Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan peristiwa pada gambar berikut!

Analisislah faktor yang mendorong terjadinya peristiwa pada gambar!

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

faktor yang mendorong terjadinya pengunduran diri Soeharto adalah terjadinya krisis multidimensional di berbagai bidang yang pada akhirnya menurunkan kepercayaan rakayt terhadap pemerintahan Orde Baru dan mendesak Soeharto untuk turun dari jabatan sebagai solusi terbaik.

Pembahasan

Gambar tersebut merupakan peristiwa pengunduran diri Soeharto dari kursi kepresidenan. Pada masa akhir Orde Baru, terjadi krisis multidimensional di Indonesia tahun 1997-1998 yang terjadi di berbagai bidang, baik moneter, politik, sosial, hukum, maupun kepercayaan. Krisis tersebut membawa perubahan besar bagi bangsa Indonesia. Kondisi ini terjadi karena adanya kekacauan sistem pemerintahan serta maraknya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan rezim Orde Baru pada akhirnya menurunkan tingkat kepercayaan rakyat terhadap pemerintah Orde Baru. Puncaknya adalah ketika terjadinya krisis moneter hingga terjadi aksi demonstrasi yang mendesak Soeharto untuk turun dari jabatan.  Sekelompok ahli hukum konstitusi dan politik menyatakan demi kepentingan bangsa, solusi terbaik adalah mengalihkan kekuasaan secara konstitusional dari presiden kepada wakil presiden. Pada 20 Mei 1998 pukul 00.10 WIB, Yusril Ihza Mahendra (staf Sekretariat Negara) menghubungi Amien Rais dan menyatakan Presiden Soeharto telah menandatangani naskah pengunduran dirinya.

Dengan demikian, faktor yang mendorong terjadinya pengunduran diri Soeharto adalah terjadinya krisis multidimensional di berbagai bidang yang pada akhirnya menurunkan kepercayaan rakayt terhadap pemerintahan Orde Baru dan mendesak Soeharto untuk turun dari jabatan sebagai solusi terbaik.

582

5.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Menjelang 21 Mei 1998 beberapa tokoh reformasi mengadakan pertemuan untuk membahas langkah-langkah yang perlu diambil seandainya Presiden Suharto mengundurkan diri. Pertemuan tersebut dipimpin oleh .....

416

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia