Roboguru

Yang bukan bagian penilaian terhadap buku yaitu .....

Yang bukan bagian penilaian terhadap buku yaitu ....undefined  

  1. susunan tulisanundefined 

  2. kreativitas penulisan ideundefined 

  3. bahasa yang digunakanundefined 

  4. tata wajah buku (layout)undefined 

  5. penerbit bukuundefined 

Jawaban:

Resensi buku memiliki bagian-bagian tertentu yang membedakan dengan artikel maupun tulisan lain. Bagian tersebut yaitu terdiri dari judul resensi, identitas buku yang diresensi, sampul buku yang diresensikan, dan pembuka resensi. Masing-masing bagian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Judul resensi. Judul dalam resensi, sebaiknya berupa frasa maupun klausa. Hal tersebut dimaksudkan agar pembaca tertarik untuk mengetahui isi sebenarnya dari buku yang dibuat resensinya. Penulis resensi juga harus menyesuaikan antara judul resensi dengan isi dari resensi. Sebab, jika terjadi ketidaksesuaian, akan menyebabkan pembaca merasa ditipu oleh penulis.
  2. Identitas buku. Identitas buku yang dicantumkan dalam resensi buku, dapat meliputi judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun terbit, kota terbit, ukuran buku, dan jumlah halaman buku. Harga buku tidak perlu dicantumkan, karena dapat berbeda-beda, bergantung pada toko yang menjualnya.
  3. Sampul buku. Sampul buku perlu disampaikan pada pembaca agar pembaca bisa mendapatkan buku yang diresensikan dengan mudah. Sampul buku perlu di-scan, sehingga tampak menarik dan bisa mirip dengan buku yang asli.
  4. Pembuka buku. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan pembaca tentang apa yang akan dibaca dalam resensi buku. Penulis perlu menguraikan maupun memaparkan pembuka resensi dengan menarik. Mengapa demikian? Agar pembaca semangat untuk membaca resensi secara utuh.
  5. Bahasa yang digunakan pengarang buku perlu diperhatikan oleh penulis. Hal-hal yang diperhatikan, meliputi ungkapan, tata bahasa, struktur kalimat, dan gaya bahasa.
  6. Nilai-nilai buku yang berisi tentang gambaran umum dari isi buku. Penulis resensi dapat membandingkan karya yang diresensikan dengan karya yang dihasilkan oleh pengarang lain yang berbeda dengan buku yang diresensikan. Selain itu, nilai buku dapat berhubungan dengan nilai-nilai yang dapat diperoleh pembaca, setelah membaca buku tersebut.
  7. Kelebihan dan kelemahan dari buku yang diresensikan. Kelebihan dan kelemahan tersebut dapat dinilai dengan berdasarkan pada unsur-unsur intrinsik dari buku. Unsur-unsur intrinsik tersebut, meliputi tema, latar, alur, gaya bahasa, dan penokohan. Ulasan dalam unsur-unsur intrinsik buku, dapat dilakukan secara lengkap atau berdasarkan pada yang paling menonjol.
  8. Ringkasan buku atau disebut juga sebagai ikhtisar buku. Ringkasan buku perlu disesuaikan dengan alur yang dibangun oleh pengarang, ketika resensi tersebut berhubungan dengan buku jenis fiksi. Berbeda halnya, ketika berhubungan dengan buku nonfiksi. Ringkasan buku lebih menekankan pada cerminan dari hal-hal pokok, maupun bab atau subbab yang penting dalam buku.

Berdasarkan penjelasan unsur-unsur resensi di atas, maka yang bukan bagian penilaian buku adalah penerbit buku

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved