Roboguru

Pada tahun 1512 armada Portugis berhasil mendarat di Maluku yang dipimpin oleh ….

Pertanyaan

Pada tahun 1512 armada Portugis berhasil mendarat di Maluku yang dipimpin oleh ….undefined 

  1. Antonio de Abreuundefined 

  2. Bartholomeus Diazundefined 

  3. Sir Franke Middletonundefined 

  4. Alfonso de Albarquerqueundefined 

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1512, armada Portugis di bawah pimpinan António de Abreu berhasil tiba di Maluku. Setelahnya, Portugis menyadari bahwa wilayah Maluku adalah sumber utama rempah-rempah seperti pala dan cengkeh yang diperdagangkan di Eropa. Hal tersebut kemudian membuat Portugis berusaha memperkuat dominasi perdagangannya di Maluku dengan cara menjalin kerjasama perdagangan dengan Kesultanan Ternate. Jadi, jawaban yang tepat adalah Aundefined undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 04 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Strategi Portugis memperluas pengaruhnya di kepulauan Maluku adalah ...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1512, de Albuquerque berlayar menuju Maluku setelah berhasil menaklukkan Malaka. Ia diterima dengan baik oleh raja Ternate dan berhubungan baik pula dengan Kerajaan Hitu. Mereka diperkenankan berdagang dan membangun benteng di Ternate yang kemudian diberi nama Sao Paulo.

Hubungan baik di antara Portugis dan penguasa-penguasa lokal disebabkan Portugis mendekati penguasa-penguasa lokal. Cara yang ditempuh Portugis adalah menawarkan bantuan-bantuan tertentu, seperti bantuan militer, untuk melawan musuh.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Wilayah Indonesia yang pertama kali didatangi bangsa barat adalah....

Pembahasan Soal:

Setelah beberapa tahun tinggal di India, orang-orang Portugis menyadari bahwa India ternyata bukan daerah penghasil rempah-rempah. Mereka mendengar bahwa Malaka merupakan kota pusat perdagangan rempahrempah. Oleh karena itu, dipersiapkan ekspedisi lanjutan di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque. Dengan armada lengkap Alfonso de Albuquerque berangkat untuk menguasai Malaka. Pada tahun 1511 armada Portugis berhasil menguasai Malaka. Dengan demikian kekuatan Portugis semakin mendekati Kepulauan Nusantara. Orang-orang Portugis pun segera mengetahui tempat buruannya “mutiara dari timur” yakni di Kepulauan Nusantara, khususnya di Kepulauan Maluku. Maka pada tahun 1512 di pimpin oleh utusan Albuquerque yang bernama Antonio de Abreu mereka melakukan ekspedisi ke Maluku dan berhasil mendirikan benteng di Pikaoli, Negeri Hitu Lama, serta Mamala. 


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan daftar berikut !   Terganggu dan kacaunya jaringan perdagangan. Berkembangnya agama Katolik di daerah pendudukan Portugis. Rakyat menjadi miskin, menderita dan saling curiga. Campur t...

Pembahasan Soal:

Penjajahan Portugis atas beberapa wilayah di Indonesia telah menimbulkan penderitaan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan monopoli perdagangan yang diterapkan Portugis di beberapa wilayah seperti di Malaka dan Maluku. Pelabuhan di Malaka yang sebelumnya merupakan pusat perdagangan bagi pedagang-pedagang yang berasal dari Nusantara. Akan tetapi setelah ditaklukannya Malaka oleh Alfonso de Alberquerque pada tahun 1511, Malaka tertutup bagi pedagang Nusantara. Sedangkan di wilayah Maluku, pada awalnya Portugis datang pada tahun 1512 disambut baik oleh rakyat Maluku bahkan menjalin kerja sama dengan Kesultanan Ternate. Akan tetapi karena adanya monopoli perdagangan yang dilakukan oleh Portugis menimbulkan adanya perlawanan dari Kesultanan Ternate dan Tidore. Selain itu Portugis juga melakukan intervensi terhadap urusan-urusan Kesultanan Ternate dan Tidore.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pastor dari Spanyol yang menyebarkan Agama Katholik di Maluku adalah ...

Pembahasan Soal:

Fransiskus Xaverius tiba di Maluku pada Juni 1546 sesudah menunggu cukup lama kapal yang akan membawanya kesana dari Malaka. Sesampainya di Maluku, Xaverius membangun gereja dan membangun fondasi jemaat yang akan diteruskan pada pastur lainnya. Xaverius tidak lama di Maluku. Setelah berhasil mendirikan jemaat, Xaverius bertolak ke Goa, India.

Maka, jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Bangsa Barat yang pertama kali ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah adalah ...

Pembahasan Soal:

Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang sampai ke Indonesia. Alfonso de Albuquerque, pemimpin Portugis di India, mengirim pasukan untuk menaklukkan Malaka pada tahun 1511 yang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah saat itu. Setelah menguasai Malaka, maka Portugis mengirimkan kapal pada tahun 1512 dengan dipimpin oleh Antonio de Abreu dan Francisco Serrao dalam pelayaran ke Maluku. Portugis diijinkan untuk berdagang di Ternate oleh Sultan Ternate, sehingga pasukan Portugis dipimpin oleh Antonio de Azevedo membangun benteng di Bacan dan Ternate. Namun, hubungan dengan Ternate menjadi rusak, karena keinginan Portugis untuk menguasai sepenuhnya perdagangan rempah-rempah. Pada akhirnya, Gubernur Lopez de Mesquita membunuh Sultan Khairun pada 25 Februari 1570.

Dengan demikian, bangsa Barat yang pertama kali ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah adalah Portugis.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved