Roboguru

Yang menunjukkan pengertian reformasi yang dianut oleh bangsa Indonesia adalah ...

Pertanyaan

Yang menunjukkan pengertian reformasi yang dianut oleh bangsa Indonesia adalah ... space

  1. perubahan sistem pemerintahan yang berlangsung cepat space

  2. perubahan sistem pemerintahan yang berjalan dengan kekuasaan space

  3. perubahan tatanan dan nilai yang mendasari kinerja sistem pemerintah dengan jalan damai space

  4. perubahan tatanan dan nilai dengan jalan kekerasan space

  5. perubahan cepat dan mendasar tentang kehidupan berbangsa dan bertanah air space

Pembahasan Soal:

Masa reformasi di Indonesia berlangsung sejak 1998 dan terus berlanjut hingga sekarang. Reformasi berarti perubahan terhadap suatu sistem yang sudah ada pada suatu masa. Dalam pengertian yang dianut oleh bangsa Indonesia, reformasi adalah perubahan tatanan dan nilai yang mendasari kinerja sistem pemerintah dengan jalan damai. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Reformasi?

Pembahasan Soal:

Reformasi 1998 telah mengubah tatanan bernegara di Indonesia. Gerakan reformasi ini ditujukan untuk mengadakan perbaikan dalam berbagai bidang, seperti politik, sosial, ekonomi, dan hukum. Setelah Reformasi 1998, kehidupan masyarakat Indonesia berlangsung lebih terbuka dan bebas karena adanya kebebasan berpendapat dan berekspresi. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan berbagai ancaman mengenai pembredelan yang disebabkan mengkritik pemerintah. Hal ini memungkinkan munculnya berbagai unjuk rasa terhadap kinerja dan kebijakan-kebijakan pemerintah.

Jadi, kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Reformasi ditandai dengan adanya kebebasan berekspresi yang memungkinkan munculnya berbagai unjuk rasa terhadap kinerja serta kebijakan pemerintah. space

1

Roboguru

Indonesia memasuki masa reformasi setelah pengunduran diri Presiden Soeharto. Uraikan pendapat Anda mengenai reformasi!

Pembahasan Soal:

Reformasi adalah suatu gerakan yang bertujuan mendorong adanya perubahan kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial budaya yang lebih baik dan demokratis. Adapun gerakan reformasi di Indonesia diawali dengan protes besar-besaran dan demonstrasi pada bulan Mei 1998 dan menimbulkan banyak korban. Beberapa tuntunan reformasi seperti: Berantas KKN, turunkan Soeharto dari kursi pemerintahan dan hapuskan dwifungsi ABRI. Untuk sekarang, reformasi belum baik karena adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional. Namun kenyataannya, KKN masih merajalela dan akses pendidikan yang belum merata.

Dengan demikian, keadaan Indonesia masih belum bisa dikatakan baik di bidang ekonomi, politik dan lain sebagainya ditambah dengan budaya KKN yang masih merajalela.

0

Roboguru

UU No. 9 Tahun 1998 yang ditetapkan oleh pemerintah bersama DPR berisi tentang ….

Pembahasan Soal:

UU No. 9 Tahun 1998 berisi tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum. Salah satu poin penting yang merupakan kepanjangan dari ketetapan MPR mengenai Hak Asasi Manusia adalah dibentuknya undang - undang untuk melindungi penyampaian pendapat di muka publik. Pemerintahan Soeharto sangat bersifat otoriter sehingga tidak memperbolehkan masyarakat Indonesia untuk menyampaikan pendapat tentang situasi perpolitikan nasional maupun daerah. Undang - undang ini disahkan sebagai bentuk usaha untuk mencegah terjadinya kembali hal tersebut.


Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah A

0

Roboguru

Lengser Keprabon adalah langkah Presiden Soeharto dalam menanggapi kondisi yang semakin tidak memungkinkan bertahan untuk berkuasa. Soeharto menggunakan istilah tersebut, untuk ...

Pembahasan Soal:

Pada Kamis, 21 Mei 1998 sekitar pukul 09.00, Soeharto melakukan pidato pengunduran diri, pidato hanya berlangsung selama 10 menit. Tak ada sesi tanya jawab yang dilakukan. Soeharto menandatangni naskah usai BJ Habibie diangkat sumpah oleh Mahkamah Agung. Dia lalu menyalami Habibie. Tanpa ada satu kata pun disampaikan kepada Habibie, Soeharto langsung meninggalkan ruang Credentials. Ditemani putrinya, Tutut Soeharto, kemudian menemui piminan DPR-MPR yang menunggu di Ruang Jepara tanpa tahu apa yang terjadi selama 10 menit lalu itu. Ketika sampai di ruangan itu, Soeharto menyampaikan dia sudah menyatakan pengunduran dirinya sekaligus serah-terima jabatan presiden kepada BJ Habibie. Sesudah menyampaikan itu, Soeharto keluar dari istana menuruni anak tangga di Istana Merdeka. Dia menaiki mobil yang sudah menunggunya dan meluncur ke kediamannya di Jalan Cendana No. 8-10. Inilah akhir perjalanan panjang Soeharto yang resmi lengser keprabon (turun tahta).

Dengan demikan istilah "lengser keprabon" adalah turun tahta.

0

Roboguru

Perhatikan deskripsi berikut ini.Setelah berakhirnya masa pemerintahan orde baru yang ditandai dengan lengsernya kepemimpinan presiden Soeharto pada tahun 1998, bangsa Indonesia kemudian memasuki masa...

Pembahasan Soal:

Reformasi adalah sebuah era kepemerintahan di indonesia yang terjadi sejak 1998. era ini ditandai dengan tumbangnya kekuasaan rezim sebelumnya, yakni orde baru/mundurnya soeharto sebagai presiden. dengan kata lain, reformasi dimulai sejak soeharto menyatakan mengundurkan diri dari kursi kepresidenan. proses peralihan kekuasaan dari Orde Baru ke Reformasi ini tidak terjadi secara frontal, atau langsung diadakan pemilihan presiden baru. melainkan tampuk kekuasaan (presiden) yang dipegang soeharto diwariskan kepada wakil presiden, yakni BJ Habibie. Baru setelah masa jabatan Habibie rampung (kurang lebih satu tahun setengah) diadakan pemilihan presiden baru dimana yang terpilih adalah abdurrahman wahid atau yang lebih dikenal dengan nama Gus Dur.

Dengan demikian, transisi pemerintahan dimulai ketika Soeharto menyatakan mundur dari jabatan Presiden. Setelah itu, MA mengambil sumpah Habibie dari wakil Presiden menjadi Presiden. Setelah sumpah diambil, Habibie sah menjadi presiden.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved