Iklan

Iklan

Pertanyaan

Zat besi merupakan mineral yang berperan penting pada pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri adalah protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Tubuh memerlukan zat besi dalam jumlah yang tepat. Salah satu makanan yang kaya akan zat besi adalah bayam. Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan zat besi (Fe) berupa ion Ferro ( Fe 2 + ). Namun, jika bayam dipanaskan lalu didiamkan terlalu lama maka ion Ferro ( ) dapat mengalami oksidasi membentuk ion Ferri ( Fe 3 + ) yang bersifat racun. Peristiwa oksidasi yang dimaksud dari wacana diatas adalah ...

Zat besi merupakan mineral yang berperan penting pada pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri adalah protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Tubuh memerlukan zat besi dalam jumlah yang tepat. Salah satu makanan yang kaya akan zat besi adalah bayam. Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan zat besi (Fe) berupa ion Ferro (). Namun, jika bayam dipanaskan lalu didiamkan terlalu lama maka ion Ferro (Fe to the power of 2 plus sign) dapat mengalami oksidasi membentuk ion Ferri () yang bersifat racun. Peristiwa oksidasi yang dimaksud dari wacana diatas adalah ...

  1. Reaksi pelepasan oksigen dari ion Ferri ()

  2. Reaksi pengikatan oksigen dari ion Ferro ()

  3. Penerimaan elektron dari ion Ferri ()

  4. Pelepasan elektron dari ion Ferro ()

  5. Kenaikan bilangan oksidasi dari ion Ferri ()

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

jawaban yang benar adalah D.

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan konsep perubahan bilangan oksidasi, oksidasi adalah reaksi yang mengalami peningkatan bilangan oksidasi dan penurunan elektron. Peristiwa oksidasi terjadi pelepasan elektron dari ion Ferro ( ). Ion Ferro ( ) dapat mengalami oksidasi membentuk ion Ferri ( ) yang bersifat racun. Oleh karena itu,peristiwa oksidasi yang dimaksud dari wacana diatas adalahpelepasan elektron dari ion Ferro ( ). Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Berdasarkan konsep perubahan bilangan oksidasi, oksidasi adalah reaksi yang mengalami peningkatan bilangan oksidasi dan penurunan elektron.

Peristiwa oksidasi terjadi pelepasan elektron dari ion Ferro (Fe to the power of 2 plus sign). Ion Ferro (Fe to the power of 2 plus sign) dapat mengalami oksidasi membentuk ion Ferri (Fe to the power of 3 plus sign) yang bersifat racun.

Oleh karena itu, peristiwa oksidasi yang dimaksud dari wacana diatas adalah pelepasan elektron dari ion Ferro (Fe to the power of 2 plus sign).

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Latihan Bab

Pendahuluan Redoks

Konsep Redoks Melibatkan Oksigen

Konsep Redoks Melibatkan Hidrogen

Konsep Redoks Melibatkan Elektron

49

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Reaksi oksidasi yang benar adalah ...

356

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia