Roboguru

Write down a Hortatory Exposition text by choosing one topic below and consisting of minimal 3 arguments. (Buatlah mind mapping untuk tugas menulis Hortatory Exposition kalian. Buatlah sebuah teks Hortatory Exposition yang terdiri dari minimal 3 argumentasi. Topik silahkan pilih salah satu dari topik di bawah ini). Schools should be opened soon. Studying alone is more enjoyable. K-Pop enhances energy of life to teenagers. Having good competence in English is very important. Getting married in young age results in the increase of poverty. Walking is better than riding motorcycles.

Pertanyaan

Write down a Hortatory Exposition text by choosing one topic below and consisting of minimal 3 arguments. (Buatlah mind mapping untuk tugas menulis Hortatory Exposition kalian. Buatlah sebuah teks Hortatory Exposition yang terdiri dari minimal 3 argumentasi. Topik silahkan pilih salah satu dari topik di bawah ini).

  1. Schools should be opened soon.
  2. Studying alone is more enjoyable.
  3. K-Pop enhances energy of life to teenagers.
  4. Having good competence in English is very important.
  5. Getting married in young age results in the increase of poverty.
  6. Walking is better than riding motorcycles.

Pembahasan Soal:

Hortatory Exposition merupakan teks yang berisikan pendapat penulis yang menjelaskan sebuah topik/isu dengan tujuan memengaruhi pembaca bahwa topik tersebut seharusnya atau tidak seharusnya terjadi. Untuk membuat teks Hortatory Exposition, kita perlu memahami struktur umum teks tersebut, yaitu:

  1. Thesis adalah pengenalan topik utama tentang suatu peristiwa atau isu yang dibahas dalam teks tersebut. Thesis bisa kita temukan di paragraf pertama teks.
     
  2. Argument adalah bagian di mana penulis menyampaikan beberapa argumentasi atau pendapat untuk mendukung topik utama guna meyakinkan pembaca agar setuju dengan sudut pandang penulis.
     
  3. Recommendation adalah bagian di mana penulis menyimpulkan serta merekomendasi atau menyampaikan saran mengenai apa yang seharusnya terjadi atau dilakukan. Bagian ini dapat kita temukan pada paragraf akhir suatu teks.

Selain itu, teks Hortatory Exposition terdiri dari ciri kebahasaan (language features) seperti:

  • menggunakan Simple Present Tense,
  • menggunakan conjunction yang menghubungkan argumentasi penulis seperti firstly, secondly, next, besides, moreover, in addition, dan lain-lain.

Dengan demikian, kamu bisa membuat teks Hortatory Exposition sesuai dengan struktur umum dan ciri kebahasan yang telah dijelaskan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved