Iklan

Iklan

Pertanyaan

Wilayah mana di Indonesia yang persentase pemeluk agama islamnya lebih kecil dari agama lainnya?

Wilayah mana di Indonesia yang persentase pemeluk agama islamnya lebih kecil dari agama lainnya?undefined

Iklan

I. Agung

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Islamisasi di Papua tidak terjadi besar-besaran seperti wilayah lain di Nusantara. Kurangnya bukti tertulis mengenai islamisasi di Papua ikut menandakan bahwa hanya sedikit proses islamisaasi itu dilakukan.Kurangnya minat islamisasi ini karennamelihat tanah Papua sebagai suatu pulau yang besar dan penuh dengan misteri dan hanya di huni oleh penduduk primitif yang masih menganut agama nenek moyang, yakni animisme dan dinamisme. Berdasarkan sumber dari Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggrismencatat bahwa pada abad ke-16, suku-suku di Irian Jaya serta pulau-pulau di sebelah barat lautnya, seperti Waigeo, Misool, Waigama, dan Salawati, telah tunduk kepada Sultan Bacan, salah seorang Raja Maluku. Kemudian Sultan Bacan meluaskan kekuasaannya sampai semenanjung Onin (Fakfak), di barat laut Irian pada tahun 1606, Melalui pengaruhnya dan pedagang Muslim maka para pemuka masyarakat pulau-pulau tadi memeluk Agama Islam. Meskipun masyarakat pedalaman masih tetap menganut animisme, tetapi rakyat pesisir adalah Islam. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawabannya adalah Papua karena menganggap Papua adalah pulau yang penuh misteri dan masyarakatnya masih memegang teguh agama nenek moyang.

Islamisasi di Papua tidak terjadi besar-besaran seperti wilayah lain di Nusantara. Kurangnya bukti tertulis mengenai islamisasi di Papua ikut menandakan bahwa hanya sedikit proses islamisaasi itu dilakukan. Kurangnya minat islamisasi ini karenna melihat tanah Papua sebagai suatu pulau yang besar dan penuh dengan misteri dan hanya di huni oleh penduduk primitif yang masih menganut agama nenek moyang, yakni animisme dan dinamisme. Berdasarkan sumber dari Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris mencatat bahwa pada abad  ke-16, suku-suku di Irian Jaya serta pulau-pulau di sebelah barat lautnya, seperti  Waigeo, Misool, Waigama, dan Salawati, telah tunduk kepada Sultan Bacan, salah seorang Raja Maluku. Kemudian Sultan Bacan meluaskan kekuasaannya sampai semenanjung Onin (Fakfak), di barat laut Irian pada tahun 1606, Melalui pengaruhnya dan pedagang Muslim maka para pemuka masyarakat pulau-pulau tadi memeluk  Agama Islam. Meskipun masyarakat pedalaman masih tetap menganut animisme,  tetapi rakyat pesisir adalah Islam.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawabannya adalah Papua karena menganggap Papua adalah pulau yang penuh misteri dan masyarakatnya masih memegang teguh agama nenek moyang.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan bukti sejarah, Islam sudah masuk ke Papua pada pertengahan abad ke-15. Jelaskan teori yang mengatakan proses Islamisasi di Papua terutama yang dilakukan di pesisir barat!

492

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia