Pertanyaan

Pemimpin dalam (Segala) Organisasi


    Pemimpin adalah titik sentral sebuah organisasi. Tanpa ada kepemimpinan, sebuah organisasi tidak akan berjalan sesuai dengan harapan. Tanpa kepemimpinan dan leadership yang bisa di andalkan, bukan tidak mungkin sebuah organisasi akan berhenti hanya karena masalah yang terbilang "sepele" tersebut. ·

    Kepemimpinan yang terdapat dalam organisasi biasanya terstruktur, baik di dalam organisasi maupun bagian seksi dari berbagai jabatan yang ada. Titik sentral kepemimpinan yang membawahkan bawahan dalam struktur kepemimpinan menunjukkan bahwa jabatan prestisius tersebut sangat dibutuhkan dan memiliki kekuatan untuk menggerakkan seluruh elemen dalam berorganisasi. Saking sentralnya, gaya leadership  antara satu pemimpin dan satu pemimpin lainnya akan mempengaruhi visi ataupun misi ke depan sebuah organisasi.

    Gaya kepemimpinan sangatlah beragam macamnya. Namun, biasanya  gaya kepemimpinan ini bergantung pada kepribadian seseorang dan cara mendidik seseorang yang berpengaruh pada gaya kepemimpinan orang tersebut. Orang yang terbiasa terdidik secara moderat, gaya kepemimpinannya cenderung moderat dan demokratis sehingga mudah berbicara dengan siapa saja dan memiliki kecenderungan bersikap terbuka.

    Sementara itu, orang-orang yang terdidik hukum atau militer maka yang muncul dalam kepemimpinannya biasanya berkesan kaku, tetapi tegas dalam mengambil setiap kebijakan. Berbeda lagi jika dia dibesarkan di kalangan businessman. Faktor perhitungan dan kalkulasi terkadang menjadi kelebihan tersendiri. Beberapa politisi di Korea Selatan justru lahir dari kalangan ini. Masing-masing orang memiliki kelebihan dan kekurangan dalam memimpin sebuah organisasi. Hal ini juga bergantung pada bawahan, siap atau tidak dengan gaya kepemimpinan orang yang tentunya belum tentu sama gayanya.

    Namun, berbagai gaya kepemimpinan ini bisa diintegrasikan sesuai situasi yang ada dalam organisasi tersebut. Pada hakikatnya, saling ketergantungan tersebut bisa merekatkan antara pemimpin dan bawahan dalam mengatasi kekurangan pada diri masing-masing.

Sumber: http://www.academicindonesia.com/, dengan pengubahanundefined

Yang termasuk bagian pendahuluan dalam esai tersebut adalah paragraf...

Yang termasuk bagian pendahuluan dalam esai tersebut adalah paragraf...

  1. pertamaundefined

  2. keduaundefined

  3. ketigaundefined

  4. keempatundefined

  5. kelimaundefined

L. Indah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.undefined

Pembahasan

Esai merupakan sebuah karangan singkat yang berisi pendapat atau argumen penulis tentang suatu topik. Sistematika esai terdiri atas bagian pendahuluan/tesis, isi/pembahasan, dan penutup/simpulan. Bagian pendahuluan berisi pokok permasalahan atau topik yang akan dibahas. Berdasarkan esai di atas, bagian pendahuluan ditunjukkan pada paragraf pertama. Dalam paragraf pertama, penulis memaparkan pengenalan topik kepemimpinan dengan gagasan definisi dan fungsi kepemimpinan dalam sebuah organisasi. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A.

Esai merupakan sebuah karangan singkat yang berisi pendapat atau argumen penulis tentang suatu topik. Sistematika esai terdiri atas bagian pendahuluan/tesis, isi/pembahasan, dan penutup/simpulan. Bagian pendahuluan berisi pokok permasalahan atau topik yang akan dibahas.

Berdasarkan esai di atas, bagian pendahuluan ditunjukkan pada paragraf pertama. Dalam paragraf pertama, penulis memaparkan pengenalan topik kepemimpinan dengan gagasan definisi dan fungsi kepemimpinan dalam sebuah organisasi.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A.undefined

66

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pertanyaan yang jawabannya tidakterdapat dalam esai tersebut yaitu .....

90

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia