Iklan

Iklan

Pertanyaan

Wilayah Indonesia yang pertama kali didatangi bangsa barat adalah....

Wilayah Indonesia yang pertama kali didatangi bangsa barat adalah....

  1. Makassar

  2. Maluku

  3. Jawa

  4. Malaka

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Setelah beberapa tahun tinggal di India, orang-orang Portugis menyadari bahwa India ternyata bukan daerah penghasil rempah-rempah. Mereka mendengar bahwa Malaka merupakan kota pusat perdagangan rempahrempah. Oleh karena itu, dipersiapkan ekspedisi lanjutan di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque. Dengan armada lengkap Alfonso de Albuquerque berangkat untuk menguasai Malaka. Pada tahun 1511 armada Portugis berhasil menguasai Malaka. Dengan demikian kekuatan Portugis semakin mendekati Kepulauan Nusantara. Orang-orang Portugis pun segera mengetahui tempat buruannya “mutiara dari timur” yakni di Kepulauan Nusantara, khususnya di Kepulauan Maluku. Maka pada tahun 1512 di pimpin oleh utusanAlbuquerque yang bernama Antonio de Abreu mereka melakukan ekspedisi ke Maluku dan berhasil mendirikan benteng di Pikaoli, Negeri Hitu Lama, serta Mamala. Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah D.

Setelah beberapa tahun tinggal di India, orang-orang Portugis menyadari bahwa India ternyata bukan daerah penghasil rempah-rempah. Mereka mendengar bahwa Malaka merupakan kota pusat perdagangan rempahrempah. Oleh karena itu, dipersiapkan ekspedisi lanjutan di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque. Dengan armada lengkap Alfonso de Albuquerque berangkat untuk menguasai Malaka. Pada tahun 1511 armada Portugis berhasil menguasai Malaka. Dengan demikian kekuatan Portugis semakin mendekati Kepulauan Nusantara. Orang-orang Portugis pun segera mengetahui tempat buruannya “mutiara dari timur” yakni di Kepulauan Nusantara, khususnya di Kepulauan Maluku. Maka pada tahun 1512 di pimpin oleh utusan Albuquerque yang bernama Antonio de Abreu mereka melakukan ekspedisi ke Maluku dan berhasil mendirikan benteng di Pikaoli, Negeri Hitu Lama, serta Mamala. 


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

27

Kikysilvia Nisa

Sangat membantu

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan daftar berikut ! Terganggu dan kacaunya jaringan perdagangan. Berkembangnya agama Katolik di daerah pendudukan Portugis. Rakyat menjadi miskin, menderita dan saling curiga. C...

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia