h2>Soal Pilihan Ganda: Pengertian, Tingkat Kesulitan, dan Tantangan</h2><p><strong>1) Pengertian Soal Pilihan Ganda</strong></p><p>Soal pilihan ganda (PG) adalah jenis soal evaluasi yang menyajikan pertanyaan atau kasus tertentu, diikuti dengan beberapa pilihan jawaban, di mana hanya satu jawaban yang benar. Siswa diminta memilih jawaban yang paling tepat menurut pemahaman mereka. Soal PG umum digunakan dalam berbagai tes, mulai dari ujian sekolah hingga tes standardisasi.</p><p><strong>Contoh Soal PG dengan Tingkat Kesulitan:</strong></p><p><strong>Soal:</strong> Ibu memiliki 20 apel. Dia memberikan 5 apel kepada Ani, 3 apel kepada Budi, dan 7 apel kepada Cici. Berapa apel yang tersisa?</p><p><strong>Pilihan Jawaban:</strong> (A) 2 apel (B) 5 apel (C) 10 apel (D) 15 apel</p><p><strong>Tingkat Kesulitan:</strong> Mudah</p><p><strong>Alasan:</strong> Soal ini hanya membutuhkan operasi penjumlahan sederhana untuk menyelesaikannya.</p><p><strong>2) Tingkat Kesulitan Soal PG:</strong></p><p><strong>LOTS (Low Order Thinking Skills):</strong></p><ul><li><strong>Very Easy:</strong> Pengetahuan dasar, hafalan, pemahaman literal</li><li><strong>Easy:</strong> Pemahaman konseptual dasar, aplikasi pengetahuan</li><li><strong>Somewhat Easy:</strong> Analisis sederhana, identifikasi pola</li></ul><p><strong>MOTS (Medium Order Thinking Skills):</strong></p><ul><li><strong>Somewhat Medium:</strong> Interpretasi, perbandingan, klasifikasi</li><li><strong>Normal/Medium:</strong> Aplikasi konsep dalam situasi baru, pemecahan masalah sederhana</li></ul><p><strong>HOTS (High Order Thinking Skills):</strong></p><ul><li><strong>Somewhat Hard:</strong> Analisis kritis, evaluasi, sintesis</li><li><strong>Hard:</strong> Pemecahan masalah kompleks, penciptaan ide baru</li><li><strong>Very Hard:</strong> Penilaian, argumen, penalaran abstrak</li><li><strong>Extremely Hard:</strong> Kreativitas tingkat tinggi, pemecahan masalah non-rutin</li><li><strong>Nearly Impossible:</strong> Orisinalitas, terobosan baru</li></ul><p><strong>3) Tantangan Soal PG di Sekolah:</strong></p><ul><li><strong>Kurangnya Tingkat Kesulitan yang Jelas:</strong> Buku pelajaran dan soal matematika di sekolah umumnya tidak mencantumkan tingkat kesulitan soal PG. Hal ini dapat membingungkan siswa dan membuat mereka kesulitan dalam memilih strategi penyelesaian yang tepat.</li><li><strong>Kesulitan Beragam:</strong> Tingkat kesulitan soal PG di sekolah bisa bervariasi, dengan beberapa soal yang terlalu mudah dan beberapa lainnya terlalu sulit. Hal ini dapat membuat siswa frustrasi dan berakibat pada performa yang buruk dalam ujian.</li></ul><p>&nbsp;</p>

Soal Pilihan Ganda: Pengertian, Tingkat Kesulitan, dan Tantangan

1) Pengertian Soal Pilihan Ganda

Soal pilihan ganda (PG) adalah jenis soal evaluasi yang menyajikan pertanyaan atau kasus tertentu, diikuti dengan beberapa pilihan jawaban, di mana hanya satu jawaban yang benar. Siswa diminta memilih jawaban yang paling tepat menurut pemahaman mereka. Soal PG umum digunakan dalam berbagai tes, mulai dari ujian sekolah hingga tes standardisasi.

Contoh Soal PG dengan Tingkat Kesulitan:

Soal: Ibu memiliki 20 apel. Dia memberikan 5 apel kepada Ani, 3 apel kepada Budi, dan 7 apel kepada Cici. Berapa apel yang tersisa?

Pilihan Jawaban: (A) 2 apel (B) 5 apel (C) 10 apel (D) 15 apel

Tingkat Kesulitan: Mudah

Alasan: Soal ini hanya membutuhkan operasi penjumlahan sederhana untuk menyelesaikannya.

2) Tingkat Kesulitan Soal PG:

LOTS (Low Order Thinking Skills):

  • Very Easy: Pengetahuan dasar, hafalan, pemahaman literal
  • Easy: Pemahaman konseptual dasar, aplikasi pengetahuan
  • Somewhat Easy: Analisis sederhana, identifikasi pola

MOTS (Medium Order Thinking Skills):

  • Somewhat Medium: Interpretasi, perbandingan, klasifikasi
  • Normal/Medium: Aplikasi konsep dalam situasi baru, pemecahan masalah sederhana

HOTS (High Order Thinking Skills):

  • Somewhat Hard: Analisis kritis, evaluasi, sintesis
  • Hard: Pemecahan masalah kompleks, penciptaan ide baru
  • Very Hard: Penilaian, argumen, penalaran abstrak
  • Extremely Hard: Kreativitas tingkat tinggi, pemecahan masalah non-rutin
  • Nearly Impossible: Orisinalitas, terobosan baru

3) Tantangan Soal PG di Sekolah:

  • Kurangnya Tingkat Kesulitan yang Jelas: Buku pelajaran dan soal matematika di sekolah umumnya tidak mencantumkan tingkat kesulitan soal PG. Hal ini dapat membingungkan siswa dan membuat mereka kesulitan dalam memilih strategi penyelesaian yang tepat.
  • Kesulitan Beragam: Tingkat kesulitan soal PG di sekolah bisa bervariasi, dengan beberapa soal yang terlalu mudah dan beberapa lainnya terlalu sulit. Hal ini dapat membuat siswa frustrasi dan berakibat pada performa yang buruk dalam ujian.

 


Iklan

Nayla W

Community

29 Juli 2024 08:03

<p>### 1) Apa yang dimaksud dengan soal pilihan ganda? Berikan contoh jika perlu dan cantumkan tingkat kesulitannya!</p><p>Soal pilihan ganda adalah jenis soal ujian yang menyediakan beberapa jawaban (biasanya 4-5 pilihan) dan meminta peserta ujian untuk memilih jawaban yang benar dari pilihan yang diberikan. Contoh soal pilihan ganda dan tingkat kesulitannya:</p><p>**Contoh Soal Pilihan Ganda:**</p><p>**Matematika (Tingkat Kesulitan: Easy)**</p><p>Berapa hasil dari 2 + 2?<br>a) 3 &nbsp;<br>b) 4 &nbsp;<br>c) 5 &nbsp;<br>d) 6</p><p>Jawaban yang benar adalah b) 4.</p><p>### 2) Tingkat Kesulitan Soal Pilihan Ganda</p><p>Tingkat kesulitan dalam soal pilihan ganda dapat diklasifikasikan menjadi tiga tipe: LOTS, MOTS, dan HOTS. Berikut adalah penjelasan dan pembagian tingkat kesulitannya:</p><p>- **LOTS (Lower Order Thinking Skills):** Menguji pemahaman dasar dan hafalan.<br>&nbsp;- Very Easy<br>&nbsp;- Easy<br>&nbsp;- Somewhat Easy</p><p>- **MOTS (Middle Order Thinking Skills):** Menguji kemampuan analisis dan aplikasi konsep.<br>&nbsp;- Somewhat Medium<br>&nbsp;- Normal/Medium</p><p>- **HOTS (Higher Order Thinking Skills):** Menguji kemampuan evaluasi dan sintesis.<br>&nbsp;- Somewhat Hard<br>&nbsp;- Hard<br>&nbsp;- Very Hard<br>&nbsp;- Extremely Hard<br>&nbsp;- Nearly Impossible</p><p>### 3) Level Tingkat Kesulitan Berdasarkan Urutan Soal PG Nomor 1-40</p><p>Mengurutkan tingkat kesulitan soal PG nomor 1-40 tanpa soal spesifik adalah tantangan tersendiri. Namun, berikut adalah contoh urutan berdasarkan asumsi tingkat kesulitan yang bervariasi:</p><p>1. Very Easy<br>2. Easy<br>3. Somewhat Easy<br>4. Somewhat Easy<br>5. Easy<br>6. Very Easy<br>7. Somewhat Medium<br>8. Normal/Medium<br>9. Somewhat Medium<br>10. Normal/Medium<br>11. Somewhat Hard<br>12. Hard<br>13. Very Hard<br>14. Somewhat Medium<br>15. Normal/Medium<br>16. Somewhat Hard<br>17. Hard<br>18. Very Hard<br>19. Extremely Hard<br>20. Nearly Impossible<br>21. Easy<br>22. Somewhat Easy<br>23. Very Easy<br>24. Somewhat Medium<br>25. Normal/Medium<br>26. Somewhat Medium<br>27. Normal/Medium<br>28. Somewhat Hard<br>29. Hard<br>30. Very Hard<br>31. Extremely Hard<br>32. Nearly Impossible<br>33. Easy<br>34. Somewhat Easy<br>35. Very Easy<br>36. Somewhat Medium<br>37. Normal/Medium<br>38. Somewhat Medium<br>39. Normal/Medium<br>40. Somewhat Hard</p><p>### 4) Soal MTK dan Tingkat Kesulitannya</p><p>Buku pelajaran sekolah umumnya tidak mencantumkan tingkat kesulitan secara eksplisit pada soal pilihan ganda. Hal ini dapat membuat siswa merasa kesulitan, terutama pada mata pelajaran seperti matematika. Jika soal-soal ujian diberikan dengan variasi tingkat kesulitan yang disesuaikan, siswa dapat merasa lebih nyaman dan termotivasi. Misalnya, beberapa soal dengan tingkat kesulitan LOTS di awal, diikuti oleh MOTS, dan diakhiri dengan HOTS, dapat membantu siswa untuk mengatur waktu dan strategi menjawab.</p><p>Berikut adalah contoh implementasi dalam ujian:</p><p>1. **LOTS (Nomor 1-10)**: Menguji konsep dasar dan hafalan.<br>2. **MOTS (Nomor 11-25)**: Menguji aplikasi dan analisis.<br>3. **HOTS (Nomor 26-40)**: Menguji evaluasi dan sintesis.</p><p>Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah mengerjakan soal sesuai dengan tingkat kemampuan mereka, dan soal ujian menjadi lebih adil dan terstruktur.</p>

### 1) Apa yang dimaksud dengan soal pilihan ganda? Berikan contoh jika perlu dan cantumkan tingkat kesulitannya!

Soal pilihan ganda adalah jenis soal ujian yang menyediakan beberapa jawaban (biasanya 4-5 pilihan) dan meminta peserta ujian untuk memilih jawaban yang benar dari pilihan yang diberikan. Contoh soal pilihan ganda dan tingkat kesulitannya:

**Contoh Soal Pilihan Ganda:**

**Matematika (Tingkat Kesulitan: Easy)**

Berapa hasil dari 2 + 2?
a) 3  
b) 4  
c) 5  
d) 6

Jawaban yang benar adalah b) 4.

### 2) Tingkat Kesulitan Soal Pilihan Ganda

Tingkat kesulitan dalam soal pilihan ganda dapat diklasifikasikan menjadi tiga tipe: LOTS, MOTS, dan HOTS. Berikut adalah penjelasan dan pembagian tingkat kesulitannya:

- **LOTS (Lower Order Thinking Skills):** Menguji pemahaman dasar dan hafalan.
 - Very Easy
 - Easy
 - Somewhat Easy

- **MOTS (Middle Order Thinking Skills):** Menguji kemampuan analisis dan aplikasi konsep.
 - Somewhat Medium
 - Normal/Medium

- **HOTS (Higher Order Thinking Skills):** Menguji kemampuan evaluasi dan sintesis.
 - Somewhat Hard
 - Hard
 - Very Hard
 - Extremely Hard
 - Nearly Impossible

### 3) Level Tingkat Kesulitan Berdasarkan Urutan Soal PG Nomor 1-40

Mengurutkan tingkat kesulitan soal PG nomor 1-40 tanpa soal spesifik adalah tantangan tersendiri. Namun, berikut adalah contoh urutan berdasarkan asumsi tingkat kesulitan yang bervariasi:

1. Very Easy
2. Easy
3. Somewhat Easy
4. Somewhat Easy
5. Easy
6. Very Easy
7. Somewhat Medium
8. Normal/Medium
9. Somewhat Medium
10. Normal/Medium
11. Somewhat Hard
12. Hard
13. Very Hard
14. Somewhat Medium
15. Normal/Medium
16. Somewhat Hard
17. Hard
18. Very Hard
19. Extremely Hard
20. Nearly Impossible
21. Easy
22. Somewhat Easy
23. Very Easy
24. Somewhat Medium
25. Normal/Medium
26. Somewhat Medium
27. Normal/Medium
28. Somewhat Hard
29. Hard
30. Very Hard
31. Extremely Hard
32. Nearly Impossible
33. Easy
34. Somewhat Easy
35. Very Easy
36. Somewhat Medium
37. Normal/Medium
38. Somewhat Medium
39. Normal/Medium
40. Somewhat Hard

### 4) Soal MTK dan Tingkat Kesulitannya

Buku pelajaran sekolah umumnya tidak mencantumkan tingkat kesulitan secara eksplisit pada soal pilihan ganda. Hal ini dapat membuat siswa merasa kesulitan, terutama pada mata pelajaran seperti matematika. Jika soal-soal ujian diberikan dengan variasi tingkat kesulitan yang disesuaikan, siswa dapat merasa lebih nyaman dan termotivasi. Misalnya, beberapa soal dengan tingkat kesulitan LOTS di awal, diikuti oleh MOTS, dan diakhiri dengan HOTS, dapat membantu siswa untuk mengatur waktu dan strategi menjawab.

Berikut adalah contoh implementasi dalam ujian:

1. **LOTS (Nomor 1-10)**: Menguji konsep dasar dan hafalan.
2. **MOTS (Nomor 11-25)**: Menguji aplikasi dan analisis.
3. **HOTS (Nomor 26-40)**: Menguji evaluasi dan sintesis.

Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah mengerjakan soal sesuai dengan tingkat kemampuan mereka, dan soal ujian menjadi lebih adil dan terstruktur.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara kebaikan dan keburukan? Sebutkan dan jelaskan : • Beberapa contoh dari kebaikan dan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan kebaikan! 2) Di sebuah Sekolah Dasar, Si Akbar datang terlambat. Guru killer pun memukul siswa dengan penggaris kayu sampai 10x. Siswa lain hanya ketawa melihat tanpa ada kecurigaan pada situasi ini. Padahal Akbar ini lahir dari keluarga miskin. Setiap hari, Akbar harus membantu orang tua dalam waktu yang sangat banyak. Hari ke dua sampai hari ke lima, guru killer pun terus memukul Akbar sampai 50x. Siswa lain merasa khawatir, bahwa memukul sebanyak ini sangat tidak manusiawi dilakukan. Namun Guru killer tidak habis pikir, kenapa Akbar selalu terlambat sekolah. Setelah lebih dari 5 hari, guru killer mengikuti Akbar yang sedang pulang. Alangkah terkejutnya, bahwa Akbar banyak membantu orang tua kegiatan. Karena Orang tua sudah lansia. Guru killer pun sadar dan menyesal atas perbuatan itu. Tiba-tiba siswa sekelas Akbar datang menghampiri. Siswa lain merasa kaget dan siswa merasa tidak adil dengan guru killer. Keesokan harinya, saat guru killer masuk kelas. Disambut oleh kemarahan siswa lain, karena guru killer dianggap telah mencemarkan nama baik Akbar yang hidup miskin, ditambah lagi siswa mengganggap guru sebagai monster killer dan harus dipukul. Pada akhirnya siswa lain menghajar guru habis-habisan sampai gurunya menangis. Pada saat Akbar terlambat ke kelas melihat siswa lain mengeroyok Guru Killer, Akbar pun merasa bahwa Guru Killer tidak sejahat itu. Berdasarkan cerita diatas, apa dan bagaimana : • Penyebab guru killer tega memukul Akbar tanpa sebab! • Persamaan antara guru killer dan siswa lain terhadap Akbar? • Guru dianggap sebagai monster killer? jelaskan! • Rasanya jika Guru killer dikeroyok sama siswa lain? • Cara mengatasi agar guru killer dan siswa bisa diselesaikan secara damai? Jelaskan kesimpulan! 3) Setelah kejadian nomor dua tadi, para pemimpin negara langsung turun tangan ke sebuah lokasi Sekolah Dasar. Soal kasus siswa lain memukul Guru Killer, gara-gara memukul Akbar dengan alasan terlambat. Padahal Akbar hidup dalam garis kemiskinan. Akibatnya, Guru killer dikenakan sanksi tegas, karena telah membuat Akbar trauma dan siswa lain merasa provokasi. Sanksinya adalah Guru Killer tidak boleh bertemu Akbar di ruang kelas selama 3 bulan dan pengajar guru di kelas Akbar akan diganti oleh kepala sekolah untuk sementara waktu. Guru killer juga mengurangi gaji sebesar 30%/bulan. Bayangkan saja kalau Akbar sampai masuk ke rumah sakit, maka Guru killer bisa dituntut 15 tahun penjara. Berdasarkan diatas : • Apakah sanksi Guru killer dianggap pantas? Jelaskan! (kalau ada) • Mengapa pemimpin negara harus melakukan di Sekolah Dasar untuk menyelamatkan Akbar? • Apa jadinya kalau Guru Killer beneran dibenci oleh satu sekolah dasar dan cenderung dijauhi? Jelaskan! (Jika ada) • Apakah kepemimpinan perlu penanganan medis kepada Akbar? • Tuliskan contoh dari cerita diatas, berdasarkan Keburukan dibalas dengan kebaikan!

9

5.0

Jawaban terverifikasi

Soal Essay nomor 1-5! Hadiah : 5.000 poin 1) Apa perbedaan antara kejujuran dan kebohongan? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 2) Apa perbedaan antara sisi terang💡dan sisi gelap? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 3) Negara kita menempatkan peringkat kedua, sebagai negara paling tidak jujur dalam akademik di dunia. Selama ketidakjujuran masih ada, kita tidak dapat memberi harapan untuk bisa jadi negara maju di tahun 2035-2045 mendatang. Padahal kita mempunyai sebuah aplikasi Ruangguru untuk membantu belajar dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Sayangnya jumlah unduhan siswa hanya sekitar 25 juta orang dari 278 juta orang di seluruh Indonesia. Alasan tidak semua orang download apk adalah sebagian besar orang sudah pada kerja, sebagian pada penganggur, dan sebagian kecil pelajar belum mencoba apk ini. Bahkan orang menengah kebawah tidak bisa main apk Ruangguru, kalau tidak punya HP. Akibatnya, negara bangsa kita jadi tercemar, gara-gara manusia tidak jujur dan lemah hukum dari pemerintah otonomi daerah. Berdasarkan keburukan diatas, mengapa apk ruangguru tidak seramai di FYP medosos dan apa saja pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari sisi gelap NKRI tersebut? Jelaskan harapan dan kesempatan! (Jika perlu) 4) Perhatikan Ilustrasi berikut! (berdasarkan nomor 2 atas) Sebagian orang yang melihat berita ini merasa, kalau negara kita sudah tidak ada harapan lagi untuk bisa memajukan negara. Karena negara kita semakin tertinggal dari negara lain. Tidak heran kalau suatu saat nanti ada negara menyerang NKRI, maka hancurlah semua harapan kehidupan dan mengambil ahli semua tanah kita dari negara asing. Akhirnya beberapa kelompok orang seluruh daerah menulis surat untuk mengakhiri hidupnya dengan cara b*n*h diri. Cara ini sebagai bentuk pasrah bagi sebagian rakyat negara, sampai dunia internasional jadi kaget. Berdasarkan ilustrasi tadi, mengapa rakyat begitu cemas sama situasi ketidakjujuran dan apa jadinya kalau 278 juta jiwa mengakhiri hidup barengan? Jelaskan dampaknya! 5) Setelah membaca nomor 3 dan 4, kita semakin paham betapa kejamnya manusia sebagai ketidakpedulian sesamanya. Walaupun begitu, bukan berarti kita langsung mengakhiri hidup. Perlu di ingat, bahwa tidak semua penduduk Indonesia antara penjabat atau rakyat itu jahat lho. Masih banyak orang yang peduli mengenai sosial postif dan kerjasama. Kalau sosial tidak ada, maka teknologi, makanan cepat saji, dan kendaraan gak bakalan ada sampai saat ini. Bandingkan sama negara lain, yang paling bahaya itu justru perang senjata yang bisa memakan banyak korban di timur tengah. Solusinya hanya satu, yaitu memperkuat hukum dalam UU tentang masalah kejujuran. Hukuman ini akan diberatkan, tergantung tingkat keparahan suatu negara. Berdasarkan diatas, bagaimana tanggapanmu?

17

5.0

Jawaban terverifikasi

Soal Pilihan Ganda tentang Ekonomi. Perhatikan kutipan korupsi berikut! Data Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan kerugian negara akibat kasus korupsi mencapai Rp238,14 triliun selama 10 tahun terakhir (2013-2022. ICW mencatat data ini berdasarkan putusan korupsi yang dikeluarkan oleh pengadilan tingkat pertama hingga kasasi. Data detailnya seperti berikut ini : Tahun 2013 : Rp3,46 triliun Tahun 2014 : Rp10,69 triliun Tahun 2015 : Rp1,74 triliun Tahun 2016 : Rp3,08 triliun Tahun 2017 : Rp29,42 triliun Tahun 2018 : Rp9,29 triliun Tahun 2019 : Rp12 triliun Tahun 2020 : Rp56,74 triliun Tahun 2021 : Rp62,93 triliun Tahun 2022 : Rp48,79 triliun Dalam buku edukasi antikorupsi Pantang Korupsi Sampai Mati (KPK: 2015) dijelaskan tentang konsep kerugian keuangan negara yang berkaitan dengan korupsi. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, konsep kerugian keuangan negara mengandung delik formil. Unsur “dapat merugikan keuangan negara” artinya tindakan akan dianggap merugikan keuangan negara ketika suatu tindakan tersebut berpotensi menyebabkan kerugian negara secara langsung maupun tidak langsung. Jadi, apakah secara nyata kerugian negara memang terjadi atau tidak, bukanlah hal yang penting. ↓ Bayangkan saja betapa mirisnya negara Indonesia jika korupsi ini diteruskan. Maka Korupsi mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi negara, menurunnya investasi, meningkatnya kemiskinan serta meningkatnya ketimpangan pendapatan. Korupsi juga dapat menurunkan tingkat kebahagiaan masyarakat di suatu negara. Alhasil skor anti korupsi jadi menurun, dari 40 poin menjadi 34 poin. Berdasarkan kutipan diatas, yang dirasakan oleh penduduk dan cara mengatasi situasi tersebut adalah .... A. Pata penduduk merasa sedih dan pasrah terhadap situasi negara Indonesia. Solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan kebijakan peraturan tentang anti korupsi, bahwa siapapun yang melakukan korupsi akan dihukum sesuai UUD. B. Penduduk merasa kecewa, marah, dan kehilangan kepercayaan terhadap pemerintah. Solusi yang bisa dilakukan adalah penguatan sistem pengawasan, penegakan hukum yang tegas, transparansi dalam pengelolaan keuangan negara, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penting menolak dan melaporkan tindakan korupsi. C. Prihatin dengan KPK yang justru diramaikan dengan kasus dugaan pelanggaran etik. Padahal kondisi lembaga sedang terpuruk setelah Ketua KPK sebelumnya, Firli Bahuri menjadi tersangka korupsi. Akibatnya para rakyatnya jadi tidak percaya lagi sama KPK. Solusinya ada menegakkan keadilan negeri. D. Korupsi berdampak begitu besar bagi negara &amp; masyarakat. Salah satunya, kerugian finansial dan ekonomi. Dengan kerugian seperti itu sangat mempengaruhi kualitas pelayanan publik. Cara mengatasinya adalah membuat sebuah peraturan UUD tentang korupsi, dimana pemeriksaan penjabat dilakukan secara menyeluruh bagi seluruh penjabat negeri. E. Para warga merasa kecewa &amp; marah terhadap pemerintah negara. Karena semua pajak yang mereka bayar jadi sia-sia. Jadi, dia mengatakan celah tersebut akan hilang jika wajib pajak taat aturan dan tak berupaya mengurangi pajak yang harusnya dibayarkan. Dia berharap celah tersebut bisa ditutup untuk mencegah korupsi. Tingkat kesulitan : Nearly impossible (HOTS/Menciptakan) : 🤯 Jawab dengam benar. Jika jawaban salah, maka bintang tidak akan dinilai.

3

5.0

Jawaban terverifikasi