Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berdasarkan bukti sejarah, Islam sudah masuk ke Papua pada pertengahan abad ke-15. Jelaskan teori yang mengatakan proses Islamisasi di Papua terutama yang dilakukan di pesisir barat!

Berdasarkan bukti sejarah, Islam sudah masuk ke Papua pada pertengahan abad ke-15. Jelaskan teori yang mengatakan proses Islamisasi di Papua terutama yang dilakukan di pesisir barat!space space 

Iklan

C. Susilo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kesimpulannya, proses Islamisasi di Papua tepatnya di daerah pesisir barat pada abad ke-15 dipengaruhi oleh kerajaan – kerajaan Islam di Maluku.

kesimpulannya, proses Islamisasi di Papua tepatnya di daerah pesisir barat pada abad ke-15 dipengaruhi oleh kerajaan – kerajaan Islam di Maluku.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Proses Islamisasi tanah Papua, terutama di daerah pesisir barat pada pertengahan abad ke-15, dipengaruhi oleh kerajaan-kerajaan Islam di Maluku (Bacan, Ternate dan Tidore). Hal ini didukung karena faktor letaknya yang strategis, yang merupakan jalur perdagangan rempah-rempah ( spices road ) di dunia. Sumber sejarah Kesultanan Tidore menyebutkan bahwa pada tahun 1443 Sultan Ibnu Mansur(Sultan Tidore X atau Sultan Papua I) memimpin ekspedisi ke daratan tanah besar (Papua) yang pada perkembangannya berdiri empat kerajaan di Kepulauan Raja Ampat tersebut, yakni Kerajaan Salawati, Kerajaan Misool atau Kerajaan Sailolof, Kerajaan Batanta, dan Kerajaan Waigeo. Jadi kesimpulannya, proses Islamisasi di Papua tepatnya di daerah pesisir barat pada abad ke-15 dipengaruhi oleh kerajaan – kerajaan Islam di Maluku.

Proses Islamisasi tanah Papua, terutama di daerah pesisir barat pada pertengahan abad ke-15, dipengaruhi oleh kerajaan-kerajaan Islam di Maluku (Bacan, Ternate dan Tidore). Hal ini didukung karena faktor letaknya yang strategis, yang merupakan jalur perdagangan rempah-rempah (spices road) di dunia. Sumber sejarah Kesultanan Tidore menyebutkan bahwa pada tahun 1443 Sultan Ibnu Mansur (Sultan Tidore X atau Sultan Papua I) memimpin ekspedisi ke daratan tanah besar (Papua) yang pada perkembangannya berdiri empat kerajaan di Kepulauan Raja Ampat tersebut, yakni Kerajaan Salawati, Kerajaan Misool atau Kerajaan Sailolof, Kerajaan Batanta, dan Kerajaan Waigeo.space space

Jadi kesimpulannya, proses Islamisasi di Papua tepatnya di daerah pesisir barat pada abad ke-15 dipengaruhi oleh kerajaan – kerajaan Islam di Maluku.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

16

Yohana

Jawaban tidak sesuai

IMAM ALI

Ini yang aku cari!

naaa

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Wilayah mana di Indonesia yang persentase pemeluk agama islamnya lebih kecil dari agama lainnya?

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia