Roboguru

Zat elektrolit berikut yang keduanya merupakan senyawa kovalen adalah ....

Pertanyaan

Zat elektrolit berikut yang keduanya merupakan senyawa kovalen adalah ....space

  1. NaCl dan HCIspace

  2. NaCl dan H subscript 2 S O subscript 4 

  3. HCI dan C H subscript 3 C O O H 

  4. Ca open parentheses O H close parentheses subscript 2 dan Cu Cl subscript 2 

  5. N H subscript 4 Cl dan KI

Pembahasan Soal:

  1. Senyawa ion (ikatan ion) yaitu senyawa yang terbentuk dari logam dan non logam yang berikatan ion. Senyawa ion dapat menghantarkan listrik karena ion – ion nya dapat bergerak bebas. Contoh: KI, NaCl, Ca open parentheses O H close parentheses subscript 2 , Cu Cl subscript 2, dan lain-lain.
  2. Untuk senyawa kovalen (ikatan kovalen) yaitu senyawa yang terbentuk dari non logam dan non logam yang berikatan kovalen. Hanya dalam bentuk larutan (aq) yang dapat menghantarkan arus listrik karena molekul – molekulnya dapat terhidrolisis menjadi ion – ion yang dapat bergerak bebas. Contoh: H subscript 2 S O subscript 4, HCl, dan lain-lain.

Berdasarkan uraian di atas maka zat elektrolit  yang keduanya merupakan senyawa kovalen adalah HCI dan C H subscript 3 C O O H

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

G. Suprobo

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel berikut:

Pembahasan Soal:

Elektrolit lemah merupakan larutan yang dapat menghantarkan arus listrik tetapi dengan jumlah ion-ion yang sedikit karena tidak terionisasi sempurna, sedangkan larutan dikatakan elektrolit kuat apabila ion-ion dalam larutan tersebut terionisasi sempurna sehingga dapat menghantarkan arus listrik dengan baik.

Larutan begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O H end style merupakan elektrolit lemah karena ion-ionnya hanya dapat terionisasi sebagian, sedangkan larutan begin mathsize 14px style Al subscript 2 open parentheses S O subscript 4 close parentheses subscript 3 end style  merupakan elektrolit kuat karena semua ionnya terionisasi sempurna.
 

begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O H equilibrium C H subscript 3 C O O to the power of minus sign and H to the power of plus sign Al subscript 2 open parentheses S O subscript 4 close parentheses subscript 3 yields 2 Al to the power of 3 plus sign plus 3 S O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponent end style 
 

Jadi, larutan begin mathsize 14px style C H subscript bold 3 C O O H end style merupakan elektrolit lemah dan larutan begin mathsize 14px style Al subscript bold 2 bold open parentheses S O subscript bold 4 bold close parentheses subscript bold 3 end style merupakan elektrolit kuat.space 

0

Roboguru

Kekuatan daya hantar listrik suatu larutan tergantung pada ...

Pembahasan Soal:

Suatu larutan dapat menghantarkan listrik karena ada pergerakan dari ion-ion penyusun senyawa dalam larutan. Kekuatan daya hantar listrik sangat dipengaruhi oleh jumlah ion-ion terlarut dalam larutan. Jumlah ion-ion ini dipengaruhi oleh konsentrasi dan sifat ionisasi dari zat terlarut dalam larutan tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Dari kedua contoh larutan tersebut, kesimpulan yang benar adalah ....

Pembahasan Soal:

Larutan Elektrolit

  1. Larutan Elektrolit Kuat
    Larutan yang zat terlarutnya terionisasi sempurna dalam air menjadi ion-ion yang bergerak bebas. Senyawa yang termasuk elektrolit kuat adalah asam kuat, basa kuat, dan garam mudah larut seperti KCl. Pada uji daya hantar listrik, elektrolit kuat memiliki gelembung gas yang banyak dan nyala lampu terang.
  2. Larutan Elektrolit Lemah
    Larutan yang senyawanya terionisasi sebagian dalam air. Senyawa yang termasuk elektrolit lemah adalah asam lemah, basa lemah dan garam sukar larut seperti AgCl. Pada uji daya hantar listrik, elektrolit lemah memiliki gelembung gas yang sedikit dan nyala lampu redup.

Jadi, kesimpulannya larutan AgCl merupakan elektrolit lemah, dan larutan KCl merupakan elektrolit kuat.space 

0

Roboguru

Perhatikan beberapa larutan berikut ini! Pasangan larutan yang diperkirakan memiliki daya hantar listrik sama kuat adalah larutan nomor ....

Pembahasan Soal:

Larutan yang diperkirakan memiliki daya hantar listrik sama kuat adalah larutan dengan jumlah ion dan konsentrasi yang sama.

  1. begin mathsize 14px style H F space 2 space M end style : elektrolit lemah
  2. begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O H space 2 space M end style : elektrolit lemah
  3. begin mathsize 14px style Ba open parentheses O H close parentheses subscript 2 space 2 space M end style : elektrolit kuat dengan 3 jumlah ion
  4. begin mathsize 14px style C O open parentheses N H subscript 2 close parentheses subscript 2 space 2 space M end style : nonelektrolit

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Kemungkinan senyawa X dan Y berturut-turut adalah ....

Pembahasan Soal:

Hubungan larutan elektrolit dengan jenis ikatan adalah sebagai berikut.

  1. Ikatan Ion
    Ikatan ini terbentuk oleh atom logam dan atom nonlogam. Senyawa ion dalam bentuk padatan memiliki susunan yang­ rapat sehingga ion-ionnya tidak dapat bergerak bebas. Dengan demikian, padatan senyawa ion tidak dapat menghantarkan arus listrik. Senyawa ion dapat menghantarkan arus listrik jika dilelehkan atau dilarutkan dalam air. Dalam bentuk lelehan atau larutan, ion-ionnya dapat bergerak bebas. Contoh: NaCl, NaBr, begin mathsize 14px style Ca S O subscript 4 end style.
     
  2. Ikatan Kovalen
    Ikatan kovalen terbagi menjadi kovalen polar dan kovalen nonpolar.
  • Senyawa kovalen polar murni, tanpa dilarutkan dalam air, tidak dapat menghantarkan arus listrik karena molekul-molekulnya tidak mengandung ion-ion. Saat senyawa kovalen polar dilarutkan dalam air akan terurai menjadi ion-ion penyusunnya yang dapat bergerak bebas. Akibatnya, senyawa kovalen polar dapat menghantarkan arus listrik. Senyawa kovalen dalam bentuk lelehan dan kristal (padatan) tidak dapat menghantarkan arus lisrik. Contoh: HBr, begin mathsize 14px style N H subscript 4 O H end style.
  • Senyawa kovalen nonpolar memiliki ikatan yang kuat sehingga tidak dapat terionisasi dalam air. Hal ini mengakibatkan tidak terdapat ion-ion yang mampu melepas dan menangkap elektron. Oleh karena itu, senyawa kovalen nonpolar digolongkan sebagai senyawa nonelektrolit. Contoh: begin mathsize 14px style F subscript 2 end style, begin mathsize 14px style Cl subscript 2 end style.

Berdasarkan ciri-ciri senyawa diatas, dapat kita simpulkan bahwa senyawa X dan Y berturut-turut adalah NaBr dan undefined.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved