Iklan

Iklan

Pertanyaan

Write a brief recount about your amazing experience in junior high school!

Write a brief recount about your amazing experience in junior high school!

Iklan

D. Yaniar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kamu dapat membuat Recount Text dengan mengikuti struktur teks yang telah dijelaskan di atas serta menggunakan Simple Past Tense.

kamu dapat membuat Recount Text dengan mengikuti struktur teks yang telah dijelaskan di atas serta menggunakan Simple Past Tense.

Iklan

Pembahasan

Soal ini meminta kamu untuk menulis/membuat sebuah Recount Text.Recount Text adalah teks yang menceritakan kembali kejadian/peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau , sehingga kamu harus menggunakan Simple Past Tense ( S + V2 + O/C . ). Selain itu, recount text memiliki struktur umum ( general structure ) sebagai berikut: Orientation merupakan pengenalan untuk memberikan informasi tentang siapa, apa, di mana dan kapan peristiwa di masa lampau tersebut terjadi. Bagian ini umumnya ditulis di awal teks atau pada paragraf pertama. Events merupakanruntutan peristiwa yang terjadi. Biasanya disampaikan dalam urutan secara kronologis, sehingga menggunakan kata " firstly, secondly, next, etc. ". Bagian ini umumnya terdapat di bagian tengah teks atau paragraf kedua. Re-orientation merupakanpengulangan pengenalan yang ada di orientation dan events yang telahdiceritakan. Bagian ini juga disebut dengan kesimpulan. Bagian ini umumnya terdapat di bagian akhir teks atau paragraf akhir. Jadi, kamu dapat membuat Recount Text dengan mengikuti struktur teks yang telah dijelaskan di atas serta menggunakan Simple Past Tense.

Soal ini meminta kamu untuk menulis/membuat sebuah Recount Text. Recount Text adalah teks yang menceritakan kembali kejadian/peristiwa yang pernah terjadi di masa lampausehingga kamu harus menggunakan Simple Past Tense (S + V2 + O/C.). Selain itu, recount text memiliki struktur umum (general structure) sebagai berikut:

  1. Orientation merupakan pengenalan untuk memberikan informasi tentang siapa, apa, di mana dan kapan peristiwa di masa lampau tersebut terjadi. Bagian ini umumnya ditulis di awal teks atau pada paragraf pertama.
     
  2. Events merupakan runtutan peristiwa yang terjadi. Biasanya disampaikan dalam urutan secara kronologis, sehingga menggunakan kata "firstly, secondly, next, etc.". Bagian ini umumnya terdapat di bagian tengah teks atau paragraf kedua.
     
  3. Re-orientation merupakan pengulangan pengenalan yang ada di orientation dan events yang telah diceritakan. Bagian ini juga disebut dengan kesimpulan. Bagian ini umumnya terdapat di bagian akhir teks atau paragraf akhir.

Jadi, kamu dapat membuat Recount Text dengan mengikuti struktur teks yang telah dijelaskan di atas serta menggunakan Simple Past Tense.

Latihan Bab

Types of Recount Text

Aspects of Recount Text

Konsep Kilat

150

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Arrange these sentences below into a good paragraph! He had booked one week tour. Mr. Adiputra's family was on vacation They went to Bali That included accommodation and tour around Bal...

126

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia