Roboguru
SD

Perhatikan teks berikut ini!     Koong adalah sebuah novel yang menceritakan seorang kakek, Pak Sastro, yang kehilangan burung perkutut kesayangannya sehingga membuat penduduk sekampung geger, bahkan nyaris menimbulkan bencana kampung itu. Cerita ini dimulai dengan hilangnya perkutut milik Pak Sastro yang sudah sepuluh tahun dipeliharanya. Dikisahkan bahwa burung tersebut tetap tak ditemukan. Hal ini membuat Pak Sastro murung. Kemurungan Pak Sastro ternyata berpengaruh pada semua warga desa. Akhirnya, Pak Sastro pergi meninggalkan kampung halaman untuk mencari perkutut yang hilang itu setelah lebih dulu memercayakan segala harta miliknya termasuk sawah ladangnya kepada Pak Lurah.     Amanat yang hendak disampaikan kepada pembaca, yaitu bahwa segala sesuatu itu yang menentukan diri kita sendiri. Senang atau tidak senang, bahagia atau tidak bahagia, baik atau buruk, kitalah yang dapat mengerti dan kita juga yang menentukan. Harta kekayaan, cinta dengan pamrih, hanya akan membawa kesengsaraan atau bahkan akan membuat kita kehilangan diri.     Akhirnya, dapat dikemukakan sekali lagi di sini bahwa Koong memang sebuah pesan manusiawi yang berisi renungan falsafi. Sebuah karya sastra literer jelas cukup baik. Unsur resensi yang terdapat pada teks tersebut adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut ini!


    Koong adalah sebuah novel yang menceritakan seorang kakek, Pak Sastro, yang kehilangan burung perkutut kesayangannya sehingga membuat penduduk sekampung geger, bahkan nyaris menimbulkan bencana kampung itu. Cerita ini dimulai dengan hilangnya perkutut milik Pak Sastro yang sudah sepuluh tahun dipeliharanya. Dikisahkan bahwa burung tersebut tetap tak ditemukan. Hal ini membuat Pak Sastro murung. Kemurungan Pak Sastro ternyata berpengaruh pada semua warga desa. Akhirnya, Pak Sastro pergi meninggalkan kampung halaman untuk mencari perkutut yang hilang itu setelah lebih dulu memercayakan segala harta miliknya termasuk sawah ladangnya kepada Pak Lurah.

    Amanat yang hendak disampaikan kepada pembaca, yaitu bahwa segala sesuatu itu yang menentukan diri kita sendiri. Senang atau tidak senang, bahagia atau tidak bahagia, baik atau buruk, kitalah yang dapat mengerti dan kita juga yang menentukan. Harta kekayaan, cinta dengan pamrih, hanya akan membawa kesengsaraan atau bahkan akan membuat kita kehilangan diri.

    Akhirnya, dapat dikemukakan sekali lagi di sini bahwa Koong memang sebuah pesan manusiawi yang berisi renungan falsafi. Sebuah karya sastra literer jelas cukup baik.


Unsur resensi yang terdapat pada teks tersebut adalah ....undefined

  1. identitas dan simpulanundefined

  2. sinopsis dan keunggulanundefined

  3. alur dan kepengaranganundefined

  4. keunggulan dan kelemahanundefined

  5. gaya bercerita pengarangundefined

N. Sari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nasional

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Pembahasan

Resensi di atas mengandung unsur sinopsis dan keunggulan novel Koong. Paragraf pertama dan kedua merupakan sinopsis novel, dan paragraf terakhir merupakan keunggulan novel.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

2rb+

5.0 (5 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut ini! Buku ini sangat baik dibaca oleh politis muslim ataupun umat Islam pada umumnya. Buku ini tidak semata memaparkan konsep-konsep politik Islam secara teoretis, te...

1rb+

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia