Roboguru

Zaman batu dibagi menjadi 3 yaitu....

Pertanyaan

Zaman batu dibagi menjadi 3 yaitu....

Pembahasan Soal:

Pembabakan kehidupan manusia pada masa Pra-aksara dibagi menjadi zaman Batu dan zaman Logam. Zaman batu sendiri terbagi atas tiga, yaitu:

  1. Zaman Batu Tua (Paleolitikum) atau masa berburu dan meramu. Pada zaman ini, kehidupan manusia masih sangat tergantung pada alam dan berpindah-pindah (nomaden). Makanan didapat dari sumber makanan yang ada di sekitar tempat tinggal. Tempat tinggal manusia pada masa tersebut biasanya dekat dengan sumber air yang berpohon banyak dan berelief datar. Alat-alat yang digunakan masih sangat sederhana bentuknya dan terbuat dari batu atau tulang.
  2. Zaman Batu Tengah (Mesolitikum) atau masa berburu dan meramu tingkat lanjutan. Pada zaman ini, manusia hidup di gua-gua dan masih berpindah-pindah. Makanan didapat dengan cara berburu hewan-hewan liar dan buah-buahan dari pepohonan yang ada di hutan. Manusia masih menggunakan alat-alat terbatas yang terbuat dari batu dan tulang dengan bentuk yang lebih baik. Sumber daya alam masih mampu memenuhi kebutuhan hidup manusia.
  3. Zaman Batu (Neolitikum) atau masa bercocok tanam. Pada zaman ini, manusia mulai mengenal bercocok tanam dengan cara berladang dan mereka tinggal sekaligus menetap di dekat ladang-ladang yang mereka buat, mereka membabat hutan dengan sistem ladang berpindah. Setelah berkali-kali panen dan kesuburan ladang berkurang, mereka akan berpindah dan membuka ladang baru di tanah yang masih subur. Pada masa ini, manusia mulai memelihara hewan ternak dan hidup dalam kelompok-kelompok besar serta mulai mengenal kepemimpinan secara terbatas. Peralatan yang digunakan masih terbuat dari batu yang diasah hingga halus dan berbentuk lebih baik.

Dengan demikian, zaman Batu dibagi menjadi 3 yaitu zaman Batu Tua, zaman Batu Tengah, dan zaman Batu Baru.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pembabakan berikut! Zaman Arkeozoikum. Zaman Paleozoikum. Zaman Batu.  Zaman Logam. Pembabakan Masa Praaksara berdasarkan arkeologi ditunjukan oleh angka ...

Pembahasan Soal:

Masa Praaksara merupakan kondisi di mana kehidupan manusia di waktu itu belum mengenal budaya tulis, sehingga tidak meninggalkan catatan tertulis, sebab itu rekonstruksi terhadap peristiwa di Masa Praaksara menggunakan ilmu bantu, di antaranya adalah arkeologi.
Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia melalui kajian sistematis atas bendawi yang ditinggalkan manusia, meliputi artefak (candi atau perkakas kehidupan manusia dalam aktivitasnya seperti Kapak Genggam), dan ekofak (benda lingkungan, seperti batuan, rupa muka bumi dan fosil). Dalam konteks pembabakan Masa Praaksara, maka pendekatan arkeologi berusaha melihat serangkaian peristiwa Masa Praaksara melalui peninggalan kebudayaan manusia.
Umumnya pembabakan berdasarkan arkeologi terbagi secara garis besar menjadi dua: (1) Zaman Batu, di dalamnya terdapat Masa Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum dan Megalitikum, serta (2) Zaman Logam, di dalamnya terdapat Masa Perunggu dan Masa Besi.

Jadi, opsi jawaban benar adalah E.

0

Roboguru

Beliung persegi adalah hasil kebudayaan manusia pada masa kehidupan berburu dan mengumpulkan makanan. SEBAB Manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan membuat peralatan dari logam untu...

Pembahasan Soal:

Pernyataan salah karena beliung persegi adalah alat yang berfungsi untuk mencangkul, memahat, atau mengukir kayu. Alat ini terbuat dari batu yang digosok sampai halus. Beliung persegi merupakan hasil kebudayaan manusia masa bercocok tanam dan berternak. Masa bercocok tanam dan berternak dimulai sejak zaman Neolithikum.

Alasan salah karena manusia pada masa berburu dan mengumpulkan makanan belum mengenal cara pembuatan peralatan dari logam. Peralatan dari logam muncul pada masa Perundagian. Masa berburu dan mengumpulkan makanan terjadi pada zaman Paleolithikum dan zaman Mesolithikum.

Berdasarkan penjelasan diatas maka pernyataan salah dan alasan salah.

0

Roboguru

Berdasarkan peninggalannya, masa Praaksara dibagi menjadi empat zaman, yaitu....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan peninggalannya, masa Praaksara dibagi menjadi empat zaman, yaitu masa Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum, dan Megalitikum. Zaman Paleolitikum ditandai dengan kebudayaan manusia yang masih sederhana. Kemudian zaman Mesolitikum, kehidupan manusia tidak jauh berbeda dengan zaman Paleolitikum. Namun, pada zaman ini manusia sudah mempunyai tempat tinggal agak tetap. Lalu pada zaman Neolitikum manusia sudah hidup menetap dan telah memiliki tempat tinggal sedangkan zaman Megalitikum, manusia sudah mengenal sistem kepercayaan meskipun masih dalam tingkat awal, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang.

0

Roboguru

Berikut adalah urutan yang tepat terkait pembagian zaman batu, yaitu …

Pembahasan Soal:

Pembagian zaman batu di masa pra aksara terdiri dari tiga masa. Pertama adalah paleolithikum dimana pada masa itu manusia masih hidup secara sederhana dan mengumpulkan makanan dengan cara berburu. Kedua adalah mesolithikum dimana manusia sudah mulai hidup secara semi sendenter karena mulai tinggal di dekat pantai dan mengkonsumsi makanan laut. Ketiga adalah masa neolithikum dimana manusia hidup sudah bercocok tanam dan tinggal menetap.

0

Roboguru

Zaman batu adalah...

Pembahasan Soal:

Zaman batu dapat diartikan bahwa hasil kebudayaan pada masa ini didominasi dengan perkakas yang terbuat dari batu. Zaman batu sendiri terbagi menjadi tiga periodesasi, yaitu :

  1. Zaman batu tua  (Paleolithikum)
    contoh perkakasnya yang ditemukan seperti kapak genggam,
  2. Zaman batu tengah (Mesolithikum)
    contoh perkakasnya yang ditemukan seperti kapak pendek.
  3. Zaman batu muda (Neolithikum)
    contoh perkakasnya yang ditemukan seperti kapak persegi dan kapak lonjong.

Tentunya setiap periode memiliki hasil kebudayaan yang berbeda, ditinjau dari tingkat kemajuan teknologi dan kehidupan sosial-ekonominya.

Dengan demikian, maka zaman batu merupakan salah satu pembagian zaman pada masa praaksara berdasarkan kebudayaan diman zaman ini didominasi oleh peralatan yang terbuat dari batu. Adapun pembagiannya, yaitu Paleolithikum, Mesolithikum dan Neolithikum.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved